Finite State Machine Pada Game “Pentualangan Di Negeri Dongeng”

Penulis

  • Muhammad Ali Shodikin Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Game, Adventure, RPG, Finite State Machine, Unity Engine

Abstrak

Abstrak-Game Petualangan di Negeri Dongeng ditujukan untuk memberikan pengenalan terhadap kebudayaan lokal Indonesia melalui sebuah narasi yang terdapat pada game petualangan di Negeri Dongeng. Hal yang melatar belakangi dari pembuatan game ini adalah semakin sedikitnya pengenalan budaya lokal ke pada masyarakat di era globalisasi ini, sehingga kebudayaan lokal tergerus oleh budaya luar. Tingkat kecanduan bermain game pada remaja juga menjadi faktor  mengapa game ini dibuat sebagai media edukasi pengenalan budaya lokal kepada masyarakat khususnya remaja. Pada game petualangan di Negeri Dongeng untuk mencapai tujuan dari pembuatan game ini akan menggunakan metode finite state machine dalam membuat AI dan memasukkan unsur genre Adventure, RPG(Role-Playing Game) agar dapat menceritakan kebudayaan lokal pada game ini dan juga genre action untuk menambah ketertarikan bagi pemain. Pengujian dengan ISO-9126 menghasilkan persentase sebesar 88,82% yang menyimpulkan finite state machine bekerja dengan baik pada musuh sehingga game dapat dibuat dengan baik dan game berfungsi sebagai sarana hiburan dan media pengenalan cerita dan budaya Indonesia.

Kata Kunci: Game, Adventure, RPG, Finite State Machine, Unity Engine

 

Referensi

S. R. Hernawan, “Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game ‘ The Mahasiswa ’ G Una Membangun Perilaku Non Playable Character Halaman Pengesahan Dosen Penguji Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game ‘ The Mahasiswa ’Guna Membangun Perilaku Non Playable Char,” no. 14523032, 2018.

Andrew Suplig, “Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Kecerdasan Sosial,” J. Artik., vol. 15, no. 2447–2889, pp. 1–178, 2017.

D. L. Fithri and D. A. Setiawan, “Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 225–230, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i1.959.

D. A. Megawaty, D. Damayanti, Z. S. Assubhi, and M. A. Assuja, “Aplikasi Permainan Sebagai Media Pembelajaran Peta Dan Budaya Sumatera Untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Komputasi, vol. 9, no. 1, pp. 58–66, 2021, doi: 10.23960/komputasi.v9i1.2779.

H. Sifaulloh, J. N. Fadila, and F. Nugroho, “Penerapan Metode Finite State Machine pada Game Santri on the Road,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 11–18, 2021, doi: 10.21580/wjit.2021.3.1.7135.

A. Solihin, E. W. Hidayat, and A. P. Aldya, “Application of the Finite State Machine Algorithm on 2D Platformer Rabbit Games vs Zombies,” J. Online Inform., vol. 4, no. 1, p. 33, 2019, doi: 10.15575/join.v4i1.293.

T. Bhosale, S. Kulkarni, and S. Patankar, “2D Platformer Game In Unity Engine FPGA Implement at ion of Snake Game Using Verilog HDL,” Int. Res. J. Eng. Technol., vol. 05, no. 04, pp. 3021–3024, 2018.

H. Dawaso, S. R. U. A. Sompie, and B. A. Sugiarso, “Game 2 Dimensi Tentang Sam Ratulangi Sebagai Pahlawan Nasional,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 4, pp. 1–12, 2018.

H. F. Ramadhan, S. H. Sitorus, and S. Rahmayuda, “Game edukasi pengenalan budaya dan wisata Kalimantan Barat menggunakan metode fitnite state machine berbasis android,” Coding J. Komput. dan Apl., vol. 07, no. 1, pp. 108–119, 2019.

D. S. Hormansyah, A. R. T. H. Ririd, and D. T. Pribadi, “Implementasi Fsm (Finite State Machine) Pada Game Perjuangan Pangeran Diponegoro,” J. Inform. Polinema, vol. 4, no. 4, p. 290, 2018, doi: 10.33795/jip.v4i4.222.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Shodikin, M. A. (2022). Finite State Machine Pada Game “Pentualangan Di Negeri Dongeng”. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1219–1226. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/396