Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keluhan dan Pelayanan IT pada PT Wijaya Karya (Persero) TBK

Penulis

  • Tyasto Ardi Anggoro Universitas Indraprasta PGRI
  • Wahyu Nur Cholifah Universitas Indraprasta PGRI

Kata Kunci:

Keluhan, Layanan, Research and Development, Sistem Informasi Pengaduan

Abstrak

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau disebut WIKA adalah salah satu perusahaan konstruksi nasional yang pasarnya sudah merambah sampai ke luar negeri. Dalam pengoperasiannya, WIKA membuat beberapa aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan karyawan dan manajemen dalam memonitor progress ataupun status proyek yang sedang berjalan. Dari banyaknya aplikasi tersebut menimbulkan respon yang bervariatif mulai dari banyaknya aduan keluhan terhadap bug dan error yang terjadi di aplikasi, ataupun permintaan layanan untuk pemutakhiran aplikasi dan data. Dalam proses penanganan terhadap aduan tersebut, Departemen Sistem Informasi (DSI) selaku penanggung jawab penyedia layanan IT di WIKA juga harus dituntut untuk dapat menepati waktu SLA (Service Level Agreement) yang telah disepakati bersama. Namun dalam implementasinya, bagian khusus dari Departemen Sistem Informasi (DSI) yaitu bagian Operation Maintenance (OM) yang bertugas untuk mendukung berjalannya layanan IT, belum tersedia sistem yang mengakomodir kebutuhan manajemen pengelolaan keluhan dan permintaan layanan IT. Sehingga, karyawan atau dalam lingkup layanan IT disebut dengan Customer mengalami kesulitan dalam menyampaikan aduannya, selain itu juga manajemen masih belum dapat menilai performa dari staf operation maintenance dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan IT terhadap customer aplikasi. Berdasarkan masalah tersebut dibutuhkan perancangan sistem informasi manajemen keluhan dan pelayanan IT untuk mendukung bagian Operation Maintenance (OM) dalam merespon setiap aduan yang diterima dan juga memudahkan customer dalam menyampaikan aduan menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam proses perancangan digunakan metode penelitian Research and Development, dan metode pengembangan sistem Waterfall. Hasil dari perancangan sistem informasi tersebut berupa aplikasi berbasis java dimana kebutuhan dasar dalam manajemen keluhan dan pelayanan IT seperti kebutuhan penyampaian aduan, cek status aduan, respon aduan dan laporan tersedia secara terpusat dalam satu sistem atau aplikasi.

Referensi

A. Nurkholis, E. R. Susanto, and S. Wijaya, “Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik,” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, vol. 5, no. 1, pp. 124–134, 2021.

Husaini and Happy Fitria, “Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam”.

S. Syam, “Profitability: Jurnal Ilmu Manajemen Pengaruh Efektifitas Dan Efisiensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Banggae Timur,” Pengaruh Efektifitas Dan Efisiensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Banggae Timur, Vol. 4, 2020.

J. Bisnis dan Pemasaran and G. Gumilang Wirakanda -Indri Syafira Putri, “Analisis Penanganan Keluhan Pelanggan (Studi Kasus Di Kantor Pos Bandung 40000)”.

I. Kanedi, F. Hari Utami, and L. Natalia Zulita, “Sistem Pelayanan Untuk Peningkatan Kepuasan Pengunjung Pada Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Kota Bengkulu,” 2017. [Online]. Available: www.ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode

J. I. Penelitian, O. N. Anggraini, and R. R. Alhempi, “Analisis Kepuasan Konsumen Pt Hawaii Holiday Hotel Pekanbaru,” vol. 1, no. 9, 2021.

D. P. yudhi Ardiana and I. M. S. Dwiputra, “Sistem Informasi Penanganan Keluhan Pelanggan di Rumah Sakit Umum Surya Husadha Denpasar Berbasis Web,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 18, no. 2, pp. 257–267, May 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.405.

Y. Handrianto and B. Sanjaya, “Model Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Produk Dan Outlet Berbasis Web,” 2020.

O. Fitria, N. Hasanah, M. Pd, and R. S. Untari, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak Diterbitkan Oleh Umsida Press Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2020.

M. Tabrani And H. Priyandaru, “Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website Pada Unl Studio Dengan Menggunakan Framework Codeigniter,” 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Anggoro, T. A., & Cholifah, W. N. (2022). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keluhan dan Pelayanan IT pada PT Wijaya Karya (Persero) TBK. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 2020–2029. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/452