Penerapan E-Commerce Berbasis Web Dengan Business Model Canvas (BMC) pada Toko Indah Fashion ITC Cempaka Mas

Penulis

  • Eldo Nur Muhamad Universitas Budi Luhur
  • Anita Diana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Celana Jeans, Business Model Canvas (BMC), CMS, SEO

Abstrak

Toko Indah Fashion merupakan toko yang bergerak di bidang penjualan celana panjang maupun pendek yang berlokasi di ITC Cempaka Mas. Toko Indah Fashion adalah salah satu toko yang ramai dikunjungi pada saat sebelum pandemi COVID-19. Namun, karena situasi dan kondisi pandemi COVID-19, saat ini toko Indah Fashion mengalami penurunan jumlah penjualan. Karena toko ini hanya melayani penjualan offline atau toko fisik saja. Dalam mengembangkan usahanya, Toko Indah Fashion merasa sistem bisnis yang berjalan saat ini masih kurang optimal dan berkeinginan memiliki media promosi produk dan transaksi jual beli tanpa harus terkendala dengan waktu dan jarak. Kendala yang dihadapi adalah, karena toko fisik hanya berada di satu tempat saja dan banyak pedagang yang menjual jenis produk serupa, maka potensi mendapatkan pelanggan baru berkurang dikarenakan potongan harga hanya diberikan kepada pelanggan lama. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan sebuah website e-commerce menggunakan metode Content Management System (CMS) wordpress serta menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) agar website berada dihalaman awal pada mesin pencari. Oleh karena itu kehadiran sistem e-commerce sebagai media transaksi baru ini akan menguntungkan berbagai pihak, baik pihak customer maupun pihak penjual. Berdasarkan masalah pada toko ini maka diperlukan sebuah website e-commerce untuk membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam membangun bisnis E-Commerce baru adalah metode Business Model Canvas (BMC), dan perancangan sistem menggunakan UML dan website dengan Content Management System (CMS) berbasis Wordpess. Dengan adanya sebuah website e-commerce dapat memudahkan untuk mendapatkan laporan transaksi penjualan dan meningkatkan jumlah pelanggan dengan penjualan secara online pada toko ini.

Referensi

Apriyanto & Putra, “Perancangan Aplikasi Web Penjualan Pakaian Muslim,” Jurnal Sistem Informasi & Manajemen Basis Data (SIMADA), vol. 03, no. 01, pp. 01–05, 2020.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.

D. Fitrah Melandri, S. Yulina, P. Studi Sistem Informasi, and P. Caltex Riau Jl Umban Sari No, “Rancang Bangun Sistem E-Commerce pada Toko Pakaian menggunakan Metode Prototype (Studi Kasus: Toko Pakaian Richsunday Pekanbaru),” Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) , vol. 13, no. 2, pp. 147–157, 2021.

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, Aug. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

A. Ita, S. Ety, and N. Andi, “Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang.” Jurnal Ketahanan Pangan, vol. 9, no. 2, pp. 66–75, 2018.Available: https://e-equalsmc3.com/alex-osterwalders-business-model-canvas/

R. Muhidin et al., “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pada Sma Negeri 18 Halmahera Selatan Sebagai Media Promosi Berbasis Web,” (IJIS) Indonesian Journal on Information System, vol. 02, no. 02, pp. 56–68, 2017.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 01–09, 2018.. Available: http://www.omg.org

D. Apriadi, A. Y. Saputra, “E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 131–136, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.iaii.or.id

R. Firmansyah, P. Mauliana, N. Hunaifi, W. Wiguna, R. Dewi Sulastriningsih, and Y. Komalasari, “Penerapan Sistem Penjualan Online pada Usaha Dagang Kusuma Bandung,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 125–136, 2018, [Online]. Available: http://ojs.ubharajaya.ac.id/index.php/jabdimas

H. Artanto, F. Nurdiyansyah, and U. Widyagama Malang, “Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk,” Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS), vol. 1, no. 2, 2017, [Online]. Available: http://info.cern.ch/

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Muhamad, E. N., & Diana, A. (2022). Penerapan E-Commerce Berbasis Web Dengan Business Model Canvas (BMC) pada Toko Indah Fashion ITC Cempaka Mas. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1805–1813. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/178

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama