Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System Untuk Menunjang Penjualan Produk Pada Konveksi XYZ

Penulis

  • Rahma Putri Purnamasari Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

konveksi, e-commerce, business model canvas, content management system, search engine optimization, marketing mix 4p

Abstrak

Penerapan teknologi informasi pada kegiatan sehari-hari merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan pada masa ini. Dengan manfaat seperti mempermudah pekerjaan, mempercepat proses dan membantu kegiatan menjadi lebih efektif serta efisien, tentu saja memungkinkan teknologi informasi untuk diterapkan pada bidang usaha perdagangan produk dan jasa. E-Commerce atau Electronic Commerce merupakan salah satu teknologi informasi berupa proses jual beli daring yang dilakukan antara produsen dan konsumen dengan bantuan teknologi seperti komputer atau laptop dan jaringan internet. Konveksi XYZ merupakan usaha yang bergerak dibidang jasa konveksi yang terletak di Cipadu, Tangerang. Pandemi Covid-19 yang berlangsung dari 2 tahun lalu mengakibatkan kondisi keuangan usaha menjadi menurun dikarenakan kurangnya pembeli. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemasaran  dan promosi yang dilakukan serta sulitnya mengetahui informasi barang yang ada. Selain itu, kurangnya penerapan teknologi informasi yang dapat mempermudah kegiatan usaha seperti proses pencatatan, penyimpanan, dan pembuatan laporan penjualan, pengiriman dan sebagainya dapat membuat terjadinya kesalahan dalam data transaksi dan ketidak lengkapan informasi penjualan. Berdasarkan hal tersebut, penulis melakukan penenlitian untuk memberikan solusi terhadap permasalah yang terjadi di konveksi XYZ. Dengan menggunakan metodelogi Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa model bisnis, Fishbone diagram untuk menganalisa masalah, Content Management System (CMS) untuk pembuatan website serta Search Engine Optimizer (SEO) dan Marketing Mix 4P untuk strategi pemasaran dan promosi.  Penelitian ini memberikan hasil akhir berupa prototipe website E-Commerce yang dapat menunjang penjualan produk pada konveksi XYZ dengan fitur penyajian kupon dan diskon, fitur pendokumentasian informasi pemesanan, konfirmasi pembayaran dengan 3 digit kode unik pada total pembayaran, dan penerapan SEO.

Referensi

A. L. Kusumatrisna, N. A. Rozama, A. Syakilah, V. C. Wulandari, R. Untari, and T. Sutarsih, Statistik E-Commerce 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2020.

M. Nurdin and A. Diana, “Perancangan E-Commerce Berbasis Web Menggunakan Business Model Canvas Dan Content Management System Pada the 3 Angle Corp,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 147–156, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i2.2844.

R. Afandi and D. Anubhakti, “Analisa dan Perancangan E-Commerce Pada Rahmatika Digital Printing,” J. Idealis, vol. 2, no. 3, pp. 62–68, 2019.

A. Guntoro and G. Triyono, “Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Konveksi Gamis Tawakal,” Idealis, vol. 5, no. 2, pp. 16–22, 2019.

A. U. Hamdani and R. L. Mubarak, “Model E-Commerce Dengan Metode Web Engineering Method Untuk Menunjang Pemasaran Produk Pada Xyz Pet Shop,” Pros. SENDI_U 2019, no. 1, pp. 978–979, 2019.

Z. Nisa et al., “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Helm Dengan Business Model Canvas ( BMC ) Pada Toko Nevan Helmet,” Idealis, pp. 411–416, 2020.

D. Saputra et al., “Penerapan Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Menggunakan Content Management System ( CMS ) Studi Kasus Toko Alfian,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, pp. 153–159, 2019.

F. Ramadhani, Teknologi Open Source. Medan: Umsu Press, 2021.

S. Rahman, Buku Pintar Web Desain dan SEO WordPress 5 PLUS. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.

B. Muhamed, W. Mokadem, and M. M. Abdeldayem, “Business Model Canvas ( BMC ) as a tool of Planning and Implementing Entrepreneurial Projects : A Case Study of Google Business Model Canvas,” vol. 9, no. 5, pp. 1245–1260, 2021.

H. L. Hakim and A. Ariesta, “Analisa Dan Rancangan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Umi Collection,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 64–71, 2019.

R. Pitriyani, G. Triyono, and S. Y. Nugroho, “Pengembangan Model Sistem E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (CMS),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2818.

R. N. Fakhrurozi, A. Kusumawati, and K. Raharjo, “The Effect of Marketing Mix for E-Commerce on Customer Online Behaviour: a Study on Language Services Provider,” Eurasia Econ. Bus., vol. 13, no. 7, pp. 3–16, 2018, doi: 10.18551/econeurasia.2018-07.01.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Purnamasari, R. P., & Hamdani, A. U. (2022). Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System Untuk Menunjang Penjualan Produk Pada Konveksi XYZ. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1353–1362. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/65

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>