Perancangan E-Commerce Pada Benvicastore Untuk Pengembangan Bisnis

Penulis

  • Carolus Subroto Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, benvicastore, business model canvas (BMC), pengembangan bisnis

Abstrak

Benvicastore adalah toko yang menyediakan berbagai produk pakaian dan aksesoris. Dalam menjalankan usahanya, membuka toko fisik dan melakukan promosi produk menggunakan spanduk yang dipasang di depan toko. Selain itu promosi juga dilakukan menggunakan media sosial seperti Instagram dan Whatsapp. Dari kedua media promosi tersebut, ditemukan beberapa masalah diantaranya media promosi saat ini belum dapat mengdokumentasikan data penjualan yang di inginkan oleh pemilik toko, belum memiliki sarana transaksi untuk penjualan online atau E-Commerce sebagai tempat untuk memudahkan para konsumen dalam mengetahui dan mendapatkan informasi barang terbaru yang ada di toko atau sosial media, pelanggan sulit mengetahui ketersediaan barang, Admin tidak bisa melihat laporan penjualan secara cepat karena proses pembuatan dilakukan dengan harus merekap ulang nota penjualan. Semenjak Pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada awal Maret 2020, berbagai kebijakan pembatasan dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19. Implikasi dari kebijakan tersebut intensitas pelanggan yang datang ke toko semakin hari semakin menurun, konsumen tidak mau berbelanja langsung ke toko. Salah satu toko yang terkena dampak pandemi Covid-19 adalah Benvicastore, Solusi yang diberikan yaitu dengan merancangan dan membangun aplikasi E-Commerce menerapkan Content Management System (CMS) mengunakan plugin Wordpress. Kesimpulan dari penelitian ini adalah website E-Commerce dapat mempermudah dalam melakukan promosi jual beli, pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan informasi harga produk dan stok produk yang tersedia. Dengan adanya website E-Commerce maka proses Penjualan akan lebih maksimal, layanan menjadi lebih cepat.

Referensi

Hasyim, N.F.S, 2016, Technopreneurship Membentuk Karakter Entrepreneur Muda yang Sukses, Deepublish, Yogyakarta.

Marakali,O.S., Selwendri, Maulidina dan Abdillah, M.B., 2020, Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM, Puspantara, Medan.

Suryanto, S.P, dkk., 2017, Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata), TEKNIKA, Volume 6, Nomor 1.

Rahman, S, 2019. Buku Pintar Web Design dan SEO Wordpress 5 PLUS, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Mulyani, S, 2017, Metode Analisis dan Perancangan Sistem, Abdi Sistematika, Bandung.

Abdulloh, R, 2016, Trik Mudah Membuat CMS Website dari Nol, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Firmansyah, A, 2019, Pemasaran Produk dan Merek Planning dan Strategy, Qiara Media, Jakarta.

A.S Rosa, dan M.Shalahuddin. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Winarno, E, 2015, Membuat Toko Online 2 in 1, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Batubara, H.H, 2018, Pembelajaran Berbasis Web Dengan Moodle Versi 3.4, Deepublish, Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Subroto, C., & Suryadi, L. (2022). Perancangan E-Commerce Pada Benvicastore Untuk Pengembangan Bisnis. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1939–1948. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/251

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>