IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS UNTUK MENUNJANG PENJUALAN PADA TOKO MAMA KEMBAR

Penulis

  • Juan Fachlevi Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

business model canvas, content management system, e-commerce, pakaian muslim wanita

Abstrak

Toko Mama Kembar adalah toko pakaian muslim wanita yang sebelumnya hanya berjualan melalui toko fisik saja menghadapi beberapa hambatan dalam proses bisnisnya. Pelanggan harus datang ke toko untuk mengetahui ketersediaan produk dan informasi detail produk. Strategi pemasaran yang masih konvensional, dengan promosi langsung di toko atau melalui antar pelanggan yang menyebabkan rendahnya pengetahuan produk di kalangan konsumen serta kesulitan menjangkau pasar yang lebih luas karena hanya mengandalkan penjualan secara tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah melalui implementasi sistem e-commerce berbasis Content Management System (CMS) WordPress. Metodologi yang digunakan meliputi observasi langsung datang ke toko untuk melihat alur operasional, melakukan wawancara dengan pemilik toko dan melakukan studi pustaka tentang Content Management System , teori seputar penelitian dan penerapan e-commerce. Analisa masalah dilakukan menggunakan Fishbone Diagram untuk mengidentifikasi permasalahan operasional dan pemasaran. Business Model Canvas dan Unified Modelling Language (UML) digunakan untuk mendesain model bisnis dan sistem operasional yang lebih efisien. Dengan mengadopsi CMS WordPress, Toko Mama Kembar dapat menyediakan informasi ketersediaan produk secara realtime. Pemasaran digital yang lebih efektif melalui media sosial WhatsApp dan pengoptimalan mesin pencari yang meningkatkan kesadaran produk terhadap pelanggan. Penerapan sistem e-commerce juga mampu menjangkau pasar yang lebih luas karena tidak terhalang oleh jarak dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan sistem e-commerce berbasis CMS untuk menunjang penjualan pada toko Mama Kembar, mendorong bisnis untuk terus maju dalam menghadapi tantangan pasar yang kompetitif.

Referensi

F. N. Ahadiyah, “Perkembangan Teknologi Infomasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” INTERDISIPLIN J. Qual. Quant. Res., vol. 1, no. 1, pp. 41–49, 2024.

M. Afrizal Purba and A. Defriyando, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Sos. dan Teknol., vol. 3, no. 25, pp. 96–101, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3621

H. Irawan and M. N. I. Wicaksono, “Merancang Bangun Web E-Commerce Menggunakan Wordpress Studi Kasus Toko Arleuis,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 9–18, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2882.

Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, pp. 26–40, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i3.74.

Farhatun Nisaul Ahadiyah, “Perkembangan Teknologi Infomasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” INTERDISIPLIN J. Qual. Quant. Res., vol. 1, no. 1, pp. 41–49, 2023, doi: 10.61166/interdisiplin.v1i1.5.

R. Hermiati, A. Asnawati, and I. Kanedi, “Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql,” J. Media Infotama, vol. 17, no. 1, pp. 54–66, 2021, doi: 10.37676/jmi.v17i1.1317.

R. Pitriyani, G. Triyono, and S. Y. Nugroho, “Pengembangan Model Sistem E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (Cms),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2818.

F. Ramadhan and L. Fajarita, “Implementasi Rancangan E-Commerce pada Surya Timur Collection dengan Metode BMC berbasis CMS,” J. IDEALIS, vol. 3, pp. 251–259, 2020.

A. D. Nugraha and G. Triyono, “Penerapan Website E-Commerce Berbasis Content Management System (Cms) Pada Q-Ta Digital Printing,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 220–226, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2078.

R. Ramadhan and I. Novita, “Perancangan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Space Vapor Store,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 152–156, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2111.

M. Rahmawati and Y. Yaumaidzinnaimah, “Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Java Desktop,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 6, no. 1, p. 51, 2021, doi: 10.35314/isi.v6i1.1856.

S. Pranoto, S. Sutiono, Sarifudin, and D. Nasution, “Penerapan UML Dalam Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Dan Evaluasi Pembangunan Pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tebing Tinggi,” Surpl. J. Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 384–401, 2024, [Online]. Available: https://qjurnal.my.id/index.php/sur/article/view/866

Ahadya Silka Fajaranie and A. N. Khairi, “Pengamatan Cacat Kemasan Pada Produk Mie Kering Menggunakan Peta Kendali Dan Diagram Fishbone Di Perusahaan Produsen Mie Kering Semarang, Jawa Tengah,” J. Pengolah. Pangan, vol. 7, no. 1, pp. 7–13, 2022, doi: 10.31970/pangan.v7i1.69.

A. Suarni, F. Adzim, M. N. Abdi, and A. A. Adiningrat, “Training Bisnis Model Canvas (BMC) Bagi Petani Buah Naga Masa Pandemi Covid-19 Desa Caramming Bulukumba,” J. Abmas Negeri, vol. 1, no. 1, pp. 11–19, 2020, doi: 10.36590/jagri.v1i1.88.

T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, and M. Wulandari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram Uml (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. Tera[an dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2022, [Online]. Available: https://journal.polita.ac.id/index.php/politati/article/view/110/88

A. K. Nalendra, M. N. Fuad, M. Mujiono, D. Wahyudi, and P. B. Utomo, “Pelatihan Pembuatan Website Profile untuk Peternak Ikan KOI Kota Blitar Berbasis Wordpress,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 105–112, 2022, doi: 10.55506/arch.v1i2.38.

D. Putri and N. M. I. Pratiwi, “Optimalisasi Strategi Digital Marketing Graha Office: Meningkatkan Brand Awareness Melalui Social Media Optimization (Smo) Dan Search Engine Optimization (Seo) Di Pt Otak Kanan,” GEMAH RIPAH J. Bisnis, vol. 4, no. 01, pp. 14–21, 2024, doi: 10.69957/grjb.v4i01.1500.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Fachlevi, J., & Li Hin, L. (2024). IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS UNTUK MENUNJANG PENJUALAN PADA TOKO MAMA KEMBAR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1713–1722. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1523

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama