Implementasi Kriptografi Menggunakan Metode Rivest Shamir Adleman (RSA) Pada Perancangan Aplikasi Enkripsi & Dekripsi Berbasis Java Desktop Pada Madrasah Tsanawiyah Daarul Falah

Penulis

  • Muhammad Sugiarto Universitas Budi Luhur
  • Purwanto Purwanto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

kriptografi, enkripsi, dekripsi, rivest samir adleman (RSA)

Abstrak

Hal yang sangat penting dan krusial dalam dunia informasi saat ini adalah keamanan data. Selain itu jika informasi yang disimpan dan dikirim berupa data yang penting dan sangat rahasia, dimana pihak luar yang tidak diperbolehkan mengetahui informasi rahasia tersebut. Karena bila informasi rahasia ini tersebar pada pihak yang tidak bertanggung jawab, maka akan menimbulkan kerugian yang amat fatal bagi pihak sekolah yang informasi/datanya telah dicuri.Beberapa informasi & dokumen yang bersifat sangat penting bagi sekolah yaitu seperti : data diri siswa & guru, kumpulan soal ujian, nilai siswa atau kurikulum yang digunakan sekarang, dan lainnya perlu diamankan oleh pihak sekolah MTs Daarul Falah. Dengan mengimplementasikan algoritma kriptografi Rivest Shamir Adleman (RSA), system aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman Java berbasis desktop. Metode Rivest Shamir Adleman (RSA) digunakan pada aplikasi ini untuk menyandikan (enkripsi) pesan rahasia yang berupa file (dokumen) agar kerahasiaan data tersebut semakin kuat dan aman dari pencurian data. Berdasarkan implementasi dan uji coba, program aplikasi enkripsi dan dekripsi yang menggunakan algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) tersebut mampu mengamankan file (dokumen) dengan baik.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma RSA dapat diterapkan dalam mengenkripsi dan mendekripsi file pada Madrasah Tsanawiyah Daarul Falah, dengan kecepatan proses enkripsi file 0,16 detik ekstensi doc, 0,034 detik ekstensi xls, dan 0,004 detik ekstensi txt. Untuk proses dekripsi dengan kecepatan 3,811 detik ekstensi doc, 1,411 detik ekstensi xls, dan 0,041 detik ekstensi txt. Dengan adanya aplikasi kriptografi, proses penyimpanan data-data sekolah yang penting menjadi lebih aman dari orang orang yang tidak berkepentingan.

Referensi

M. Arief, F. Fitriyani and N. Ikhsan, "Kriptografi RSA Pada Aplikasi File Transfer Client-Server Based," JITTER: Jurnal Ilmiah TeknologiInformasi Terapan, pp. vol 1, no 3, pp 45-51, 2015.

Basri, "Kriptografi Simetris dan Asimetris Dalam perspektif Keamanan Data Dan Kompleksitas Komputasi," Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol 2 ,no 2, pp 16-23, 2016.

Hariyanto, et al, "Aplikasi Enkripsi dan Dekripsi pada Soal Ujian Menggunakan Algoritma RSA Berbasis JAVA Desktop," Jurnal Ilmiah Komputer & Sistem Informasi, vol 17, no 3, pp. 229-237, 2018.

F. Wanita," Rancang Bangun Sistem Enkripsi dan Dekripsi Pengiriman Informasi Menggunakan Algoritma RSA (Rivest Shamir Adlement) Berbasis Wifi," Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi, vol. 5, no 1, pp. 35-43, 2015.

M. A. Zainuddin and D. I. Mulyana, "Penerapan Algoritma RSA Untuk Keamanan Pesan Instan Pada Perangkat Android," Jurnal CKI On SPOT, vol. 9, no. 2, pp. 105-114, 2016 .

B. S. Muchlis, M. A. Budiman and D. Rachmawati, "Teknik Pemecahan Kunci Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) dengan Metode Kraitchik," Sinkron : Jurnal & Penelitian Teknik Informatika , vol. 2, no. 2, pp. 49-64, 2017.

R. S. Ashari Arief, "Implementasi Kriptografi Kunci Publik Dengan AlgoritmaRSA-CRT pada Aplikasi Instant Messaging," SJI (Scientific Journal of Indormatics), vol. 3, no. 1, pp. 46-54, 2016.

R. Kurniawan, "Rancang Bangun Aplikasi Pengaman Isi File Dokumen Dengan Algoritma RSA," ALGORITMA : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, vol. 1, no.01, pp. 46-52, 2017.

F. Azmia and W. Erika, "Analisis Keamanan Data Pada Block Cipher Algoritma Kriptografi RSA," CESS : Journal of Computer Engineering System and Science, vol. 2, no. 1, pp. 27-29, 2017.

D. d. S. Satriya Tri Cahaya Kurniawan, Implementasi Kriptografi Algoritma Rivest Shamir Adleman Dengan Playfair Ciper Pada Pesan Teks Berbasis Android, Jurnal Online Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 102-109, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Sugiarto, M., & Purwanto, P. (2022). Implementasi Kriptografi Menggunakan Metode Rivest Shamir Adleman (RSA) Pada Perancangan Aplikasi Enkripsi & Dekripsi Berbasis Java Desktop Pada Madrasah Tsanawiyah Daarul Falah. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 344–350. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/382

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>