Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Pada Toko F2T Sport By Yovis

Penulis

  • Achmad Nofal Kulyubi Universitas Budi Luhur
  • Hestya Patrie Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

website, e-commerce, content management system (CMS), wordp

Abstrak

Pada era saaat ini perkembangan informasi dan teknologi semakin pesat, khususnya pada bidang komputer dan internet. Dalam hal ini, komputer dan teknologi memiliki peranan yang penting untuk menjadi alat bantu utama dalam mengolah data dan mencari informasi – informasi yang dibutuhkan. Teknologi internet pada saat ini tidak hanya digunakan sebagai jejaring sosial melainkan marak digunakan untuk bisnis online. Salah satu contoh penggunaan bisnis online e-commerce agar penjualan tersebut maksimal.Melalui website ecommerce mempermudah pelanggan berbelanja produk Toko F2T Sport By Yovis tanpa langsung ke toko.Dalam studi kasus Toko F2T Sport By Yovis, sering terjadi masalah dalam jangkuan dan pemasaran yang ditawarkan di Toko F2T Sport By Yovis ,pelanggan hanya bisa membeli produk yang dijual dengan cara mendatangi langsung ke ketoko dan whatsapp,dan seringnya terjadi ketidak – cocokan data pada saat pembuatan laporan pada toko tersebut.Sehingga solusi yang didapat untuk kasus diatas ialah dengan dibuatkan rancangan website sistem penjualan untuk pemesanan produk pada Toko F2T Sport By Yovis berbabis e-commerce yang bertujuan untuk mempermudah dalam memperlancar penjualan produk tersebut, Metode dalam penelitian ini menggunakan Bussines Model Canvas (BMC) yang berguna untuk menganalisa, mendeskripsikan, serta merancang model proses bisnis pada Toko F2T Sport By Yovis. Pada pembuatan website e-commerce menggunakan Content Management System (CMS)Wordpress.

Referensi

Abdiansyah, M. N. (2018). Abdiansyah, Muhammad Nugi. Manajemen Hosting Berbasis WHM/Cpanel. Excellent Publishing.

Ahmad, R. F. (2018). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Informasi , 67-72.

Anggraeni. (2017). Pengertian Penjualan. Https://Ojs.Ipem.Ecampus.Id/Ojs_Ipem/Index.Php/Stmik-Ipem/Article/View/170.

Anggraeni, S. D. (2017). Anggraeni, Siti, And Ina Rayana. "Analisis Dan Perancangan Sistem Penjualan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan Dengan Perbaikan Sistem Akuntansi Penjualan. Jurnal Akuntansi, Audit Dan Sistem Informasi Akuntansi, 60-69.

Barn2. (2021). Manfaat Wocommerce. Retrieved From Niagahoster: Https://Www.Niagahoster.Co.Id/Blog/Manfaat-Woocommerce-Bisnis-Online/

Ceigelski. (2016). Https://Binus.Ac.Id/Malang/2020/12/Beberapa-Definisi-Tentang-Data-Informasi-Dan-Sistem-Informasi-Menurut-Beberapa-Ahli/. Sistem Infromas, 1.

Dewangga, P. A. (2014). Analisis Pengaruh Implementasi Web Sebagai Media Promosi Terhadap Pertambahan Anggota Komunitas SKSP. Retrieved From Ojs.Palcomtech:Http://Ojs.Palcomtech.Ac.Id/Index.Php/Teknomatika/Article/View/131

Harahap. (2018). Pengeritan Balsamiq Mockup. Http://Repository.Umy.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/17265/BAB%20II.Pdf?Sequence=5&Isallowed=Y

Jugiyanto. (2020). Sistem Informasi Landasan Teori. Retrieved From 123dok: Https://Text-Id.123dok.Com/Document/Ozlnxmr2q-Sistem-Informasi-Landasan-Teori.Html

Kaban, R. D. (2021). HTML (Hypertext Markup Language). Pengantar Pemrograman Berbasis Web. Insan Cendekia Mandiri.

Leitch. (2011). Https://Binus.Ac.Id/Malang/2020/12/Beberapa-Definisi-Tentang-Data-Informasi-Dan-Sistem-Informasi-Menurut-Beberapa-Ahli/. Sistem Informasi, 1.

Maliki, M. I. (2021). Rancangan Bangunan Aplikasi Penjualan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 304-311.

Nasution, M. I. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Urnal Riset Sains Manajemen, 1-12.

O'brien. (2020). Https://Binus.Ac.Id/Malang/2020/12/Beberapa-Definisi-Tentang-Data-Informasi-Dan-Sistem-Informasi-Menurut-Beberapa-Ahli/. Retrieved From Binus: Https://Binus.Ac.Id/Malang/2020/12/Beberapa-Definisi-Tentang-Data-Informasi-Dan-Sistem-Informasi-Menurut-Beberapa-Ahli/

Sawyer, W. D. (2020). Pengertian Internet. Retrieved From Library.Binus: Http://Library.Binus.Ac.Id/Ecolls/Ethesisdoc/Bab2HTML/2012100643ifbab2001/Page35.Html

Susilo, M. D. (2015). IMPLEMENTASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE (STUDI KASUS PADA TOKO PASTBRIK KOTA MALANG). Retrieved From Studentjournal: Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/1165

Sutarman. (2003). BAB II Landasan Teori Konsep Sistem Informasi. Landasan Teori, 27.

Tantri, T. A. (2016). Penjualan. Retrieved From Opac.Perpusnas: Https://Opac.Perpusnas.Go.Id/Detailopac.Aspx?Id=1135529

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Kulyubi, A. N., & Patrie, H. (2022). Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Pada Toko F2T Sport By Yovis. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1191–1200. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/366

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama