Penerapan E-Commerce Untuk Membantu Penjualan Pada Toko Nay Store

Penulis

  • Anindifa Syawali Universitas Budi Luhur
  • Hestya Patrie Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System, Bussiness Model Canvas

Abstrak

Toko Nay Store adalah suatu usaha pertokoan yang bergerak dalam Fashion muslim yaitu kolesi hijab. Pemilik toko menjual produk melalui offline maupun online seperti instagram ,shopee, whatsapp dan tokopedia , Dalam pencatatan data transaksi toko Nay store masih secara manual ,sehingga sering terjadi kesalahan dalam pembuatan laporan , Penelitian inidilatarbelakangi oleh semakin banyak perusahaan penjualan yang mulaimenggunakan sistem E-Commerce sebagai media penjualan online. Dengan menggunakan sistem E-Commerce informasi perusahaan bisa lebih cepat tersampaikan kepelangaan dan jangkauan pemasaran yang lebih luas, sehingga diharapkan bisa meningkatkan penjualan , Penelitian ini menggunakan aplikasi CMS sebagai media pembuatan website E Commerce karena memiliki fitur lengkap. Disini akan dirancang sebuah media penjualan online berbasis website,perancangan dan pembuatan ini dimaksudkan untuk memudahkan pengolaan, penjualan mempermudahkan pembeli. Agar konsumen lebih mudah memilih model-model koleksi hijab , tanpa konsumen harus datang ke toko. Dibutuhkan sebuah website E-commerce sehingga penjualan dapat dilakukan secara online , Untuk membuat website E-Commerce digunakan Content Management System (CMS) Wordpress dengan plugin Woocommerce, dan mengoptimasi situs tersebut dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization). Analisa perencanaan bisnisnya menggunakan Bussiness Model Canvas (BMC), sedangkan metode yang digunakan untuk perancangan sistem adalah Unifield Modeling Language (UML). Tujuan dari penelitian ini adalah memudahkan transaksi penjualan kepada pelanggan dalam mempermudah informasi dan pembelian produk pada toko Nay store, membatu Toko Nay Store dalam mempromosikan dan menjual produk peda pelanggan dan memberikan kemudahan dalam pengelolaan data transaksi serta pembuatan laporan pada Toko Nay Store

Referensi

T. Ingmukti and G. Triyono, “Penerapan E-Commerce Dengan Menggunakan Content Management System (CMS) pada Hilookx Hijab,” Idealis, vol. 2, no. 6, pp. 207–214, 2019.

D. Farida Ariefni and M. Broto Legowo, “Penerapan Konsep Monitoring Dan Evaluasi Dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa Di Perbanas Institute Jakarta,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 4, pp. 2443–2229, 2018, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.28932/jutisi.v4i3.876

A. Kuswoyo, K. Akuntansi, K. Akuntansi, C. Diagram, A. Collections, and B. Lampung, “Pengembangan Aplikasi Penjualan Barang Pada Butik Agris,” J. Cendikia, vol. 21, no. 1, pp. 530–536, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/372

A. Noermansyah and L. Suryadi, “Penerapan Penjualan Berbasis E-Commerce Pada Jakartasneakers Sebagai Solusi Bisnis Dalam Pandemi Covid-19 Menggunakan Business Model Canvas ( Bmc ) Dan Interaction Flow Modeling Language ( Ifml ),” Sendiu 2020, pp. 48–54, 2020.

R. Sundari, “Dimensi E-Commerce dalam Membentuk Customer Satisfaction Milenial Lazada,” 2022.

H. Hasugian and F. Firmanto, “Analisis Dan Perancangan E-Commerce Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Kayra Nu Hijab,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 40–48, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2880.

H. Warnaningtyas, “Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun,” EKOMAKS J. Manajemen, Ilmu Ekon. Kreat. dan Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 52–65, 2020, [Online]. Available: http://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks

H. Hijrah and M. Maulidar, “Analisis dan Perancangan Sistem Manajemen Inventaris Menggunakan Metode Fishbone,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 95–102, 2021, doi: 10.26905/jtmi.v7i2.6501.

W. Yuwono, “PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBUATAN WEBSITE FRONT-END DENGAN AUTOGENERATED CODE,” pp. 115–122, 2021.

I. P. Wibisono, E. W. Wahyudi, and ..., “Indonesian Journal of Business and Economics,” … J. Bus. …,vol. 4, no. 2, 2021,[Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ijbe/article/view/4754

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Syawali, A., & Patrie, H. (2022). Penerapan E-Commerce Untuk Membantu Penjualan Pada Toko Nay Store. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 2073–2079. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/285

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama