Implementasi E-Commerce Menggunakan Wordpress Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Mamam Snack Frozen

Penulis

  • Choudri Mubarak Ahmad Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Ainur Rony Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, sistem penjualan, pemasaran, toko mamam snack froze

Abstrak

Toko Mamam Snack Frozen merupakan toko yang menjual berbagai macam minuman, makanan ringan dan makanan frozen. Dalam sistem penjualan yang dijalankan toko masih memiliki kendala dalam penjualan yang masih konvensional, kebanyakan pembeli dari sekitar Toko Mamam Snack Frozen saja, pembeli juga harus datang langsung ke toko dan pemasaran produk serta data laporan yang masih kurang optimal. Hal ini membuat sistem penjualan dan pemasaran produk belum optimal dan efisien, ditengah persaingan penjualan yang semakin ketat. Berdasarkan kendala tersebut, maka dirancanglah website e-commerce dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang akan menjadi solusi peningkatan penjualan. Penelitian ini bertujuan menyediakan media atau sarana sistem penjualan dan pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian terapan (Research Applied). Sistem dikembangkan menggunakan pendekatan Unified Modeling Language (UML) dan website berbasis Content Management System (CMS) menggunakan WordPress dengan plugin woocommerce serta dioptimalkan dengan menerapkan Search Engine Optimization (SEO). Penerapan e-commerce pada Toko Mamam Snack Frozen juga akan memberikan keuntungan seperti kemudahan pelanggan mengetahui informasi produk toko, kemudahan cara pembayaran, proses pemesanan yang lebih cepat, kemudahan pemilik mengetahui data laporan penjualan, meningkatkan jangkauan pemasaran produk serta pembelian produk yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga sistem penjualan lebih efisien. Hasil dari pada penelitian ini, membuat website e-commerce yang dapat memudahkan sistem penjualan dan hasil pengujian strategi SEO pada website dan produk toko yang dapat tampil di halaman pertama google

Referensi

E.Y. Anggraeni dan Irviani R. Pengantar Sistem Informasi. Ed. 1., Erang Ristanto, Yogyakarta: Andi, 2017.

Rintho, Rante Rerung., E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Ed. 1., Yogyakarta: CV Budi Utama, 2017.

Dewi, Gemala, Wirdyaningsih, Yeni Salma Bartinti, Hukum perikatan Islam di Indonesia, Ed. 1., Depok: PT Prenadamedia Group, pp.180.A, 2018.

Mahir Pradana, “Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce Di Indonesia”, Jurnal Neo-Bis, vol. 9, no. 2, 2017.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta”, ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.

Diki Susandi dan Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented Pada Distro Dlapak Street Wear”, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 4, pp. 5, 2017.

Yenny Yurike, “Analisis Business Model Canvas Pada Ud Diamond Motor”, Jurnal agara, Vol. 6(2), pp.1-5, 2018.

Fifin Sonata dan Vina Winda Sari, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer”, Jurnal Komunika, Vol. 8, pp. 22-28, 2019.

Jayanti, Ni Ketut Dewi Ari dan Sumiari, Ni Kadek, "Teori Basis Data", 1st ed., Erang Risanto, Yogyakarta : Penerbit Andi, 2018.

Tituk Utari, “Pengembangan Search Engine Optimization (SEO) pada Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM “, International Journal of Demos, Vol. 4, pp. 677-685. 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Ahmad, C. M., & Rony, M. A. (2022). Implementasi E-Commerce Menggunakan Wordpress Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Mamam Snack Frozen. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1609–1616. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/238

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama