Aplikasi Pengamanan Dokumen Menggunakan Metode Rivest Code 4 (RC4) Berbasis Web Pada Yayasan Berkembang Mandiri Indonesia

Penulis

  • Muhammad Farhansyah Universitas Budi Luhur
  • Utomo Budiyanto Universitas Budi Luhur

Abstrak

Perkembangan bidang teknologi di era ini memberikan pengaruh yang cukup besar pada bagian keamanan dari suatu data dan informasi yang memiliki sifat penting dan rahasia. Keamanan data dalam penyimpanan merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan pada saat ini. Tetapi kemudahan dalam memperoleh akses pada informasi oleh semua orang mempengaruhi keamanan suatu data informasi. Memungkinkan data menjadi rentan untuk dicuri, diubah dan dimanipulasi pihak-pihak tidak berhak atas akses data informasi tersebut. Yayasan Berkembang Mandiri Indonesia memiliki banyak dokumen penting seperti dokumen keuangan. Karena itu, dibuatlah sebuah  aplikasi keamanan data yang mampu menjaga dan memberikan keamanan pada data tersebut. Pada perancangan aplikasi pengamanan data dokumen ini, penulis menggunakan sistem dengan suatu metode enkripsi dan dekripsi. Pada perancangan aplikasi, penulis menggunakan salah satu algoritme kriptografi yaitu Rivest Code 4 (RC4), Kriptografi RC4 adalah sebuah algoritme kriptografi yang bisa berfungsi untuk melakukan enkripsi pada data yang akhirnya data asli tersebut hanya bisa dibaca oleh seseorang yang mengetahui kunci enkripsi tersebut. Aplikasi     pengamanan dokumen dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP. Dengan aplikasi pengamanan dokumen ini, data menjadi lebih aman dan tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berhak atas akses data informasi tersebut. Pada aplikasi ini, data yang terenkripsi berupa data dokumen yang hanya pihak yang bertanggung jawab pada Yayasan Berkembang Mandiri Indonesia yang memiliki akses pada aplikasi. Menurut implementasi dan uji coba program yang telah dilakukan, disimpulkan maka aplikasi ini mampu mengamankan dan merahasiakan data dokumen.

Referensi

D. Apdillah and H. Swanda, “Penerapan Kriptografi RSA Dalam Mengamankan File Berbasis Teks PHP,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 45-52, 2018.

Munir, Kriptografi, Bandung: Penerbit Informatika Bandung, 2019.

G. G. Putri, W. Styorini and R. D. Rahayani, “Analisis Kriptografi Simetris AES Dan Kriptografi Asimetris RSA Pada Enkripsi Citra Digital,” Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 197-207, 2018.

D. Irwansyah, “Pengamanan Data Teks Dengan Algoritme Modifikasi RC4,” Jurnal Pelita Informatika, vol. 6, nol. 3, pp.309-312, 2018.

H. Kusniyati, S. Diansyah and R. Yusuf, “Penerapan Algoritme Rivest Code 4 (RC4) Pada Aplikasi Kriptografi Dokumen,” PETIR, vol. 11, no. 1, pp. 38-47, 2018.

K. A Seputra and G. A, J, Saskara, "Kriptografi Simetris RC4 Pada Transaksi Online Booking Engine System," Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 17, no. 2, pp. 286-295, 2020.

S. Amin and K. Siahaan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Berbasis Web Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( STIT ) Kabupaten Tebo,” vol. 1, no. 1, pp. 1-10, 2016.

D. Nurani, “Perancangan Aplikasi Email Menggunakan Algoritme Caesar Cipher dan Base64,” JISKa(Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), vol. 2, no. 3, pp. 175-180, 2018.

N. E. Saragih, “Implementasi Algoritme One Time Pad Pada Pesan,” Jurnal Ilmiah MATRIK , vol. 20, no. 1, pp. 31-20, 2020.

A. Setiawan and T. Fatimah, “Implementasi Algoritme Kriptografi RC4 Untuk Keamanan Database Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada PT. Trans Intra Asia,” SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 66-71, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Farhansyah, M., & Budiyanto, U. (2022). Aplikasi Pengamanan Dokumen Menggunakan Metode Rivest Code 4 (RC4) Berbasis Web Pada Yayasan Berkembang Mandiri Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 319–326. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/291

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama