Penerapan Algoritma AES-128 Untuk Pengamanan File Pada SMK PGRI 31 Legok

Penulis

  • Kaliyana Tantri Rukmana Universitas Budi Luhur
  • Pipin Farida Ariyani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

keamanan, kriptografi, advanced encryption standard (AES), enkripsi, dekripsi, file dokumen

Abstrak

Sekolah SMK PGRI 31 Legok memiliki banyak file-file yang tercatat secara sistematis dan terkomputerisasi. File nilai uas dan file data siswa tersebut bersifat internal dimana hanya pihak sekolah yang terkait saja yang memiliki wewenang untuk mengetahui file-file tersebut. untuk pihak yang tidak memiliki wewenang mengetahui file tersebut akan menimbulkan kebocoran data, untuk mempertimbangkan hal itu perlu pengamanan data lebih lanjut. maka dalam penelitian ini akan direncanakan untuk mengimplementasikan konsep pengamanan isi file dengan menggunakan kriptografi. kriptografi merupakan salah satu solusi atau metode untuk melindungi dokumen, yang tepat untuk menjaga kerahasiaan dan keaslian dokumen, serta dapat meningkatkan aspek keamanan  dokumen atau informasi. Salah satu metode kriptografi untuk mengamankan informasi adalah Advanced Encryption Standard (AES). Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem keamanan data berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai Database Management System dengan mengimplementasikan kriptografi enkripsi pada isi file data dengan menggunakan algoritma Advanced Encryption Standard (AES). sehingga file asli tidak dapat dibaca sehingga diperlukan proses dekripsi menggunakan key atau password yang sama pada saat melakukan enkripsi file tersebut agar isi file akan kembali ke asli. Ukuran file mempengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan selama proses enkripsi dan dan dekripsi. Dari hasil implementasi dapat disimpulkan bahwa algoritma kriptografi AES dapat diimplementasikan dalam menjaga  keamanan isi file.

Referensi

Hanadwiputra, S. “Implementasi Enkripsi Dalam Pengamanan File Data Karyawan Dengan Metode Algoritma DES (Data Encryption Standard) Pada CV. Sinergi Informasi Global,” Jurnal Gema Kampus, vol. 13, no. 2, pp. 61-69, 2018.

D. Widyawan and I. Imelda, “Pengamanan File Menggunakan Kriptografi Dengan Metode Aes-128 Berbasis Web Di Komite Nasional Keselamatan Transportasi,” SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2021.

D. Hulu, B. Nadeak, and S. Aripin, “Implementasi Algoritma AES (Advanced Encryption Standard) Untuk Keamanan File Hasil Radiologi di RSU Imelda Medan,” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer) pp. 78–86, 2020.

B. Agung Nugroho, F. Sofian Efendi, T. Informatika, and P. Kediri, “Pengamanan Data Identitas Bus pada Kartu NFC Menggunakan Enkripsi AES-128 (Securing Bus Identity Data In a NFC Card Using AES-128 Encryption),” J. Inform. Multimed., vol. 10, no. 02, pp. 56–62, 2018.

A. Eka Putri, A. Kartikadewi, and L. A. Abdul Rosyid, “Implementasi Kriptografi dengan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Bit dan Steganografi menggunakan Metode End of File (EOF) Berbasis Java Desktop pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang,” Appl. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 69–78, 2021, [Online]. Available: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism/article/view/14722

R. V. H. Chandra, A. Kusyanti, and M. Data, “Analisis Performa Proses Enkripsi dan Dekripsi Menggunakan Algoritme AES-128 Pada Berbagai Format File,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 481–486, 2019.

I. Gunawan, S. Tunas, and B. Pematangsiantar, “Peningkatan Pengamanan Data File menggunakan Algoritma Kriptografi AES dari Serangan Brute Force 14 Peningkatan Pengamanan Data File Menggunakan Algoritma Kriptografi AES Dari Serangan Brute Force,” TECHSI, vol. 13 no. 1 pp. 14–25, 2021.

B. E. Widodo and A. S. Purnomo, “Implementasi Advanced Encryption Standard Pada Enkripsi Dan Dekripsi Dokumen Rahasia Ditintelkam Polda Diy,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 69–77, 2020.

Mulyadi, Y,A. “Implementasi Algoritma AES-128 dan SHA-256 dalam Pengkodean Pada Sebagian Frame Video CCTV MPEG-2,” Jurnal Teori dan Aplikasi Ilmu Komputer, vol. 1, pp. 30-26, Maret. 2018.

Suranta, I,A. and Sakti, Y,S,V,D, “Penerapan Algoritma AES (Advance Encryption Standard) 128 untuk Enkripsi Dokumen di PT. Gunung Geulis Elok Abadi,” SKANIKA, vol. 5, no. 1, pp. 1-10, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Rukmana, K. T., & Ariyani, P. F. (2022). Penerapan Algoritma AES-128 Untuk Pengamanan File Pada SMK PGRI 31 Legok. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 327–336. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/340

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>