RANCANG BANGUN PROTOTIPE ALAT PEMBERI PAKAN KUCING BERBASIS INTERNET OF THINGS

Penulis

  • Mohammad Reza Fahrezi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Windarto Windarto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Wahyu Pramusinto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

IoT, Pemberi Pakan Kucing, Ultrasonic HC-SR04, modul RTC DS3231, Wemos D1 R1

Abstrak

Ke mana pun dan ke mana pun manusia pergi, mereka sering menjumpai kucing. Kucing biasanya dipelihara sebagai hewan peliharaan oleh manusia. Kucing yang dipelihara sebagai hewan peliharaan perlu dirawat dengan baik, terutama saat memberi makan. Namun ketika pemiliknya pergi dalam waktu yang lama, tidak ada waktu untuk memberi makan kucing peliharaannya secara teratur. Dalam pemberian makan hewan peliharaan dirumahan umumnya masih memakai cara konvensional dalam pemberian makanan pada hewan. Sehingga pada saat penghuni rumah pergi maka harus membutuhkan tenaga manusia untuk pemberian makanan padan hewan dan perawatan lain, juga tidak disediakan waktu pemberian makan yang tepat bagi hewan peliharaan. maka penelitian ini bertujuan untuk membuat prototipe alat pemberi pakan kucing dengan sensor Ultrasonic HS-SR04, modul RTC DS3233, Wemos D1R2 berbasis IoT. Pakan kucing dapat dilacak melalui telegram menggunakan ide Internet of Things (IoT) dan sensor ultrasonik. Diharapkan alat prototipe yang dibuat akan memudahkan semua orang untuk menyediakan makanan kucing peliharaan secara otomatis. sehingga pemilik kucing peliharaan tidak perlu khawatir jika melakukan perjalanan jauh. Selain itu, pengguna akan menerima notifikasi langsung melalui aplikasi Telegram, sehingga tidak perlu mengecek apakah feed sudah terkirim atau belum. Prototipe pengumpan kucing dapat secara otomatis mengeluarkan makanan berdasarkan jadwal berkat hasil berbagai tes, dan pemilik juga dapat melihat berapa banyak makanan yang masih ada di dalam wadah.

Referensi

. Adella, Taufiqurrahman and kaswar, (2020) Sistem Pintu Cerdas Menggunakan Sensor Ultrasonic Berbasis Internet Of Things ISSN:1907-1728.

. Edy Widodo, (2020) Smart Dishfeed Untuk Budi Daya Ikan Air Tawar Berbasis Internet of Things ISSN:2407-3903

. Setiawan, A. 2012, Aplikasi Teknologi Aqua Ponic Pada Budidaya Ikan Air Tawar Untuk Optimalisasi Kapasitas Produksi, Jawa Tengah

. Darmanto and krisma ,(2019) Implementasi Teknologi Lot Untuk Pengontrolan Peralatan Elekronik Rumah Tangga Berbasis Android ISSN:2548-1916.

. Khair Ummul, (2018) Alat Pemberi Makan Kucing Otomasi Berbasis Aruino Uno Pada Pet Shop, Sebatika ISSN:1410-373.

. Fauzi, A (2011). Skripsi, Implementasi strategi sains teknologi masyarakat (STM).

. Harifuzzumar, Arkan and Ghiri Basuki Putra, (2018) Rancangan Dan Impelmentasi Alat Pemberian Pakan Ikan Lele Otomatis Pada Dase Pendederan Berbasis Arduino Dan Palikasi Blynk.

. Kwaar et al, (2020) Rancangan Bangun Aplikasi Pengendali Saluran Air Dalam Rumah Berbasis Internet Of Things ISSN:2301-8402.

. Chamim. 2012. Mikrokontroler Belajar Code Vision AVR Mulai Dari Nol. Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Efendi, (2018) Internet Of Things (Iot) Sistem Pengendali Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile ISSN:2442-4512.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Fahrezi, M. R., Windarto, W., Pramusinto, W., & Ferdiansyah, F. (2023). RANCANG BANGUN PROTOTIPE ALAT PEMBERI PAKAN KUCING BERBASIS INTERNET OF THINGS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 326–334. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/498

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>