ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DI UPSTAIRS COFFEE SIGNATURE

Penulis

  • Silvi Melinda Upstairs Coffee Signature
  • Agnes Aryasanti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Coffee shop, Pelayanan, e-CRM

Abstrak

Di era teknologi yang terus berkembang, persaingan bisnis semakin meningkat secara signifikan terutama pada bisnis Coffee Shop. Persaingan yang semakin ketat ini membuat teknologi menjadi elemen penting yang mengubah fokus dari sekedar keuntungan menjadi peningkatan kepuasan pelanggan. Upstairs Coffee Signature merupakan salah satu Coffee Shop yang mengutamakan pelayanan yang baik untuk pelanggan demi meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun, adanya permasalahan yang dihadapi oleh Upstairs Coffee Signature yaitu belum adanya media penyampaian kritik dan saran sehingga pelanggan kesulitan untuk menyampaika kritik dan saran, serta belum efektifnya penyampaian promo yang hanya menggunakan poster dan satu media sosial saja sehingga membuat pelanggan tidak mengetahui jika sedaang ada pelanggan. Oleh karena itu, pemdekatan teknologi informasi tindakan yang diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan membuat website Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) dan hanya akan berfokus pada 2 tahapan Customer Relationship Management (e-CRM) yaitu Enhance dan Retain. Metode yang dipakai untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi. Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan database MySQL. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem e-CRM yang dapat meningkatkan pelayanan di Upstairs Coffee Signature, memungkinkan pelanggan untuk menyampaikan kritik saran dengan lebih mudah, serta membuat penyampaian promo menjadi lebih efektif dan mudah diakses. Dengan adanya sistem e-CRM ini, membuat kepuasan pelanggan menjadi meningkat, sehingga memperkuat loyalitas pelanggan dan dapat mendukung pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.  

Referensi

E. Aryani, Y. Zanaria, and A. Kurniawan, “Analisis Perkembangan Coffee Shop Sebagai Salah Satu Peranan UMKM Di Kota Metro (Study Kasus Pada Coffee Shop Janji Jiwa Dan Coffee Et Bien),” J. Akunt. Akt., vol. 3, no. 2, p. 2022, 2022.

M. Fadly and A. Wantoro, “Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan,” Pros. Semin. Nas. …, pp. 46–55, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/1749%0Ahttps://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/download/1749/1011

S. Bimo Syahputro, T. Chairunnisya, F. Apriyanti, J. Akbar, H. Marpaung, and S. Pembangunan Tanjungpinang, “Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan,” J. Ekon. Manaj. Dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 147–151, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/XX..XXXXX/JMEB

Y. P. Afivah and S. Yulina, “Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis CustomerRelationship Management (CRM) Pada Heri Cafe,” Proceeding Appl. Bus. Eng. Conf., no. November, pp. 328–337, 2020.

R. M. Prestasyawati, M. Ferichani, and N. Setyowati, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Konsumen di Cold n’ Brew,” e-Journal Ekon. Bisnis dan Akunt., vol. 8, no. 2, p. 125, 2021, doi: 10.19184/ejeba.v8i2.20757.

F. Febriansyah and R. Amalia, “Penerapan Crm Pada Sistem Informasi Toko Kopi Cap Kucing Berbasis Web Mobile,” Zo. J. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 228–238, 2023, doi: 10.31849/zn.v5i2.11097.

F. Rizky, S. Sudiarti, and Atika, “Strategi Costumer Relationship Management Dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Coffee Shop Grama Sphere,” eCo-Fin, vol. 5, no. 3, pp. 247–259, 2023, doi: 10.32877/ef.v5i3.951.

J. Teknologi et al., “Dashboard Interaktif Untuk Sistem Informasi Keuangan Pada Pondok Pesantren Mazroatul ’ Ulum,” vol. 2, no. 2, pp. 116–121, 2021.

D. Mardi Safitri, N. Rahmawati, and A. Faradilla, Perancangan dan Pengukuran Kerja. Nas Media Pustaka, 2021.

B. Setiawan, B. Selviana, and A. S. Y. Irawan, “Mengoptimalkan Fungsi Payment Gateway Midtrans pada Website Coffee Shop Melalui Penggunaan Metode Prototype pada Proses Pengembangan,” JRST (Jurnal Ris. Sains dan Teknol., vol. 7, no. 2, p. 219, 2023, doi: 10.30595/jrst.v7i2.16964.

R. Rifnaldy and Tony, “Perancangan Aplikasi Media Informasi Dan Pemesanan Berbasis Web Untuk Coffee Shop Tempat Bercerita,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 11, no. 1, pp. 1–7, 2023, doi: 10.24912/jiksi.v11i1.24141.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Melinda, S., & Aryasanti, A. (2024). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DI UPSTAIRS COFFEE SIGNATURE . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1696–1704. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1524