MENGEMBANGKAN E-CRM DENGAN METODE FRAMEWORK OF DYNAMIC DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 CIWARU

Penulis

  • Niken Nur Adiati Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Perpustakaan, Customer Relationship Management (CRM)), Enhance, Framework of Dynamic

Abstrak

Perpustakaan merupakan bagian yang erat kaitannya dengan sekolah. Dimana perpustakaan merupakan sarana penyediaan bahan bacaan untuk menunjang pembelajaran. Dalam hal ini, tidak hanya siswa yang membutuhkan perpustakaan, tetapi guru, siswa, dosen dan masyarakat sangat membutuhkan perpustakaan untuk mendukung kebutuhan akan literatur pendukung pembelajaran. SMA Negeri 1 Ciwaru, sekolah menengah atas yang sudah menggunakan perpustakaan untuk mendukung pembelajaran, permasalahan yang dihadapi sekolah ini yaitu pelayanan yang kurang maksimal dikarenakan masih belum memiliki sistem perpustakaan yang digunakan untuk berbagai transaksi termasuk proses peminjaman dan pembuatan laporan oleh pustakawan. Sehingga diperlukan sistem yang terkomputerisasi untuk mendukung proses tersebut. Penelitian ini merancang website dengan menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM) dengan metode Framework of Dynamic yang menjelaskan langkah-langkah dalam membangun sistem e-CRM. Dalam penelitian ini membahas 1 tahapan CRM yaitu Enhance atau upaya dalam meningkatkan pelayanan. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Pemodelan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dan desain berorientasi objek dengan menggunakan model Unified Modelling Language (UML). Sistem e-CRM ini dibangun dengan menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) sebagai bahasa pemrograman dan database MySQL. Dari hasil penelitian ini dikembangkan sistem e-CRM berbasis website sehingga menghasilkan model e-CRM yang dapat membantu dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan SMA Negeri 1 Ciwaru antara lain fitur peminjaman, pengembalian, donasi buku, booking buku, request buku, fitur pembuatan laporan dan penanganan komplain yang dapat membangun hubungan yang baik antara pihak sekolah dengan siswa-siswi SMA Negeri 1 Ciwaru.

Referensi

Kamaludin, “Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Citra Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia” perpustakaan.upi.edu, hal. 1–3, 2018.

D. K. Sawlani, I. Gautama, A. Furinto, dan M. Hamsal, Competitive Advantage: e-CRM, Project Innovation, Project Organizational Culture, Dynamic Capabilities. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.

S. Erniwati dan Z. Zaeniah, “Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (e-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital SMAN 1 Sakra,” Explore, vol. 10, no. 1, hal. 70, 2020, doi: 10.35200/explore.v10i1.365.

N. Muslihah, I. Fahmi, A. R. Maulidiana, dan I. Y. Habibie, Prinsip dan Aplikasi Metodologi Penelitian Gizi. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2021.

B. F. Rahmawati dan S. Amar, Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Selong: Universitas Hamzanwadi Press, 2020.

C. Corry, Simarmata, dan U. Napitu, Fenomena dan Makna Pembangunan Tugu dalam Kehidupan Suku Batak Toba (Studi Kasus di Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir). Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

U. Rahmi, Dokumentasi Keperawatan. Bandung: Bumi Medika, 2022.

N. A. Maiyendra, “Perancangan Sistem Informasi Promosi Tour Wisata Dan Pemesanan Paket Tour Wisata Daerah Kerinci Jambi Pada Cv. Rinai Berbasis Open Source,” Jursima, vol. 7, no. 1, hal. 1, 2019, doi: 10.47024/js.v7i1.164.

S. Mulyani dan A. Sis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Bandung: Abdi Sistematika, 2017.

M. Alda, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Banten: Media Sains Indonesia, 2021.

G. Blokdyk, Fishbone Diagram a Complete Guide - 2019 Edition. Queensland: Emereo Pty Limited, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Nur Adiati, N., & Irawan, H. (2023). MENGEMBANGKAN E-CRM DENGAN METODE FRAMEWORK OF DYNAMIC DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 CIWARU. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 726–734. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/590