Implementasiie-Commerce Pada Website Berbasis CMS Di MJ Shop

Penulis

  • Bayu Rahmat Fitriono Universitas Budi Luhur
  • Gandung Triyono Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, search engine optimization (seo), waterfall, business model canvas (bmc), content management system (cms)

Abstrak

Mj Shop adalah sebuahhusaha yang bergerak dibidang penjualan pakaian pria dan wanita. Pada toko Mj Shop, masih banyak proses bisnis yang belum terdokumentasi dan pengolangan data masih manual. Pada proses penjualan, Mj Shop hanya memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp diantaranya pelanggan harus menghubungi penjual untuk mengetahui perkembangan stok, Pelanggan kesulitan untuk mencari produk yang ingin dibeli, dan admin atau pemilik kesulitan untuk pembuatan laporan yang berkaitan dengan bisnis karena semua masih belum terkomputerisasi atau masih dilakukan dengan manual. Dari permasalahan tersebut penulis bermaksud untuk membuat situs e-commerce dengan memanfaatkan teknologi internet dalam penjualan proses bisnisnya, dan mengoptimasi situs tersebut dengan menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO). Dan metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penulisan ini adalah Wawancara, Analisa dokumen dan Studi Literatur. Untuk metode pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall diantaranya mencangkup Analisis Kebutuhan, Desain Website, Implementasi, Pengujian dan Pemeliharaan. Untuk Analisa model bisnis yang digunakan adalah dengan pendekatan Business Model Canvas. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi berbasis website pada toko Mj Shop dan mempermudah pelanggan dalam proses berinteraksi dan meningkatkan penjualan.

Referensi

Muhammad Fadlan Ramadhan. (2021). Implementasiie-Commerce Berbasis Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Felix. Id.

Ahmad, R. F., & Hasti, N. (2018). Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web.

J. M. Tupan. (2019). Desain Pemasaran Online Berbasis Web Untuk Pemasaran Produk Kerajinan Kerang Mutiara Di Kota Ambon (Studi Kasus: Pondok Mutiara)..

Triyanto, W. A. (n.d.). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Tas. In Ijns.org Indonesian Journal on Networking and Securityy (Vol. 6). Online.

Masitah, & Abdullah. (2018). E-Commerce Penjualan Pakaian Pada Lapak Mariati Berbasis Web. 2(2).

Hutomo, W., & Cahya Putra, B. (n.d.). Penerapanne-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Piko-Piko Baby & Kids Shop.

Richard Lie. (2017). Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web Pada Toko Sweet Batam.

Onan Marakali Siregar, S. S. M. Si. , S. etc. (2020). Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM (Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si., Selwendri etc.) (z-lib.org).

Wk, W. N., & Riyanto, A. (2018). Analisis Dan Penerapan Search Engine Optimization Pada Website Menggunakan Metode White Hat Seo (Studi Kasus Di Pt.Suryaputra Adipradana).

Wulandari, E., & Gata, G. (2020). Penerapan E-Commerceuuntuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Fitriono, B. R., & Triyono, G. (2022). Implementasiie-Commerce Pada Website Berbasis CMS Di MJ Shop. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1406–1415. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/250

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>