RANCANG BANGUN ROBOT PEMADAM KEBAKARAN OTOMATIS DENGAN SMARTPHONE MENGGUNAKAN ESP32CAM

Penulis

  • Farel Kaharsyah Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Purwanto Purwanto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Imelda Imelda Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Subandi Subandi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

ESP32CAM, Rancang Bangun, IoT, Robot Pemadam Kebakaran Otomatis, Internet of Things

Abstrak

- Saat ini teknologi telah berkembang pesat dimulai dari penggunaan teknologi untuk dalam kehidupan sehari-hari yang bermanfaat untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi, membutuhkan tenaga besar, pekerjaan yang berulang, dan pekerjaan yang berbahaya sampai dengan terciptanya robot yang dikembangkan dengan berbagai desain dengan tujuan tertentu salah satunya adalah robot pemadam api. Dalam salah satu perkembangan teknologi pada robot, robot telah dikembangkan untuk dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan yang bahkan rumit serta berbahaya dan memerlukan ketelitian diperlukan dalam menangani masalah yang dihadapi. Masalah yang sering dihadapi petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan api ketika melewati bangunan yang strukturnya sulit dijangkau dan dapat membahayakan nyawa petugas sendiri juga ketika kebakaran besar petugas tidak dapat mendekati area kebakaran, Penelitian ini bertujuan merancang bangun robot pemadam kebakaran otomatis dengan smartphone menggunakan ESP32CAM untuk membantu petugas kebakaran setempat yang masih menggunakan cara konvesional untuk menangani api pada kebakaran yaitu dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IOT) sebagai sarana untuk mengontrol robot dari jarak jauh melalui jaringan wireless LAN dengan interface berbasis web dan melakukan penyemprotan air menggunakan pompa mini. Hasil pengujian terhadap proses controlling robot dapat berhasil dengan baik dengan waktu tunda (delay) berkisar antar 0 sampai 3 detik tergantung pada kecepatan jaringan wireless dengan pompa penyemprotan air dapat menjangkau sejauh maksimal 3 meter. Dari hasil percobaan sensor flame dapat mendeteksi api dalam radius 20 cm dan pompa mini menghabiskan air sebanyak 60 ml dalam waktu 5 detik.

Referensi

D. Mayang, P. Wani, and W. Ambia, “Strategi Pengawasan Keimigrasian Serta Peran Hukum Keimigrasian Dalam Menghadapi Ancaman Kedaulatan Negara Di Indonesia,” Jurnal Sains Riset, vol. 11, no. 1, 2021, doi: 10.47647/jsr.v11i1.398.

Muhaimin Ali, “Rancang Bangun Robot Pemadam Api Otomatis Menggunakan Sistem Pneumatik Berbasis Mikrokontroller ATmega 32,” Jurnal Litek, vol. 8, no. 1, 2021.

M. L. S. S. M. S. J. S. Sahat Parulian, “Desain Pengendali Sensor Jarak Pada Robot Mobil Dengan Penghalang Tidak Diketahui,” ELPOTECS Jurnal, vol. 3, no. 2, 2020.

A. Nurdianto, D. Notosudjono, and H. Soebagia, “Rancang bangun sistem peringatan dini banjir (early warning system) terintegrasi internet of things,” Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Teknik Elektro, vol. 01, no. 1, 2018.

M. F. Wicaksono and M. D. Rahmatya, “Implementasi Arduino dan ESP32 CAM untuk Smart Home,” Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 10, no. 1, 2020, doi: 10.34010/jati.v10i1.2836.

L. Fikriyah and A. Rohmanu, “Sistem Kontrol Pendingin Ruangan Menggunakan Arduino Web Server Dan Embedded Fuzzy Logic Di Pt. Inoac Polytechno Indonesia,” Jurnal Informatika SIMANTIK, vol. 3, no. 1, 2018.

M. Royhan, “m Pemasangan Lampu penerangan di Ruang dengan Sensor Passive Infrared Receiver (PIR) terintegrasi Arduino,” Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.52661/j_ict.v2i2.54.

A. Satriady, W. Alamsyah, H. I. Saad, and S. Hidayat, “Pengujian Pengaruh Luas Elektroda Terhadap Karakteristik Baterai LiFePO4,” Jurnal Material dan Energi Indonesia, vol. 6, no. 02, 2016.

A. Mubarok, I. Sofyan, A. A. Rismayadi, and I. Najiyah, “Sistem Keamanan Rumah Menggunakan RFID, Sensor PIR dan Modul GSM Berbasis Mikrokontroler,” Jurnal Informatika, vol. 5, no. 1, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i1.2734.

R. Fahyurisandi and I. Neforawati, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Pintu Gudang PT XYZ Berbasis Android Menggunakan Perangkat SIM800l dan Mikrokontroler AT Mega 328p,” MULTINETICS, vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.32722/multinetics.v5i1.2793.

Y. N. I. Fathulrohman and M. K. Asep Saepuloh, ST., “Alat Monitoring Suhu Dan Kelembaban Menggunakan Arduino Uno,” Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika, vol. 02, no. 01, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Kaharsyah, F., Purwanto, P., Imelda, I., & Subandi, S. (2023). RANCANG BANGUN ROBOT PEMADAM KEBAKARAN OTOMATIS DENGAN SMARTPHONE MENGGUNAKAN ESP32CAM. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 416–424. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/558

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>