PENERAPAN E-COMMERCE PADA TOKO AL BAKRI PERFUME BROS MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)

Penulis

  • Alfiandi Alfiandi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Bima Cahya Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Lis Suryadi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System, Business Model Canvas, Search Engine Optimation

Abstrak

Al Bakri Perfume Bros merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang usaha yang menjual parfum. Proses bisnis pada toko Al Bakri Perfume Bros masih belum maksimal, dalam menjalankan bisnisnya Al Bakri Perfume Bros hanya memanfaatkan toko offline, media Instagram, dan WhatsApp untuk menjual produknya. Persoalan penjualan secara langsung berkaitan dengan ruang lingkup dan waktu yang terbatas. Berdasarkan permasalahan yang ada memberikan solusi melalui Penerapan E-Commerce pada Toko Al Bakri Perfume Bros Menggunakan Content Management System (CMS) yang bertujuan untuk memudahkan proses penjualan dalam menjalankan bisnisnya. Adapun tahapan pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisa dokumen, wawancara, pengamatan dan studi pustaka. Dengan menggunakan metode Business Model Canvas dapat membantu untuk proses analisis bisnis dan mempercepat mengembangkan ide bisnis yang baru untuk menyusun strategi bisnis dengan cepat. Fokus penelitian ini adalah pada penyediaan informasi produk secara online dan penjualan produk kepada konsumen. Pemilik bisnis juga dapat dengan mudah mengelola penjualan dan melihat laporan penjualan. Pengoptimalkan Search Engine Optimization pada website juga bisa membantu memasarkan produk menjadi lebih luas. Ditambah dengan adanya strategi pemasaran melalui media social Instagram dan juga diskon atau promo yang terdapat pada website Al Bakri Perfume Bros.

Referensi

M. Pradana, “Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia,” Modus, Vol. 27, No. 2, P. 163, 2017, Doi: 10.24002/Modus.V27i2.554.

A. S. Himawan, Asep Saefullah, “Business-To-Customer (B2c),” Anal. Dan Peranc. Sist. Inf. Penjualan Online Pada Cv Selaras Batik Menggunakan Anal. Deskriptif, Vol. 1, No. 1, P. 57, 2018.

R. Rachman Andi, Beny, And E. Fernando, “Perancangan E-Commerce Berbasis Website Pada Toko Dunia Palembang,” J. Ilm. Process., Vol. 12, No. 2, Pp. 1102–1117, 2017, [Online]. Available: Https://Scholar.Google.Com/Scholar?Hl=Id&As_Sdt=0%2c5&Q=Perancangan+E-Commerce+Berbasis+Website+Pada+Toko+Mirabella+Batik+Jambi+Andi&Btng=

F. R. Padillah Et Al., “Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas ( Bmc ) Menggunakan Content Management System ( Cms ) Untuk Meningkatkan Penjualan,” Vol. 5, Pp. 30–39, 2022.

F. Annas Susanto, T. Herlambang, M. Bayu, And F. Yudianto, “Sistem Informasi Penjualan Pewangi Pakaian Berbasis Website Di Toko Parfum Rika Utami Bangil,” Remik, Vol. 6, No. 3, Pp. 399–407, 2022, Doi: 10.33395/Remik.V6i3.11559.

A. Ishaq, I. Maryani, And Anuri, “Sistem Informasi Penjualan Parfume Berbasis Web Pada Toko La Coga Parfume,” Simp. Nas. Ilmu Pengetah. Dan Teknol., Pp. 2–5, 2017, [Online]. Available: Http://Seminar.Bsi.Ac.Id/Simnasiptek/Index.Php/Simnasiptek-2017/Article/View/148/148

F. Alfiah Et Al., “Perancangan Sistem E – Commerce Untuk Penjualan Pakaian Pada Toko A & S,” Vol. 6, No. 1, Pp. 70–81, 2020.

I. R. Arief And I. Novita, “Penerapan E-Commerce Untuk Mengoptimalkan,” Vol. 4, Pp. 127–136, 2021.

H. Agustin, “Sistem Informasi Manajemen Menurut Prespektif Islam,” J. Tabarru’ Islam. Bank. Financ., Vol. 1, No. 1, Pp. 63–70, 2018, Doi: 10.25299/Jtb.2018.

H. Dharmawan, P. Studi, N. Diploma, And P. I. Pelayaran, “Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Terapan Pelayaran Pada Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang Oleh,” 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Alfiandi, A., Cahya Putra , B., Suryadi, L., & Li Hin, L. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE PADA TOKO AL BAKRI PERFUME BROS MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 825–834. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/625