MODEL E-COMMERCE PENJUALAN PAKAIAN BEKAS PADA TOKO VELOCE.THRIFTSHOP BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM

Penulis

  • Oktonato Glavikantara Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur,
  • Humisar Hasugian Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Bullion Dragon Andah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Gandung Triyono Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Content Management System, Search Engine Optimation E-Commerce, Content Management System (CMS) WordPress, Pakaian bekas

Abstrak

Veloce.thriftshop merupakan salah satu unit bisnis yang menjual Dpakaian bekas (second) khususnya yaitu jaket. Toko Veloce.thriftshop ini berada di kota Surabaya yang dibentuk pada tahun 2019. Dalam kegiatan penjualan saat ini toko Veloce.thriftshop membuka toko pada garasi rumah, sehingga mengharuskan calon pembeli harus datang langsung ke toko, dan proses transaksi yang dilakukan hanya secara cash di toko dan menggunakan nota sebagai tanda bukti transaksi. Sistem pencatatan transaksi yang dilakukan saat ini masih menggunakan buku untuk merekap data transaksi penjualan yang dilakukan di toko ataupun order manual yang dilakukan melalui Whatsapp. Selain itu toko Veloce.thriftshop melakukan penjualan dan pemasaran dengan membuka lapak pada event-event tertentu disekitar kota Surabaya seperti CFD, acara motor, dan acara thrift. Dan melakukan pemasaran dengan menggunakan media sosial Instagram dan Whatsapp. Namun hal itu merasa masih kurang maksimal dalam menaikan jumlah penjualan dan menjamah pembeli lebih luas. Untuk mengatasi masalah di atas, maka penulis merasa Veloce.thriftshop membutuhkan sistem penjualan toko online atau E-commerce untuk membantu dalam menaikan jumlah penjualan, promosi produk, serta pembahasan laporan penjualan yang efektif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi literatur. Untuk analisis model bisnis yang digunakan adalah dengan pendekatan Business Canvass Model dengan menggunakan Tools Content Management System (CMS) WordPress dalam penerapan model E-commerce-nya. Untuk implementasi strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan strategi marketing 4P (Place, Product, Price, Promotion) dan teknik Search Engine Optimation (SEO). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem toko online berbasis website pada toko Veloce.thriftshop untuk mempermudah penjualan pada toko dan calon pembeli, serta meningkatkan penjualan dan pemasaran.

Referensi

Aynie, R. Q., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pemasaran electronic word of mouth pada e-commerce dalam menghadapi era digital 4.0 di indonesia. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Manajemen, 17(1), 136–143. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI

Cahyo, W. D., & Triyono, G. (2019). Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) untuk Penjualan Pakaian pada Toko Chipindwear. Idealis, 2(5), 435–441. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/2642

Ismai. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL. Jurnal Tikar, 1(2), 192–206. https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/teknik_informatika/article/download/153/121

Masruri, N. H., & Nihayati, D. A. (2022). Optimasi SEO On-Page pada Long-Tail Keyword untuk meningkatkan Visibilitas Website di dalam SERP. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 6(2), 141. https://doi.org/10.30595/jrst.v6i2.13071

Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7P Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 8(2), 119–127. https://doi.org/10.25157/jmt.v8i2.2669

Paramita, A., Aspiranti, T., & Dwi, H. (2022). Analisis Business Model Canvas Produk Custom ( Studi Pada Atehouse Wedding Hampers Kota Bandung ). 20(4).

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Sonata, F.-. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 22. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1832

Widiyasono, N. (2021). Implementasi Yoast Seo Dan Optimasi Keyword Untuk Meningkatkan Rank Pada Google Search Engine Result Page (Serp). Jurnal Siliwangi, 7(2), 2021.

Zein, A., Eriana, E. S., Farizy, S., & Persada, G. N. (2021). Pembuatan Website CMS (Content Management System) Pada SMK Muhammadiyah Parung Bogor. Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 70–75.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Glavikantara, O., Hasugian, H., Andah, B. D., & Triyono , G. (2023). MODEL E-COMMERCE PENJUALAN PAKAIAN BEKAS PADA TOKO VELOCE.THRIFTSHOP BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 616–624. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/485

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3