PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK LAYANAN PENJUALAN PADA TOKO PUSPA SOUVENIR

Penulis

  • Mukhamat Rifani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Lis Suryadi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Wendi Usino Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Dian Anubhakti Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

E-Commerce, CMS, BMC, SEO, Marketing Mix 4P, Toko Puspa Souvenir

Abstrak

Toko Puspa Souvenir merupakan UMKM yang bergerak dibidang penjualan souvenir. Pada kondisi bisnis saat ini media pemasarannya hanya menggunakan banner yang ada pada toko saja, sehingga produk-produk yang dijual tidak mencakup jangkauan yang luas untuk calon pelanggannya. Begitu juga dengan proses transaksi yang dilakukan oleh toko masih terbilang manual. Untuk melakukan pemesanan dan mengetahui detail informasi produk yang dijual, pelanggan harus datang langsung mengunjungi toko. Pengolahan data penjualan toko saat ini masih belum terkomputerisasi yang mengakibatkan terbatasnya peluang pemasaran dan proses transaksi. Belum terdapatnya media pemasaran secara online menyebabkan informasi tentang keberadaan Toko Puspa Souvenir tidak diketahui banyak orang. Oleh sebab itu, Toko Puspa Souvenir membutuhkan sarana promosi atau pemasaran secara online seperi E-Commerce, tujuannya untuk mendukung layanan penjualan agar dapat melakukan proses transaksi secara online, kapan saja dan dimana saja, memperluas jangkauan pemasaran, serta untuk mengetahui detail informasi laporan-laporan yang diperlukan secara akurat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi literatur. Sedangkan analisis model pengembangan bisnis menggunakan metode Business Model Canvas (BMC), analisis masalah menggunakan model Fishbone Diagram, analisis dan perancangan sistem usulan menggunakan pendekatan Unified Modeling Language (UML), implementasi E-Commerce menggunakan Content Management System (CMS), serta strategi Search Engine Optimization (SEO) dan pemasaran menggunakan strategi mix marketing 4P. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa model E-Commerce bebasis web, dengan dibuatnya fitur-fitur pada website E-Commerce dapat menyelesaikan masalah yang ada pada Toko Puspa Souvenir, serta pengujian performa website menggunakan Google Search Console dengan nilai Average Position = 8,3 dan pengujian SEO yang dilakukan muncul di halaman kedua pencarian Google. Sehingga mampu untuk memperluas jangkauan pemasaran dan memberi kemudahan dalam mengakses informasi untuk calon pelanggannya, serta dapat mendukung layanan penjualan pada Toko Puspa Souvenir.

Referensi

D. Pranitasari and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 18, no. 02, pp. 12–31, 2021, doi: https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.438.

E. Murni, D. Diniati, Mustakim, I. Kusumanto, and Anwardi, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Website E-Commerce Dalam Bisnis Bakery Upaya Meningkatkan Penjualan Dan Pemasaran Menggunakan Metode Waterfall Pada Pabrik Prima Sari Bakery,” J. Rekayasa Sist. dan Ind., vol. 7, no. 2, pp. 120–124, 2020, doi: https://doi.org/10.25124/jrsi.v7i2.406.

P. Hendriyati and A. Yusta, “Implementasi Aplikasi E-Commerce Berbasis Web,” JURSIMA (Jurnal Sist. Inf. dan Manajemen), vol. 9, no. 1, pp. 40–48, 2021, doi: https://doi.org/10.47024/js.v9i1.232.

E. Yanuarti, P. Romadiana, and Kiswanto, “Model Web E-Commerce Guna Memperluas Pemasaran Produk Furniture,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 166–172, 2021, doi: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6903.

A. Zubaidi, R. Mahardiko, and F. D. R. Sari, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Box dan Tempat Seserahan Di ‘F’ Production Sruweng Berbasis Web dengan Framework Codeigniter,” JASATEC J. Students Automotive, Electron. Comput., vol. 1, no. 2, pp. 82–90, 2021, doi: https://doi.org/10.37339/jasatec.v1i2.759.

D. A. Afriansyah, D. Setiawati, and A. R. Bahtiar, “Rancang Bangun Website E-commerce di Toko Sean Shoes Menggunakan Metode Rapid Application Development,” JITU J. Inform. Technol. Commun., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: https://doi.org/10.36596/jitu.v6i1.634.

T. Turbudi and A. U. Hamdani, “Penerapan Model E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Kerajinan Tangan,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 19–29, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2877.

F. Ristia, A. Diana, and A. Ariesta, “Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Distro Betawi Boys,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2867.

T. B. Kurniawan and Syarifuddin, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Pada Cafetaria No Caffe Di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemograman PHP Dan MySQL,” J. TIKAR, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020.

P. Surya, “Perancangan Aplikasi E-Journal On-Line Lppm Universitas Borobudur Menggunakan CMS OJS,” JUPITER-Jurnal Penerapan Ilmu-Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2017.

D. Riandika and A. U. Hamdani, “Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 3, p. 785, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2242.

Sunarsasi and N. R. Hartono, “Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Blitar (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi),” J. TRANSLITERA, vol. 9, no. 1, pp. 22–31, 2020, doi: https://doi.org/10.35457/translitera.v9i1.928.

Y. K. Sakti, I. A. S. W, and D. Zuhroh, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Tehambatnya Perkembangan Umkm Sentra Ikan Bulak ( SIB ) Kenjeran Dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, pp. 92–99, 2020.

P. I. Permatasari and Masruchin, “Analisa Proses Bisnis Dan Model Bisnis Pada Platform E-Commerce Syariah Salamin.Id,” J. Rumpun Ekon. Syariah, vol. 5, no. 1, pp. 171–180, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Rifani, M., Suryadi, L., Usino, W., & Anubhakti, D. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK LAYANAN PENJUALAN PADA TOKO PUSPA SOUVENIR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 694–703. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/542

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4