IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “MALIN KUNDANG: SIMPLE PLATFORM GAME” DENGAN UNITY GAME ENGINE

Penulis

  • Muhammad Yoga Altoofa Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Titin Fatimah Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Dewi Kusumaningsih Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Wahyu Pramusinto Manajemen Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Malin Kundang, Game Engine, Finite State Machine, Simple Platform Game

Abstrak

Game lokal ditujukan untuk memberikan pengenalan terhadap kebudayaan lokal Indonesia melalui sebuah narasi yang terdapat pada game “Malin Kundang: Simple Platform Game”. Tujuan dari pembuatan game ini adalah banyak anak muda zaman sekarang yang tidak begitu mengetahui tentang kebudayaan dan nilai-nilainya maka dari itu mereka harus diajarkan tetapi tidak melewatkan hal-hal yang menarik para anak muda yaitu melewati media digital seperti Game. Tingkat kecanduan bermain game pada anak muda juga menjadi faktor mengapa game ini dibuat sebagai media edukasi pengenalan budaya lokal kepada masyarakat khususnya anak muda. Pada game “Malin Kundang : Simple Platform Game”. untuk mencapai tujuan dari pembuatan game ini akan menggunakan unsur genre Action, Platformer agar dapat menceritakan kebudayaan lokal pada game ini dan untuk menambah ketertarikan bagi pemain. Menurut dari hasil pengujian maka 88,8% dari pemain yang menyimpulkan Game dapat bekerja dengan baik serta fitur-fitur lainnya yang ada digame dapat dibuat dengan baik dan game berfungsi sebagai media pengenalan cerita Malin Kundang.

Referensi

A. Murini Wulandari And R. Purba, “Perancangan Board Game Edukatif Tentang Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar,” J. Fsd, Vol. 2, No. 1, Pp. 163–176, 2021, [Online]. Available: Https://E-Journal.Potensi-Utama.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Fsd/Article/View/1197

Juliana, D. Driyani, And S. Khotijah, “Pengenalan Cerita Rakyat Dan Game Edukasi Untuk Anak Menggunakan Android,” J. Ilm. Inform. Arsit. Dan Lingkung., Vol. 14, No. 2, Pp. 103–110, 2019, [Online]. Available: Http://Jurnal.Pelitabangsa.Ac.Id/Index.Php/Pelitatekno/Article/Download/235/188

A. Badruddin, “Perancangan Dan Implementasi Finite State Machine Pada Game ‘ Castle Of Illusion ,’” Vol. 3, No. 1, Pp. 345–350, 2019.

E. Wahyu, H. #1, A. Nur, R. #2, M. Fauzan, And A. #3, “Jepin (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika) Penerapan Finite State Machine Pada Battle Game Berbasis Augmented Reality,” Vol. 5, No. 1, Pp. 54–61, 2019.

A. T. Ramadan And M. Hardjianto, “Penerapan Finite State Machine Pada Game ‘ Pendekar Cisadane ’ Berbasis Android Application Of Finite State Machine On Android-Based " Pendekar Cisadane " Game,” No. September, Pp. 1065–1072, 2022.

C. Jhon Silalahi, “Pembuatan Game Fps Bertema ‘Dirgantara Zombies’ Menggunakan Unreal Engine 4 Tugas Akhir,” 2020.

E. Yulsilviana And H. Ekawati, “Penerapan Metode Finite State Machine (Fsm) Pada Game Agent Legenda Anak Borneo,” Sebatik, Vol. 23, No. 1, Pp. 116–123, 2019, Doi: 10.46984/Sebatik.V23i1.453.

A. N. Ashari, M. Jajuli, And B. A. Dermawan, “Game Edukasi Anak Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android,” Multinetics, Vol. 6, No. 2, Pp. 99–109, 2020, Doi: 10.32722/Multinetics.V6i2.2817.

M. Budaya, T. Bangsa, B. A. Septa, And A. Saifudin, “Penerapan Algoritma Finite State Machine Pada Game Horror 3d Untuk,” Maret, Vol. 4, No. 1, Pp. 2622–4615, 2019, [Online]. Available: Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Informatika

M. A. Shodikin, “Pembuatan Game ‘ Pentualangan Di Negeri Dongeng ’ Sebagai Media Belajar Dengan Metode Finite State Finite State Machine In The Game " Petualangan Di Negeri Dongeng ",” No. September, Pp. 1219–1226, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Altoofa, M. Y., Fatimah, T., Kusumaningsih, D., & Pramusinto, W. (2023). IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “MALIN KUNDANG: SIMPLE PLATFORM GAME” DENGAN UNITY GAME ENGINE. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 373–380. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/537

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>