Model E-Commerce Berbasis Content Management System Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Parfum Herbal XYZ

Penulis

  • Sarah Abdul Hakim Munabari Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

ecommerce, content management system, search engine optimization, parfum, herbal

Abstrak

Toko Parfum Herbal XYZ adalah sebuah toko yang menjual parfum dan produk herbal seperti madu, sari kurma, serta teh herbal yang terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Toko Parfum Herbal XYZ menjual produknya dengan harga yang relatif lebih terjangkau karena produk disini diambil langsung dari suplier. Masalah yang ada yaitu toko memiliki jangkuan yang tidak begitu luas sampai keluar daerah dikarenakan pemasaran dan promosi yang dilakukan kurang optimal, sehingga mempengaruhi pendapatan yang diterima. Pemilik toko juga kesulitan untuk mengetahui informasi penjualan dikarenakan tidak adanya laporan penjualan. Selain itu pelanggan yang memesan lewat WhatsApp juga kesulitan untuk mengetahui informasi status pesanan produknya. Untuk mengatasi masalah di atas, maka peneliti merasa diperlukan sebuah sistem E-Commerce untuk menunjang dalam pemasaran dan promosi produk, pembuatan laporan penjualan yang yang efektif dan efisien, serta sebuah fitur untuk mengetahui informasi status pemesanan. Dalam penelitian ini, digunakan metode Business Model Canvas sebagai alat untuk menganalisa model bisnis serta Content Management System untuk penerapan implementasi sistem E-Commerce. Implementasi strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan teknik Search Engine Optimization dan Marketing Mix 4P. Penelitian ini menghasilkan website E-Commerce yang berkontribusi dalam pemasaran dan promosi produk parfum dan herbal sehingga dapat meningkatkan penjualan pada toko, terciptanya laporan penjualan yang yang efektif dan efisien, dan terciptanya fitur untuk mengetahui informasi status pemesanan. Hasil pengujian dengan metode Black Box Testing yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara keseluruhan menunjukkan secara kualitas website E-Commerce ini memiliki kriteria yang Sangat Baik yaitu 85.45%.

Referensi

A. Roliansyah, A. P. Utami, Asnaini, and N. Afrianty, “Analisis Transaksi Jual Beli Online di Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis Islam Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Ris. Ekon., vol. 1, no. 5, pp. 443–456, 2022, [Online]. Available: https://www.bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/1675/1173.

R. Rizkiutami, M. Taufik, and A. Haris, “Aplikasi Penjualan Es Balok Pada Perusahaan CV. Argo Putra Berbasis E- Commerce,” Jikom J. Inform. dan Komput., vol. 10, no. 1, pp. 10–17, Jun. 2022, doi: 10.55794/jikom.v10i1.44.

M. Elsera, D. Suita, S. P. Simorangkir, and J. O. Simanjuntak, “Pemasaran Umkm Produk Lokal Dengan Pemanfaatan Sistem Berbasis Web Menggunakan CMS Wordpress,” J. TUNAS, vol. 3, no. 2, pp. 199–202, 2022, doi: 10.30645/jtunas.v3i2.55.

P. Arief Indrawan and A. Diana, “Perancangan E-Commerce dengan Business Model Canvas untuk Peningkatan Penjualan pada Toko Parfum,” J. Telemat., vol. 15, no. 1, pp. 19–28, 2020.

A. Annas, M. T. Jufri, and J. Jusmawati, “Penerapan Business Model Canvas pada E-Commerce Toko H5 Jayapura,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 4, no. 2, pp. 204–220, Jul. 2021, doi: 10.36085/jsai.v4i2.1671.

M. I. Zamroni, A. Diana, and D. Achadiani, “Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Fajar Collection,” Bit (Fakultas Teknol. Inf. Univ. Budi Luhur), vol. 19, no. 1, pp. 1–8, Sep. 2022, doi: 10.36080/bit.v18i2.1618. Available: https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/bit/issue/viewIssue/207/30

F. Ismawan, N. Isnain, and R. A. Raharjo, “Pemanfaatan Website Berbasis CMS - WordPress Sebagai Media Pembelajaran Guru Tk Binakheir Cibinong – Bogor,” J. PKM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 03, no. 01, pp. 68–77, 2020.

D. Laraswati and Marlina, “Rancang Bangun Sistem Informasi pelayanan Paket Pernikahan Pada Mindo Wedding Organizer,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.31294/ijse.v5i1.6177.

I. Athia, E. Saraswati, and A. Normaladewi, “Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa,” J. Ketahanan Pangan, vol. 2, no. 1, pp. 66–75, 2018.

A. I. Hadiana and E. K. Putra, “Model Search Engine Optimization bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bandung Barat,” JUMANJI (Jurnal Masy. Inform. Unjani), vol. 2, no. 1, pp. 31–38, Jun. 2018, doi: 10.26874/jumanji.v2i1.19.

I. N. Anisa and R. Oktafia, “Penerapan Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Funding Dan Lending Di Bmt Harapan Ummat Sidoarjo,” J. Tabarru’ Islam. Bank. Financ., vol. 4, no. 1, pp. 113–126, 2021, doi: 10.25299/jtb.2021.vol4(1).6597.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Munabari, S. A. H., & Hamdani, A. U. (2022). Model E-Commerce Berbasis Content Management System Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Parfum Herbal XYZ. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1777–1786. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/senafti/article/view/174

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>