PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DEMI MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO SINAR BARU ELEKTRONIK

Penulis

  • Mohammad Hakam Okta Zain Sistem Informasi, Fakultas Tekonologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Ady Widjaja Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Samsinar Samsinar Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Hendri Irawan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

business model canvas (BMC), content management system (CMS), e-commerce, SEO, Toko Sinar Baru Elektronik

Abstrak

Penggunaan Teknologi Informasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita sekarang. Hal ini tidak hanya karena kemudahan yang didapatkan, namun juga karena kecepatan proses dan efisiensi dalam menjalankan berbagai kegiatan. Selain itu, teknologi informasi juga dapat dimanfaatkan dalam ranah perdagangan produk dan jasa. E-Commerce, atau elektronik Niaga, adalah salah satu teknologi yang memungkinkan transaksi jual beli daring antara produsen dan konsumen berkat kemajuan teknologi seperti komputer, laptop dan jaringan internet. Toko Sinar Baru Elektronik adalah toko yang menjual barang elektronik rumah tangga. Semua transaksi yang telah dilakukan selama ini masih berjalan secara manual, sehingga cukup sulit untuk menyimpan dan mengetahui informasi pesanan pelanggan. Selain itu  produk lama yang ada di toko Sinar Baru Elektronik mengalami kesulitan melakukan promosi. Sayangnya media promosi yang digunakan masih menggunakan spanduk, sehingga banyak pelanggan yang tidak bisa mencari informasi terhadap produk yang dijual oleh toko Sinar Baru Elektronik kecuali dengan cara langsung datang ke toko. Untuk memecahkan permasalahan ini, peneliti menggunakan Fishbone Diagram untuk menganalisa masalah, Business Model Canvas (BMC) untuk mempelajari model bisnis, Content Management System (CMS) untuk membuat website, dan Search Engine Optimizer (SEO) untuk meningkatkan citra website. Hasil dari penelitian ini merupakan prototype sebuah website E-Commerce yang dibuat untuk membantu Toko Sinar Baru Elektronik meningkatkan kelancaran bisnisnya. Fitur-fitur terdiri dari penyajian kupon dan diskon, dokumentasi informasi pemesanan, konfirmasi pembayaran, serta implementasi SEO. Diharapkan website ini mampu mengatasi masalah yang dihadapi toko, mempermudah pemilik toko untuk memasarkan produknya, memberikan informasi tentang produk yang dipromosikan, serta meningkatkan jangkauan pelanggan.

Referensi

Romindo et al., E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis, 2019.

T. Selviana and A. Ariesta, “Penerapan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Dan Memperluas Kawasan Pemasaran Pada High Gadget Store,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 307–313, 2020.

A. Ramadhan and L. Fajarita, “Perancangan E-Commerce Dengan Metode Pendekatan Business Model Canvas Pada Toko Surya Agung Elektrik,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., pp. 137–144, 2019.

H. B. Adam and H. Hasugian, “Penerapan Sistem E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Toko Pada Febri Elektronik,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, pp. 176–182, 2019.

A. P. Hasibuan and D. Anubhakti, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System (CMS) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Jhm Herbal,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 157–163, 2020.

I. R. Arief and I. Novita, “Penerapan E-Commerce Untuk Mengoptimalkan Penjualan Pada Toko Gita Giza,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 127–136, 2021.

B. A. Sutrisno and B. C. Putra, “Implementasi CMS Wordpress Pada Jogja Motor Sports Berbasis E-Commerce,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2019.

S. Santosa and H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan CMS Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” J. Bisnis dan Pemasar., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2021.

S. Rahman, Buku Pintar Web Desain dan SEO WordPress 5 PLUS. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.

A. V. P. Putra and D. A. Kurniawati, “Analisis Penyebab Kegagalan Packer Machine Pada Bag Transfer System Dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Dan Fishbone Analysis,” 1st Conf. Ind. Eng. Halal Ind. Progr. Stud. Tek. Ind. Fak. Sains dan Teknol. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019, pp. 125–132, 2019.

E. D. Putra et al., Technopreneurship : Inovasi Bisnis di Era Digital. Pradina Pustaka, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Zain, M. H. O., Widjaja, A., Samsinar, S., & Irawan, H. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DEMI MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO SINAR BARU ELEKTRONIK. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 597–606. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/491

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>