IMPLEMENTASI RETAIN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN DI FUKKATSU RAMEN & SUSHI

Penulis

  • I Made Gede Arahman Dewa Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Bruri Trya Sartana Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Hestya Patrie Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Grace Gata Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Electronic Customer Relationship Management, Meningkatkan Pelayanan Restoran, Loyalitas, Fukkatsu Ramen & Sushi

Abstrak

Pelanggan merupakan aset penting bagi perusahaan, oleh karena itu perusahaan harus tahu cara meningkatkan pelayanan mereka terhadap pelanggan supaya pelanggan tetap loyal kepada mereka dan tidak berpindah ke kompetitor. Hal ini dapat diraih dengan cara mengimplementasikan sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Fukkatsu Ramen & Sushi sudah melakukan yang terbaik untuk memberikan pelayanan yang baik untuk para pelanggannya. Masalah yang ada diperusahaan yaitu perushaan masih sulit untuk melakukan evaluasi kerja para staffnya, sulit untuk mempertahankan pelanggannya dan sulit mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Perusahaan juga tidak dapat mengetahui menu apa saja yang banyak disukai para pelanggannya. Penyebabnya yaitu perusahaan tidak memiliki media atau tempat untuk menyimpan keluhan, testimoni dan review menu yang ada di Fukkatsu Ramen & Sushi dari pelanggannya. Hal ini mengakibatkan perusahaan sulit untuk menjaga pelanggannya tetap loyal karena masih minimnya kualitas pelayanan yang ada. Dari masalah di atas, maka  diperlukan implementasi sistem E-CRM dengan tahapan retain yang terdapat fitur-fitur testimoni, keluhan dan review yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan guna mempertahankan para pelanggan. Dengan adanya fitur review dan testimoni akan memudahkan para pelanggannya untuk memberi tanggapan mereka mengenai menu makanan yang ada dan mengenai Fukkatsu Ramen & Sushi itu sendiri. Dan untuk fitur keluhan dapat memudahkan perusahaan untuk mendengarkan dan menanggapi keluhan para pelanggannya, sehingga dapat membuat pelanggan senang dan tetap ingin melakukan transaksi seterusnya di Fukkatsu Ramen & Sushi karena keluhan dan tanggapan mereka didengarkan oleh pihak perusahaan. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk membantu perusahaan untuk meningkatkan pelayanannya dengan maksimal dan dapat mempertahankan pelanggannya untuk tetap loyal.

Referensi

L. Nabil Abdul Aziz and H. Patrie, “Implementasi E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan,” J. IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 383–387, 2019.

K. Yulistina, V. Nababan, D. Hasibuan, and M. Yohanna, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Pada COC Cafe Dengan Menerapkan Customer Relationship Management ( CRM ) Berbasis Mobile,” vol. 2, no. 1, pp. 51–58, 2022.

L. W. I. Sari and D. M. , Noor Azizah, “Implementasi Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Reservasi Restoran Joglo Tiga Putri,” vol. 1 no. 1, pp. 494–499, 2022.

K. KOSWARA and A. Linda, “Perancangan Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Pempek Pak Raden Cabang Radial Palembang,” vol. 2, no. 3, pp. 69–75, 2020.

E. Elizabeth and I. Ismail, “Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis Web Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Laundry Xyz,” J. Inform. dan Komputasi Media Bahasan, Anal. dan Apl., vol. 15, no. 01, pp. 9–15, 2021, doi: 10.56956/jiki.v15i01.84.

S. Fabriani and S. Juanita, “Implementasi Electronic Relationship Management ( E- Crm ) Pada Beauty Karlina Salon Untuk Meningkatkan,” Idealis, vol. 3, pp. 381–385, 2020.

A. Jurnal, K. Brebes, and P. J. Tengah, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei ),” vol. 1, no. 1, pp. 88–95, 2022.

Yulia Isnaini, “Analisis Kepuasan Pelayanan Pelanggan Restoran Shaokao Palembang,” Qual. Serv. Qual. Coustemer Conv., vol. 3, no. 1, pp. 8–13, 2021.

E. M. Budiarti and B. A. Pambudi, “Pengembangan Diagram Ishikawa Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Sekolah,” JDMP (Jurnal Din. Manaj. Pendidikan), vol. 6, no. 2, pp. 149–160, 2022, doi: 10.26740/jdmp.v6n2.p149-160.

M. F. Fadallah and S. Rosyida, “Program Pemesanan Percetakan Berorientasi Objek dengan Pemodelan Unified Modeling Language,” J. Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 7, no. 1, pp. 61–70, 2018, [Online]. Available: https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/1966/Program-Pemesanan-Percetakan-Berorientasi-Objek-dengan-Pemodelan-Unified-Modeling-Language-Susy-Rosyida.pdf

N. A. Maiyendra, “Perancangan Sistem Informasi Promosi Tour Wisata Dan Pemesanan Paket Tour Wisata Daerah Kerinci Jambi Pada Cv. Rinai Berbasis Open Source,” Jursima, vol. 7, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.47024/js.v7i1.164.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Arahman Dewa, I. M. G., Sartana, B. T., Patrie, H., & Gata, G. (2023). IMPLEMENTASI RETAIN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN DI FUKKATSU RAMEN & SUSHI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 686–693. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/523

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>