IOT Emergency Untuk Lansia Dengan Memanfaatkan Sensor Sentuh Pada Mikrokontroler Nodemcu ESP8266 Berbasis Android

Penulis

  • Dio Aditia Pratama Universitas Budi Luhur
  • Rizki Tahara Shita Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Android, IoT, Emergency Untuk Lansia, Touch Sensor, GPS

Abstrak

Setiap daerah wilayah terdapat kepala pemerintahan terkecil setingkat dengan desa yaitu Kelurahan, kelurahan dipimpin oleh seorang lurah yang menyandang status Pegawai Negeri Sipil dan merupakan daerah wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah kabupaten atau kota. Untuk mencapai tujuan utama dari penelitian ini dibuatkan aplikasi iot emergency untuk lansia berbasis android. Penelitian ini dilakukan di wilayah perkampungan dimana pada perkampungan ini terdapat ketua rukun tetangga yang berperan dalam mengorganisir setiap kegiatan yang ada di lingkungannya, serta perannya diperlukan untuk dapat mempercepat akses pelayanan dan efektivitas pelaksanaan kegiatan warganya. Terlebih lagi jika terdapat suatu masalah yang muncul terhadap lansia yang tinggal sendiri di rumah jauh dari jangkauan anak – anaknya, yaitu bagaimana cara untuk memberikan informasi kepada sang anak jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan terhadap lansia. Alasan kenapa dibuatkan aplikasi iot emergency untuk lansia, dikarenakan agar dapat mengurangi rasa kecemasan anak terhadap kondisi orang tua yang tinggal jauh dari jangkauannya dengan memanfaatkan Teknologi Internet of Things Berbasis Android ini dapat memudahkan anak memantau kondisi terkini dari orang tua nya. Metode yang digunakan untuk membuat aplikasi iot emergency untuk lansia akan ditempuh langkah – langkah sebagai berikut : Analisa Masalah, Studi Literatur, Perancangan Aplikasi dan Implementasi Pengujian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya aplikasi iot emergency ini dapat memberikan informasi kepada anak terkait kondisi lansia jika ia membutuhkan pertolongan atau tidak baik medis maupun non medis. Dengan cara lansia tersebut harus menyentuh sensor yang tersedia pada alat iot yang sudah dibuat. Dan hasil kesimpulan dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode black box menunjukkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan serta sesuai dengan fungsionalitasnya.

Referensi

P. Wahyuningsih, “Sistem Kontrol Informasi Aktivitas Lansia Berbasis Internet of Things (IoT),” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 120–127, Aug. 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i2.271.120-127.

Y. Yudhanto, & A. Azis (2019). Pengantar Teknologi Internet of Things (IoT). UNSPress.

A. Wagyana, “Prototipe Modul Praktik untuk Pengembangan Aplikasi Internet of Things (IoT),” Setrum : Sistem Kendali-Tenaga-elektronika-telekomunikasi-komputer, vol. 8, no. 2, p. 238, Dec. 2019, doi: 10.36055/setrum.v8i2.6561.

E. Madona, I. Joi, J. Teknik Elektro, and P. Negeri Padang, “Penerapan IoT Menggunakan Mikrokontroler NodeMCU ESP8266 untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK,” 2019. [Online]. Available: http://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jppm

A. Wiksandiyo, Yamto, and B. B. Rijadi, “Pengembangan Internter of Things (IoT) Untuk Aplikasi Penyemprotan Pestisida Otomatis,” Jurnal Teknik Elektro, pp. 1–8, 2021.

D. Hardika and Nurfiana, “Audit Teknologi Informasi Pada PT XYZ Menggunakan Framework Committee of Sponsoring Organization of The Treadway Comission (COSO),” Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, vol. 10, no. 1, 2019.

T. Susilawati and I. Awaludin, “Eksplorasi Sensor, GPS, dan Moda Komunikasi Nirkabel Internet of Things.”

T. Sonza et al., “Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kemandirian Activities of Daily Living Pada Lansia,” 2020.

A. N. Fathoni and U. Y. Oktiawati, “Blackbox Testing terhadap Prototipe Sistem Monitoring Kualitas Air Berbasis IoT (Blackbox Testing on Prototype of a Water Quality Monitoring System Based on IoT),” 2021.

H. A. Dharmawan (2017). Mikrokontroler: konsep dasar dan praktis. Universitas Brawijaya Press.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Pratama, D. A., & Shita, R. T. (2022). IOT Emergency Untuk Lansia Dengan Memanfaatkan Sensor Sentuh Pada Mikrokontroler Nodemcu ESP8266 Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 962–971. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/153