PENGEMBANGAN GAME FIRST PERSON SHOOTER TENTANG PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS DESKTOP

Penulis

  • Hafiz Alwi Ubaido Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Sri Mulyati Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Rizky Pradana Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Mohammad Syafrullah Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

unity3D, First Person Shooter, Unity 3D, Permainan, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Game

Abstrak

Sejarah merupakan salah satu bagian penting yang tidak bisa dilupakan atau dipisahkan dari kejadian yang telah terjadi pada suatu negara. Namun semakin berkembangnya teknologi, orang - orang mulai lupa akan sejarah yang telah terjadi. Banyak factor seseorang yang kurang tertarik untuk belajar tentang sejarah dari yang membosankan, merasa kantuk, dan materi yang banyak. Dengan perkembangan teknologi saat ini banyak orang yang lebih tertarik dengan Games dari pada belajar sejarah. Game saat memiliki banyak Genre seperti First Person Shooter (FPS) dan Education. Karena banyak Genre game yang ada dan banyaknya orang yang tertarik bermain game. maka dari itu game menjadi tempat yang baik untuk mengajarkan sejarah Indonesia. Yang salah satu contohnya adalah peristiwa Bandung lautan api pada tanggal 23 Maret 1946. Yang bertujuan untuk menaikan minat belajar dan memberikan pengetahuan sejarah tentang peristiwa Bandung lautan api. Menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dengan hasil presentase kuesioner, 53,3% sangat menarik untuk dimainkan, 40% sangat mudah dimainkan, 66,7% sangat membantu dalam memperkenalkan sejarah Bandung lautan api, 46,7% sangat berjalan dengan baik, 46,7% tombol yang tersedia dapat digunakan tanpa adanya Error, 46,7% tidak membuat komputer menjadi lamban, 46,7% sangat bisa dimainkan diwaktu luang, 53,3% karakter dan map game yang sangat menarik, 53,3% puas bermain game ini dan 46,7% penyajian menu sangat mudah dipahami. Dari hasil pengujian fungsionalitas pada game ini dapat disimpulkan bahwa game dapat berjalan dengan baik tanpa adanya Error. Dan dari kuesioner yang telah diberikan dapat disimpulkan bahwa 80% orang menyukai game ini.

Referensi

Marharjono, “Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon Efforts to Increase Interest and Achievement in History Learning Through Mind Mapping Method in Class X Science 1 Students of SMA,” vol. 4, no. 2, 2019.

Indu Indah Purnomo, “APLIKASI GAME EDUKASI LINGKUNGAN AGEN P VS SAMPAH BERBASIS ANDROID MENGUNAKAN,” vol. 11, no. 2, pp. 86–90, 2020.

A. S. Milak, E. W. Hidayat, and A. P. Aldya, “Penerapan Artificial Intelligence pada Non Player Character Menggunakan Algoritma Collision Avoidance System dan Random Number Generator pada Game 2D ‘Balap Egrang,’” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 5, p. 985, 2020, doi: 10.25126/jtiik.2020711816.

M. F. Nahdah, N. I. Syahputri, and ..., “Game Edukasi Pengenalan Suku Di Sumatera Utara,” SNASTIKOM Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun., 2021, [Online]. Available: http://prosiding.snastikom.com/index.php/SNASTIKOM2020/article/download/102/93

E. Belinda and A. Sutanto, “Gaming Community Arena,” J. Sains, Teknol. Urban, Perancangan, Arsit., vol. 1, no. 2, p. 1819, 2020, doi: 10.24912/stupa.v1i2.4535.

F. M. Adam Nugroho, “Game Peristiwa 10 November 1945 Berbasis Desktop,” J. Informatics Adv. Comput., 2021.

G. W. NINGSIH, “GAME EDUKASI SEJARAH DI INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID,” 2020.

S. Alisyafiq, B. Hardiyana, and R. P. Dhaniawaty, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android,” vol. 5, pp. 135–143, 2021.

P. D. Azarya, P. Pandi, Y. Yohannes, and Y. Yoannita, “Rancang Bangun Edugame ‘History of Shodanco Supriyadi’: Sejarah Perlawanan Pasukan PETA Blitar Terhadap Jepang,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 10–27, 2020, doi: 10.28932/jutisi.v6i1.1979.

F. & M. Y. Ilham Budiman, Sopyan Saori, Ramdan Nurul Anwar, “ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DI BIDANG INDUSTRI MAKANAN,” vol. 1, no. 10, 2021.

R. H. Kuswantoro, “Minat Memainkan Game Edukasi Berbasis Smartphone (Studi Kasus Pada Minat Komunitas Gamer Semarang Memainkan Game Bubble Zoo Collect ),” J. Animat. Games Stud., vol. 4, no. 1, pp. 51–72, 2018, doi: 10.24821/jags.v4i1.2121.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Ubaido, H. A., Mulyati, S., Pradana, R., & Syafrullah, M. (2023). PENGEMBANGAN GAME FIRST PERSON SHOOTER TENTANG PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS DESKTOP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 97–106. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/501