IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM GUNA MENINGKATKAN KINERJA USAHA PADA TOKO GHANI

Penulis

  • Rahmat Akbar Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Bima Cahya Putra Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Yuliazmi Yuliazmi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System, Business Model Canvas, Search Engine Optimization, Toko Ghani

Abstrak

Toko Ghani merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Dalam menjalankan bisnisnya Toko Ghani merasa proses bisnis yang berjalan kurang optimal dikarenakan masih bersifat konvensional seperti pelanggan harus datang langsung ke toko untuk melakukan transaksi. Adapun permasalahan yang terjadi diantaranya jangkauan pemasaran terbatas disebabkan pelanggan hanya menjangkau lingkungan sekitar toko, lalu kesulitan melihat ketersediaan produk karena tidak adanya pencatatan stok produk dan kesulitan melakukan laporan penjualan secara berkala disebabkan kurang lengkapnya catatan transaksi. Dari uraian permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem untuk menunjang dari sisi pemasaran, dokumentasi transaksi serta pembuatan laporan penjualan dengan mengimplementasikan E-Commerce berbasis website. Penelitian ini menggunakan metode Fishbone Diagram untuk identifikasi masalah pada proses bisnis berjalan, Business Model Canvas (BMC) untuk analisa model pengembangan bisnis, Diagram UML untuk perancangan sistem E-Commerce, Content Management System (CMS) Wordpress dan plugin woocommerce untuk pembuatan website model E-Commerce serta menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk memudahkan pencarian produk dan untuk strategi pemasaran promosi menggunakan Marketing Mix 4P. Adanya implementasi website E-Commerce pada Toko Ghani ini memberikan hasil akhir berupa jangkauan pemasaran dapat lebih luas karena pelanggan dapat melihat informasi produk secara online, lalu dokumentasi transaksi juga dapat dilakukan secara otomatis untuk mempermudah dalam mengelola ketersediaan stok produk dan melakukan laporan penjualan secara berkala sehingga kinerja usaha menjadi lebih optimal.

Referensi

S. K. M. K. Al-Khowarizmi and M. P. Muhammad Arifin, Pengantar Teknologi Informasi (Dalam Perkembangan Data Science). umsu press, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=pkNDEAAAQBAJ

F. Ramadhani, Teknologi Open Source. umsu press, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=1rVKEAAAQBAJ

S. K. Tri Rachmadi, The Power Of Digital Marketing. TIGA Ebook, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=RCzyDwAAQBAJ

Faisal, A. Diana, and D. Retno Utari, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman,” 2021.

B. Huda and B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E- Commerce,” 2019.

Y. G. Kumara, A. Diana, and D. Achadiani, “Penerapan E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (CMS) Untuk Memperluas Pemasaran Produk Pada Jtbbekasi,” 2022. [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index

D. Vina Fauzia and Y. Santoso, “Implementasi E-Commerce Berbasis CMS (Content Management System) Wordpress Pada Toko Ina Kusine,” 2019.

Haeruddin and Hendri, “Perancangan Website Company Profile Dan Penjualan Minimarket Best One,” pp. 1127–1131, 2021, [Online]. Available: http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro

B. Haryanto and G. Gata, “Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Sembako Pada Toko Masa Genae Berbasis Object Oriented,” 2019.

M. Ririn Rosyidi and N. Izzah, Pengendalian Kualitas Ikan Bandeng dengan Metode Seven Tools. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani, 2020.

S. D. N. F. T. W. Mesran, Merancang Aplikasi Penjualan dengan Visual Basic. Green Press, 2019. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=RKX7DwAAQBAJ

M. I. K. Nada Arina Romli et al., Marketing 4.0: Konsep dan Implementasinya. Media Sains Indonesia, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=yrJ0EAAAQBAJ

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Akbar, R., Putra, B. C., Samsinar, S., & Yuliazmi, Y. (2023). IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM GUNA MENINGKATKAN KINERJA USAHA PADA TOKO GHANI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 676–685. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/514