PENENTUAN POLA PEMBELIAN CELANA ANAK MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK STRATEGI PENJUALAN PADA PT. RAKA AJI SENTOSA

Penulis

  • Muhammad Rafli Saputra PT Raka Aji Sentosa
  • Bruri Trya Sartana Universitas Budi Luhur
  • Ririt Roeswidiah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM), FP-Growth, Rapid miner

Abstrak

PT. Raka Aji Sentosa, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan pakaian anak-anak, menghadapi tantangan dalam menentukan pola pembelian konsumen mereka. Seiring dengan perkembangan bisnis, perusahaan ini perlu memahami pola pembelian konsumen untuk meningkatkan strategi penjualan. Algoritma FP-Growth merupakan salah satu metode penambangan data yang efektif untuk menemukan pola-pola frequent itemsets dalam dataset besar. Fp-Growth (Frequent Pattern Growth) adalah salah satu metode yang paling efektif untuk menemukan pola sering (frequent itemsets). Pada tahap penelitian ini yaitu menggunakan metodologi Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM). Jumlah data transaksi yang diterima sebanyak 443 data transaksi dan 7 atribut. Untuk mengembangkan model, digunakan model association rule dengan menggunakan algoritma FP-Growth untuk menemukan pola yang dibeli pada produk yang terkait. Pentingnya suatu aturan asosiasi dapat diukur dengan parameter support & confidence. Penelitian ini akan mengeksplorasi algoritma FP-Growth dengan mengubah parameter minimum support & confidence pada setiap percobaan dengan menggunakan perangkat lunak AI Studio. Pola pembelian yang ditemukan dapat memberikan insight berharga sebagai strategi penjualan. Aturan asosiasi dalam Algoritma FP-Growth terbentuk berdasarkan transaksi penjualan selama rentang waktu 02 Januari 2023 – 08 Juni 2024 dengan nilai minimum Support 10% dan nilai minimum Confidence 70% menghasilkan 8 rules. Produk yang sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen untuk dijadikan acuan stratagi cross selling dan memenuhi syarat setting parameter tersebut ada 7 produk, diantaranya: terdiri dari Celana Panjang Anak Jeans, Celana Pendek Anak Jeans, Celana Panjang Anak Katun, Celana Pendek Anak Katun, Celana Panjang Unyil, Celana Joshua, & Celana Pop

Referensi

Setyorini, S.G., Mustakim, Adhiva, J. and Putri, S.A. (2020) ‘Penerapan Algoritma FP-Growth dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen’, Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), pp. 180–186.

P. Mai et al., “IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN PERSEDIAAN BARANG (STUDI KASUS : TOKO SINAR HARAHAP),” 2022. [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index

E. Tachi and N. & Andri, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Daftar Pembelian Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Toko Bangunan MDN,” 2021.

A. D. Adhi Putra, “Analisis Sentimen pada Ulasan pengguna Aplikasi Bibit Dan Bareksa dengan Algoritma KNN,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 636–646, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i2.962.

A. Syaifudin, R. Risqiati, D. Sugianti, and A. S. Darmawan, “Penerapan Cross Selling Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Klinik Kecantikan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” METHOMIKA J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 7, no. 2, pp. 295–300, 2023, doi: 10.46880/jmika.vol7no2.pp295-300.

R. Hikmah, L. S. Astuti, and S. Wulandari, “Penggunaan Microsoft Excel Dalam Membuat Laporan Keuangan,” J. PKM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 5, p. 494, 2022, doi: 10.30998/jurnalpkm.v5i5.11771.

M. A. Hasanah, S. Soim, and A. S. Handayani, “Implementasi CRISP-DM Model Menggunakan Metode Decision Tree dengan Algoritma CART untuk Prediksi Curah Hujan Berpotensi Banjir,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2021, doi: 10.30871/jaic.v5i2.3200.

K. M. R. A. Utama, R. Umar, and A. Yudhana, “Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Penentuan Pola Pembelian Transaksi Penjualan Pada Toko Kgs Rizky Motor,” Dinamik, vol. 25, no. 1, pp. 20–28, 2020, doi: 10.35315/dinamik.v25i1.7870.

A. N. Rahmi and A. Mikola, “IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PADA CUSTOMER (STUDI KASUS : TOKO BAKOEL SEMBAKO). Information System Journal (INFOS) | Vol. 4, No. 1, Mei 2021”.

S. F. Anshari, R. Suwanda, and L. Rosnita, “Penerapan Metode Cross Selling Pada Website E-Commerce ( Studi Kasus : Penjualan Suku Cadang Kendaraan ),” pp. 472–479, 2022.

B. G. Sudarsono, M. I. Leo, A. Santoso, and F. Hendrawan, “Analisis Data Mining Data Netflix Menggunakan Aplikasi Rapid Miner,” JBASE - J. Bus. Audit Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 13–21, 2021, doi: 10.30813/jbase.v4i1.2729.

M. Rafi Nahjan, Nono Heryana, and Apriade Voutama, “Implementasi Rapidminer Dengan Metode Clustering K-Means Untuk Analisa Penjualan Pada Toko Oj Cell,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 101–104, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6094.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Rafli Saputra, M., Trya Sartana, B., & Roeswidiah, R. (2024). PENENTUAN POLA PEMBELIAN CELANA ANAK MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK STRATEGI PENJUALAN PADA PT. RAKA AJI SENTOSA . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1817–1825. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1556