PEMANFAATAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DALAM E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. RAJA BAN INDONESIA

Penulis

  • Defni Sonia Tinambunan Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-commerce, CMS Wordpress, BMC, Unified Modelling Language

Abstrak

PT.Raja Ban Indonesia adalah badan usaha yang bergerak dibidang jasa penjualan ban dan sparepart motor   Dimana proses jual beli yang berlangsung saat ini masih memperkenalkan produk-produk yang dijual secara offline. Pelanggan sulit untuk mencari tahu mengenai produk yang dijual di PT.Raja Ban Indonesia,untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti coba menerapkan Content Management System (CMS) Wordpress pada PT.Raja Ban Indonesia dengan memakai teknologi internet hingga proses penjualannya bisa diakses kapan saja serta dimana saja memakai internet. Website ini difokuskan guna menampilkan informasi mengenai produk-produk yang dijual, stok produk yang tersedia dan memudahkan pelanggan untuk memilih harga dan produk yang diinginkan. Dimana pada era digital ini proses penjualan menggunakan e-commerce sudah terjadi dimana-mana,kemudian hasil dari respon dari pengguna menyatakan bahwa Website PT.Raja Ban Indonesia menarik,dimana menu pada website berjalan baik. Website ini lebih gampang dalam pencarian produk serta dalam hal pemesanan produk, harga produk yang ditawarkan cukup bersaing oleh online shop lain, serta website berguna bagi pelanggan. Sehingga dengan diterapkannya website e-commerce pada PT.Raja Ban indonesia ini memudahkan pelanggan lama terkhususnya pelanggan baru yang ingin mencari tahu tentang produk apa saja yang dijual di sana, dan memudahkan pelanggan membeli barang sesuai pilihan dan keinginan dengan cepat dan dimana saja, tanpa harus bertanya stok atau datang langsung ke lokasi.

Referensi

R. Fajari, A. U. Hamdani, D. Anubhakti, and S. Samsinar, “Rancangan E-Commerce Menggunakan Content Management System Untuk Mendukung Proses Penjualan Sparepart Bengkel Larisma Motor,” in Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2023, pp. 871–880.

A. D. Sukma, “Implementasi E-Commerce Menggunakan CMS WordPress Pada UMK Organik Hebat,” Jurnal Teknologi dan Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 98–109, 2021.

D. Riandika and A. U. Hamdani, “Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 3, pp. 785–796, 2020.

S. Santosa and H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” Pro Mark, vol. 11, no. 1, p. 8, 2021.

G. Gata and M. Luthfan, “Implementasi E-Commerce Untuk Penjualan Pakaian Bekas Pada Toko Second Original,” IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, vol. 4, no. 2, pp. 232–241, 2021.

E. Wulandari and G. Gata, “Penerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, vol. 3, no. 1, pp. 545–551, 2020.

F. A. Irfannudin and A. U. Hamdani, “Implementasi Sistem E-Commerce Pada Guna Motor Berbasis Content Management System (Cms) Wordpress,” IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, vol. 3, no. 1, pp. 42–48, 2020.

M. A. Fauzan and A. U. Hamdani, “Implementasi Model E-Commerce Untuk Mendukung Proses Penjualan Produk Pada Toko Pakaian Takashimura,” in Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2022, pp. 2088–2097.

M. W. Muttaqien, G. Gata, and M. A. Rony, “Analisis dan Perancangan E-Commerce Menggunakan Content Managemnet System (CMS) Pada Mega Perkasa Computer,” in Prosiding Seinar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2023, pp. 962–970.

I. F. Muhammad and G. Brotosaputro, “Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Untuk Meningkatkan Penjualan,” in Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2022, pp. 1568–1573.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Tinambunan, D. S., & Hasugian, H. (2024). PEMANFAATAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DALAM E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. RAJA BAN INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1749–1758. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1533

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>