Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko Jagat Kolor

Penulis

  • Amalia Ramadanti Universitas Budi Luhur
  • Bullion Dragon Andah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, content management system, business model canvas

Abstrak

Toko Jagat Kolor adalah salah adalah satu usaha yang bergerak dibidang pakaian yang terletak di Pasar Segar, Blok KR 2 No. 1, Graha Raya, Tangerang Selatan. Selama ini toko Jagat Kolor hanya mempunyai toko fisik saja, sehingga keadaan ini membuat pelanggan yang ingin membeli pakaian di toko tidak bisa melihat daftar produk apa saja yang tersedia sehingga kurang mendapatkan informasi, dan juga tidak tersedianya produk best seller. Pelanggan juga memiliki waktu yang terbatas untuk melakukan transaksi pemesanan karena hanya bisa dilakukan pada waktu jam kerja. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, maka diperlukan suatu sistem yang dapat mengatasi masalah yang ada pada toko Jagat Kolor. Pada penelitian ini penulis mengimplementasikan E-Commerce dengan metode Business Model Canvas (BMC), Fishbone, dan Interaction Flow Modelling Language (IFML). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengidentifikasi masalah yang terjadi, sistem E-Commerce mampu menyediakan beberapa fitur fungsional yang lebih memudahkan pelanggan dalam proses transaksi pembelian produk di took Jagat Kolor. Penulis berharap dengan diciptakannya website berbasis E-Commerce ini mampu memaksimalkan penjualan dalam jarak yang lebih luas lagi.

Referensi

B. Abdillah, "Aplikasi Teknologi Informasi: Konsep dan Penerapan, Yayasan Kita Menulis", vol. 12, no. 2, pp. 2614-5405 2020.

N. A. Shofia, “Pengaruh Penguasaan It Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Dimasa Pandemi,” no. 12, pp. 201-215, 2021.

B. Laga, “Ekonomi Pulih, Pertumbuhan E-Commerce Tembus 40 Persen di 2021,” 2022.

I. A. Mutiasari, “Perkembangan Industri Perbankan Di Era Digital,” Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, pp. 32-41, 2020.

I. Ari, “Rencana Strategis Yayasan Budi Siswa Dalam Pengembangan Pendidikan Sma Kolese Kanisius”, vol. 4, no. 1, pp 63-72, 2020, Indonesia Journall Informaltion System (IDEAlLIS).

Kartika, “Pengembangan Sistem Penjualan Menggunakan UML dan Proses Bisnis E-Commerce Pada TB. Purnama Banjarnegara”, vol. 3, no. 1, pp 322-327, 2020, JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi).

S. Prastuti., “Pemodelan visual dengan menggunakan uml dan rational rose,” vol. 3, no. 1, pp 132-138, 2018, Jurnal Dinamik.

M. S. D. Jannah, “"Analisis Penerapan Lean Manufacturing untuk Mereduksi Over Production Waste Menggunakan Value Stream Mapping dan Fishbone Diagram,” Jurnal Teknik, vol. 6.1, 2017.

M. ARIFUDDIN, Analisis Pengendalian Kualitas Tahu Takwa Dengan Metode Seven Tools (Studi Kasus Di UD. GTT-Kediri), vol. 4, no. 1, 2018, Universitas Brawijaya.

A. I. Risyat, “Nalisis Faktor Penyebab Pembinaan Tidak Efektif Di Rutan Kelas Iib Pelaihari Dengan Metode Diagram Fishbone,” Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial , pp. 2301-2309, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Ramadanti, A., & Andah, B. D. (2022). Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko Jagat Kolor. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 2064–2072. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/311

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama