IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO LINDA COLLECTION

Penulis

  • Ahda Abby Hassan Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Ainur Rony Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Yuliazmi Yuliazmi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Bima Cahya Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System, Wordpress, Toko Pakaian, Businelss Modell Canvas

Abstrak

Kita hidup di dunia di mana teknologi memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk memudahkan segala aspek kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teknologi dikembangkan. Dengan cara yang sama kita tidak perlu lagi bertemu langsung untuk membeli atau menjual sesuatu, sekarang kita dapat melakukannya secara elektronik. Saat ini Linda Collection hanya menawarkan pakaian dan asesorisnya secara langsung. Sulit bagi banyak pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang produk Linda Collection terbaru. Selain itu, Linda Collection tidak banyak melakukan pemasaran sehingga tidak ada promosi digital sehingga sulit bagi Linda Collection untuk bersaing dengan toko lain. Selain itu, penjualan konsumen terbatas kemarin akibat pandemi Covid-19 kabarnya, mereka dihentikan. Selain itu, lokasi toko yang berada di desa membuat penjualan produk saat ini tidak meningkat karena pelanggan hanya mengunjungi area toko. Karena toko tersebut belum banyak dikenal oleh masyarakat secara keseluruhan di luar area toko, hal ini menjadi salah satu faktor yang menghambat penjualan untuk meluas ke daerah lain. Website dibangun menggunakan CMS (Content Management System), khususnya WordPress dengan Plugin WooCommerce, untuk mengatasi masalah ini. Internet, hosting, dan domain berfungsi sebagai fondasi untuk situs web ini. Pengembangan website e-commerce berbasis CMS di Linda Collection berpotensi untuk meningkatkan informasi terkait produk serta informasi pemasaran dan penjualan secara online. Tahapan pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, analisis dokumen, dan studi pustaka, tahapan analisis data, analisis sistem dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC), dan penarikan kesimpulan merupakan seluruh komponen metode. Website E-Commerce Toko Linda Collection kemudian dibuat untuk mendongkrak pemasaran, mengurangi penggunaan kertas, dan menurunkan kemungkinan human error.

Referensi

Patrie Hestya., Mahanani Puri Tyas, (2022) ‘Penerapan E-Commerce Untuk Membantu Penjualan pada Toko Hidup Segar’ Fakultas Teknologi Informasi Sistem informasi Universitas Budi luhur 2022.

Muhammad Fadhil, (2020) ‘Membangun E- Commerce Menggunakan Content Management System (CMS) Pada Hana Fashion’, Sistem Informasi Universitas Budi Luhur 2020.

Maulana Dwinata Evan, (2019) ‘Membangun E-Commerce Berbasis Cms (Content Management System) Wordpress Pada Khasanah Hijab Collection’, Sistem Informasi Universitas Budi Luhur, 2019.

Santosa Ilham Muhammad, (2019) ‘Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) pada Toko Nugroho Foam’ Sistem Informasi Budi Luhur 2019.

Wicaksono Ibnu Nur Muhammad, (2021) ‘Merancang Bangun Web E-Commerce Menggunakan Wordpress Studi Kasus Toko Arleuis’ Sistem Informasi Universitas Budi Luhur 2021.

Sugiyanto, Y., Muslihudin, M. And Satria, F. (2018) ‘Sistem Pakar Diagnosis Kualitas Bibit Kambing PE (Peranakan Ettawah) Menggunakan Image Prossesing Berbasis Website’, in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. Yogyakarta: Universitas AMIKOM Yogyakarta, pp. 1-6.

Wahana, A. (2018) ‘Rancang Bangun Marketplace Produk Kewirausahaan Mahasiswa Upy berbasis Content Management System’, Jurnal Dinamika Informatika, 7(1)

Diana Anita., Muhamad Nur Eldo, (2022) ‘Penerapan E-cpmmerce Berbasis Web Dengan Business Model Canvas (BMC) pada Toko Indah Fashion ITC Cempaka Mas’ Fakultas Teknologi Informasi Sistem Informasi Universitas Budi Luhur 2022.

Hastanti, R. P., Purnama, B. E. And Wardati, I. U. (2018) ‘Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) pada Tata Distro Kabupaten Pacitan’, Bianglala Informatika, 49(3), pp. 549-557.

Aristio Septino Cornelius, (2021) ‘Desain User Interface Pada Aplikasi Ecommerce Berbasis Android Menggunakan Metode Kansei Engineering Pada Pt Abadi Makmur Asamirga’ Sistem Informasi Universitas Budi Luhur 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Hassan, A. A., Rony, M. . A., Yuliazmi, Y., & Putra, B. C. (2023). IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO LINDA COLLECTION. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 659–667. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/512

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>