Perancangan E-Commerce Penjualan Air Conditioner pada CV Pepy Tehnik Indonesia dengan Unified Modeling Language

Penulis

  • Iqbal Pandu Pujiyanto Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, BMC, CMS, air conditioner

Abstrak

Toko CV Pepy Tehnik Indonesia merupakan toko yang bergerak pada bidang penjualan Air Conditioner (AC). Proses bisnis pada CV Pepy Tehnik Indonesia masih dilakukan secara manual yaitu pelanggan datang langsung ke toko untuk membeli AC. Permasalahan yang ada di toko CV Pepy Tehnik Indonesia adalah lamanya stok produk yang terjual dikarenakan promosi yang diterapkan masih mulut ke mulut sehingga penyebaran informasi tentang produk hanya di sekitar lokasi dekat toko saja, pemasarannya masih terbatas, karena pemasaran dilakukan disekitar toko saja, sehingga belum banyak orang yang mengetahui produk apa saja yang dijual toko CV Pepy Tehnik. CV Pepy Tehnik Indonesia tidak memiliki katalog untuk keterangan harga dan produk apa saja yang dapat di gunakan oleh pelanggan sehingga pelanggan harus datang ke toko. Permasalahan yang di alami toko CV Pepy Tehnik Indonesia memerlukan  sebuah website berbasis E-commerce. Agar dapat meningkatkan jangkauan pemasaran dan kemudahan akses informasi yang diberikan kepada pelanggan ketika berstransaksi secara online. Berdasarkan masalah yang ada pada CV Pepy Tehnik Indonesia maka peneliti melakukan perancangan untuk membuat website E-commerce. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) yang berguna untuk menganalisis model bisnis berjalan dan dalam pembuatan website menggunakan Content Management System (CMS). Website e-commerce yang dirancang telah membantu toko CV Pepy Tehnik Indonesia memperluas area penjualan dengan pemasaran melalui website dan pelanggan dapat melakukan transaksi secara online melalui website e-commerce.

Referensi

F. Yolanda, “Elektronik Berbasis E-Commerce Pada Toko Hadi,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer Surya Intan, vol 8, no 1, 2021 pp. 120–127.

S. Nurhayati, N. Sucahyo, dan Selawati, “Penerapan Metode Pieces Dalam Pengembangan Sistem E-Commerce Penjualan Produk Komputer,” JRIS J. Rekayasa Inf. Swadharma, vol. 1, no. 1, pp. 34–39, ISSN : 2774-5732, 2021.

M. A. ary dan F. Fitriyadi, “Sistem Informasi Informasi Penjualan Pada Toko Berkat Saudara Elektronik Berbasis Android,” Progresif J. Ilm. Komput., vol. 14, no. 2, pp. 97–106, 2019, [Online]. Available: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/progresif/article/view/316%0Ahttp://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/progresif/article/download/316/299

I. Risnaputra dan G. Triyono, “Implementasi CMS Wordpress Pada E-Commerce Untuk Pelayanan Katering Cv. Alam Jaya,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 481–485, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2151.

F. A. Kurniawan, “Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Perancangan Strategi Bisnis Baru (Studi Pada UMKM UD. Gading Mas Pasuruan),” Yudharta, vol. 4, no. 2, pp. 123–131, 2017.

J. Cordeaux, “‘Wicks’ of the mouth,” Notes Queries, vol. s5-VII, no. 159, p. 37, 1877, doi: 10.1093/nq/s5-VII.159.37-a.

R. Alifah, D. A. Megawaty, M. Najib, dan D. Satria, “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

M. F. A. Luthfie dan J. Sutrisno, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Jasa Service Aksesoris Motor Berbasis Web Pada Auto39 Bike Shop Menggunakan Unified Modeling Language,” I D E a L I S, vol. 2, no. 1, pp. 61–66, 2019, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1363

A. D. Nugraha dan G. Triyono, “Penerapan Website E-Commerce Berbasis Content Management System (Cms) Pada Q-Ta Digital Printing,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 220–226, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2078.

M. K. Mittal, N. Kirar, dan J. Meena, “Implementation of Search Engine Optimization : Through White Hat Techniques,” Proc. - IEEE 2018 Int. Conf. Adv. Comput. Commun. Control Networking, ICACCCN 2018, vol. 5, no. 2, pp. 674–678, 2018, doi: 10.1109/ICACCCN.2018.8748337.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Pujiyanto, I. P., & Ariesta, A. (2022). Perancangan E-Commerce Penjualan Air Conditioner pada CV Pepy Tehnik Indonesia dengan Unified Modeling Language. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1958–1967. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/417