Membangun E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Jaya Frame Cilandak

Penulis

  • Adam Mulyawan Universitas Budi luhur
  • Goenawan Brotosaputro Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, bmc, bingkai, website

Abstrak

Jaya Frame merupakan usaha di bidang bingkai foto salah satu pelaku wirausaha yang bergerak di bidang jasa pembuatan bingkai pigura untuk foto, lukisan, gambar, dan lain-lain. Yang termasuk kedalam IKM (Industri Kecil Menengah). Usaha ini telah berdiri sejak 1998, Dalam proses bisnis yang ada pada Jaya Frame, menggunakan Instagram dan whatsapp. Namun, dengan adanya proses bisnis transaksi melalui online ada beberapa kendala dialami oleh Jaya Frame yaitu, Pelanggan sulit mengetahui ketersediaan stok barang, karena tidak adanya informasi ketersediaan stok pada fitur Instagram dan whatsapp, sehingga pelanggan harus menanyakan ke staff penjualan. Kurang optimal dalam proses mempromosikan produk, sehingga menyebabkan produk lama terjual dan kurangnya untuk mendapatkan calon pelanggan baru. Sulit dalam pengolahan data laporan penjualan, karena masih dilakukan secara pembukuan dengan melihat nota penjualan untuk dimasukan kedalam laporan penjualan, sehingga memungkinkan pencatatan berbeda dengan jumlah penjualan dan kurang maksimal dalam mengetahui data penjualan. Berdasarkan masalah yang ada pada Jaya Frame, dengan adanya permasalahan yang diselesaikan pada Jaya Frame, maka pelanggan mudah dan merasa tidak kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang ketersediaan stok barang/produk, dapat lebih mudah untuk staff penjualan dalam melakukan pembuatan data laporan penjualan dan diberikan kepada pemilik Toko Jaya Frame dilakukan pembangunan E-commerce dengan metode Businnes Model Canvas (BMC) dalam bentuk web. Website E-Commerce yang dibangun akan meningkatkan promosi barang yang dijual dan memudahkan pelanggan yang mengingkan transaksi dari website. Diharapkan, dengan Tujuan memanfaatkan website E-Commerce ini, pelanggan jadi lebih mudah dalam melakukan proses transaksi pembelian yang ada pada website Jaya Frame.

Referensi

B. U. Putra, “Perancangan Sistem Toko Online Pada Movement Berbasis Web,” Infotek, vol. 5, no. 1, pp. 7–20, 2020, [Online]. Available: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Butomo+Ujaya+Putra&btnG=

J. M. Tupan, “Desain Pemasaran Online Berbasis Web Untuk Pemasaran Produk Kerajinan Kerang Mutiara Di Kota Ambon (Studi Kasus: Pondok Mutiara),” ALE Proceeding, vol. 2, no. April, pp. 158–166, 2021, doi: 10.30598/ale.2.2019.158-166.

M. I. Zamroni, A. Diana, D. Achadiani, F. T. Informasi, S. Informasi, and U. B. Luhur, “Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System ( Cms ) Dengan Metode Business Model Canvas ( Bmc ) Pada Toko Fajar Collection Implementation Of Content Management System ( Cms ) Using The Business Model Canvas ( Bmc ) Method At Fajar,” vol. 19, no. 1, 2022.

A. Hermawan, D. Rachel, and J. Pravitasari, “Business Model Canvas (Bisnis Model Kanvas)”.

F. Alfiah et al., “Perancangan Sistem E – Commerce Untuk Penjualan Pakaian Pada Toko A & S,” vol. 6, no. 1, pp. 70–81.

I. U. W. Rulia Puji Hastanti, Bambang Eka Purnama, “Sistem Penjualan Berbasis Web ( E-Commerce ) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan,” Bianglala Inform., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2015.

A. D. Sukma, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Cms Wordpress Pada,” vol. 3, no. 1, pp. 98–109, 2021.

W. A. Triyanto, S. S. Informasi, U. M. Kudus, P. S. Akuntansi, and U. M. Kudus, “E-Commerce untuk Strategi Peningkatan Pendapatan pada Kelompok Pengrajin Pigura ” Kliwon ” Kudus,” J. Speed Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 11, no. 2, pp. 1–5, 2019.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi KaHandayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.

A. Jamira, Y. Febriani, and M. Amali, “Business Model Canvas (BMC): Sebuah Pendekatan Dalam Mendorong Mindset Kewirausahaan,” pp. 205–214, 2021, doi: 10.32528/psneb.v0i0.5169.

S. D. Purnamasari and F. Panjaitan, “Pemodelan Sistem Informasi Sebaran Pasar Menggunakan Unified Modeling Language,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 4, no. 2, p. 103, 2019, doi: 10.29100/jipi.v4i2.1402.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Mulyawan, A., & Brotosaputro, G. (2022). Membangun E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Jaya Frame Cilandak. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1463–1472. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/395

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama