PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PT SEOW INTI BERKARYA

Penulis

  • Zahra Attika Cahyani Universitas Budi Luhur
  • Joko Sutrisno Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Customer Relationship Management, loyalitas, pelanggan

Abstrak

Penjualan dan pemasaran peralatan dapur, toko roti, dan hotel/restoran, serta aksesoris kue, merupakan bidang konsentrasi utama bagi PT Seow Inti Berkarya. Perusahaan ini menghadapi sejumlah masalah dalam mengembangkan usahanya. Masalah tersebut antara lain pelanggan kesulitan mengakses katalog produk dan penawaran produk terbaru, tidak adanya fasilitas komplain atau testimoni pelanggan dan kesulitan menarik pelanggan baru karena penjualan terbatas pada kunjungan sales langsung ke toko atau transaksi melalui media WhatsApp. Mengembangkan sistem yang dapat memudahkan transaksi bagi bisnis dan pelanggan sangat penting untuk mengatasi masalah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan layanan dan loyalitas pelanggan di PT Seow Inti Berkarya dengan berfokus pada tiga tahap CRM: Acquire, Enhance, dan Retain, yang memanfaatkan fitur CRM. Metode penelitian yang digunakan kualitatif, terdiri dari observasi, wawancara, dan pengolahan data berjalan. Kemudian merancang sebuah sistem yang menggunakan bahasa pemograman PHP dengan framework codeigniter dan MySQL sebagai database server. Hasil dari penelitian ini yaitu dibuatkannya sistem yang menerapkan CRM yang dapat memudahkan perusahaan dalam memproses pesanan dari pelanggan, memperkenalkan produk terbaru, dan dapat memudahkan pelanggan dalam bertransaksi serta melihat langsung status pesanan, sehingga dapat meningkatkan pelayanan serta loyalitas pelanggan.

Referensi

A. Dan Perancangan E-Crm et al., “Analisa dan Perancangan E-CRM Jasa Bengkel Menggunakan Metode Dynamic CRM (I Gusti Ngurah Agung Ary Yuliantika) Menggunakan Metode Dynamic CRM”. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, e-ISSN: 2685-0893, 2021.

A. Khair, V. Rosalina, P. Studi, and S. Komputer, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Dengan Penerapan Customer Relationship Management Berbasis Web,” Jurnal PROSISKO, vol. 8, no. 2, 2021.

Saleh S, Indera I, dan Basri CN “Teknika 15 (01): 45-53 Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) dan Analisa Tingkat Loyalitas Pelanggan pada Toko Swalayan,” IJCCS, vol. x, No.x, p. 35142. Teknika 15 (01): 45-53, 2021.

R. Dayanti and P. Putri, “Penerapan CRMDalam Sistem Informasi Penjualan Dan Pemasaran Berbasis Web Pada Toko Bintang Kaca Tanjungbalai,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/j-com

Y. Setiawan, I. Fitri, and I. D. Sholihatih, “Electronic Electronic Customer Relationship Management Menggunakan Framework Codeigniter dengan Metode Waterfall Berbasis Website,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 6, no. 2, p. 2022, 2022, doi: 10.35870/jti.

D. Natasya, R. Risnawati, and Yori Apridonal M, “E-CRM Untuk Mendorong Loyalitas Pelanggan Di Toko Tuah Bunda,” Journal Of Computer Science And Technology (JOCSTEC), vol. 1, no. 2, pp. 76–82, May 2023, doi: 10.59435/jocstec.v1i2.69.

S. Syahnita, N. Nofriadi, and S. Sudarmin, “Rancang Bangun Customer Relationship Management(CRM) Dalam Penjualan Berbasis E-Commerce,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 4, no. 1, pp. 18–27, Jun. 2022, doi: 10.47065/bits.v4i1.1485.

Y. Maulana, V. Rosalina, M. Kom, and M. T. Siswanto, “Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Toko Usaha Digital Printing,”. Jurnal ProTekInfo, Vol. 10 No.1, Maret 2023.

A. T. Hidayati, A. E. Widyantoro, and H. J. Ramadhani, “Perancangan Sistem Informasi Wirausaha Mahasiswa (Siwirma) Berbasis Web dengan Unified Modelling Languange (UML),” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), vol. 2, no. 4, pp. 86–107, 2023, doi: 10.55606/juprit.v2i4.2906.

S. Pranoto, S. Sutiono, and D. Nasution, “Penerapan UML Dalam Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Dan Evaluasi Pembangunan Pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tebing Tinggi,” Surplus : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2024, vol. 2, no. 2, pp. 384–401.

R. Aditya, V. Handrianus Pranatawijaya, P. Bagus Adidyana Anugrah Putra, J. Hendrik Timang, K. Palangkaraya, and K. Tengah, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype,” JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science), Volume 1, Nomor 1, Juni 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Cahyani, Z. A., & Sutrisno, J. (2024). PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PT SEOW INTI BERKARYA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1705–1712. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1521

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama