Pengembangan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Studi Kasus: PT. Telkom Akses

Penulis

  • Achmad Fadhli Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

CRM, loyalitas pelanggan, keluhan pelanggan, aplikasi CRM

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengembangan aplikasi sistem CRM pada PT. Telkom Akses. Dalam kegiatannya, ditemukan kesulitan dalam membangun sebuah sistem Customer Relationship Management yang dapat mempertahankan pelanggan. Ditemukan tidak adanya komunikasi dua arah serta kurangnya informasi untuk laporan gangguan layanan. Penggunaan dan pengimplementasian digunakan untuk menambah pengetahuan di bidang teknologi berupa sistem informasi pada bidang ini. Sebuah sistem informasi yang berhubungan dengan pelanggan dapat membuat sistem komunikasi dua arah perusahaan dengan pelanggan. Sarana umpan balik data adalah segala sesuatu yang dapat memberikan informasi mengenai penelitian terkait. Metode analisis CRM ini digunakan untuk identifikasi pengembangan penerapan strategi CRM. Adapun metode penelitian ini adalah dengan cara mendapatkan data dengan tujuan dapat dideskripsikan, dibuktikan, dikembangkan dan ditemukan pengetahuan atau teori dalam konteks memahami dan memecahkan permasalahan pelayanan. Metode kepustakaan yaitu melalui proses pengumpulan data dengan cara mencari jurnal atau referensi dari internet yang mengindex jurnal maupun karya ilmiah. Proses Pembuatan Aplikasi CRM pada PT Telkom Akses dilakukan dengan bahasa pemrograman html dan menggunakan database mysql. Aplikasi CRM yang dirancang dapat memudahkan komunikasi antar pelanggan dan karyawan secara dua arah. Proses Permintaan penawaran dan pengaduan dapat tersimpan dengan baik di database dan sewaktu-waktu. Penggunaan CRM pada penelitian ini memanfaatkan teknologi yang ada untuk membangun sebuah sistem dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan pada PT. Telkom Akses. Sistem informasi yang dirancang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pengaduan terhadap kendala yang dimiliki melalui sistem CRM berbasis website ini. Selain itu, aplikasi CRM dapat menyimpan data pada sebuah server yang terintegritas. Adapun hasil penelitian yang dilakukan dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan pengembangan aplikasi CRM berbasis web serta dapat menambah pengetahuan pada bidang sistem informasi. Khususnya pengembangan aplikasi CRM berbasis web. Selain itu, penelitian ini dilakukan sebagai tambahan referensi untuk penelitian yang akan dilakukan selanjutnya dimasa yang akan datang.

Referensi

R. Somya and S. C. Utama, “Perancangan Customer Relationship Management Berbasis Web Dengan Library Jquery Responsive Datatables,” Sistemasi, vol. 8, no. 3, p. 529, 2019

H. Purwanto, D. Yuniana, and ..., “Penerapan Electronic Costumer Relationship Management Penjualan Berbasis Web,” … (Information …, vol. 4, no. 2, pp. 71–83, 2021, [Online].

F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 22, 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.

S. N. Rahmaini, “Analisis Kualitas Website Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis (IPA),” 2018.

S. Haidir, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Toko Buku Online Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan System Usability Scale (SUS),” 2019.

R. R. Sabatini, “Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Website Di Cv Riz Plakat Jaya Di Surabaya,” 2018.

S. Aliz, A. Hariyanto, and N. Nugroho, “Aplikasi Customer Relationship Management Menggunakan Pendekatan Framework of Dynamic (Studi Kasus: Pt Bintang Kharisma Motor Bandar Lampung),” Jl. ZA. Pagar Alam, vol. 2, no. 1, pp. 10–16, 2021.

L. N. Hidayat and U. A. Rosyidah, “Sistem informasi pengelolaan paket tour menggunakan crm ( customer relationship management ) berbasis web pada ‘ raja tour ’ jember 1,” pp. 2–5, 2018.

D. Marcallina and D. Wahyuningsih, “Penerapan E-commerce dengan Metode Costumer Relationship Management (CRM) Berbasis Website (Studi Kasus: Gudang Distro Palembang),” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 40–47, 2016, doi: 10.32736/sisfokom.v5i1.26.

P. Painem and H. Soetanto, “Sistem Presensi Pegawai Berbasis Web Service Menggunakan Metode Restfull Dengan Keamanan JWT Dan Algoritma Haversine,” Fountain Informatics J., vol. 5, no. 3, p. 6, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Fadhli, A., & Samsinar, S. (2022). Pengembangan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Studi Kasus: PT. Telkom Akses. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1582–1591. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/412

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>