PENERAPAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DALAM ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP APLIKASI M-TIX 21 CINEPLEX

Penulis

  • Reza Nur Rahman Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Yuliazmi Yuliazmi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Ady widjaja Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Rusdah Rusdah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Text Mining, Naïve Bayes, Analisis Sentimen, Aplikasi M-Tix 21, Twitter, Penambangan Data

Abstrak

M-Tix merupakan layanan pembelian tiket bioskop dari 21 Cineplex yang dimana ini merupakan layanan jarak jauh yang membuat konsumen membeli tiket bioskop tanpa harus mengantri dan dapat dilakukan dimana saja. Pada penelitian ini penulis bermaksud menganalisis sentimen terhadap M-tix 21 Cineplex. Lalu dijadikan sebagai bahan identifikasi opini negatif dan positif dengan menggunakan algoritma naïve bayes untuk mengetahui performa pelayanan dari aplikasi M-tix 21 Cineplex.  Peneliti juga menggunakan CRISP-DM (Cross-Industry Standard Process for Data Mining) sebagai metode pengolahan data serta menggunakan aplikasi rapidminer untuk mendapatkan, mengolah dan menghasilkan klasifikasi positif dan negatif. Dalam penelitian ini mengambil 749 tweet yang membahas tentang M-tix 21 Cineplex pada media Twitter dengan menggunakan keyword “Mtix”. Hasil dari analisis komparasi algoritma klasifikasi data mining yaitu KNN (K-Nearest Neighbor) dan Naïve Bayes menghasilkan Naïve Bayes menghasilkan nilai uji AUC (Area Under Curve) dan akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan K-Nearest Neighbor yang menjadikan Naïve Bayes sebagai model terbaik untuk penelitian ini.  Hasil dari penelitian ini menghasilkan nilai sentiment positif sebanyak 59% dan negatif sejumlah 41%. Accuracy tertinggi yaitu 65.29%, yang dihasilkan dengan pemodelan menggunakan algoritma Naïve Bayes yang menggunakan perbandingan 80:20 untuk data training dan data testing.

Referensi

D. Yordan Sihombing and Y. Nataliani, “SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Analisis Interaksi Pengguna Twitter pada Strategi Pengadaan Barang Menggunakan Social Network Analysis,” 2021. [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

A. J. Syahid and D. Mahdiana, “Terakreditasi ‘Peringkat 4 (Sinta 4)’ oleh Kemenristekdikti Perbandingan Algoritma Untuk Klasifikasi Analisis Sentimen Terhadap Genose Pada Media Sosial Twitter,” semanTIK, vol. 7, no. 1, pp. 1–5, 2021, doi: 10.5281/zenodo.5034916.

Y. Fairnando Augusto, A. Rachmadi, and A. D. Herlambang, “Analisis Kesuksesan Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Bioskop M-Tix Cinema 21 Berdasarkan Perspektif Pengguna di Kota Malang Menggunakan Pendekatan Delone and McLean Success Model,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. Nabillah, S. Alam, and M. G. Resmi, “Twitter User Sentiment Analysis Of TIX ID Applications Using Support Vector Machine Algorithm,” 2022.

P. Maulana, “Text Network Analysis Terhadap Layanan Smartfren Pada Media Sosial Twitter,” 2022.

Y. B. Widodo, S. A. Anggraeini, and T. Sutabri, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Diabetes Berbasis Web Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 7, no. 1, pp. 112–123, Mar. 2021, doi: 10.37012/jtik.v7i1.507.

K. Sihotang and R. Ghaniy, “Penerapan Metode Naïve Bayes Classifier Untuk Penentuan Topik Tugas Akhir Pada Website Perpustakaan STIKOM Binaniaga,” Jurnal Ilmiah Teknologi-Informasi dan Sains (TeknoIS), vol. 9, pp. 63–72, 2019.

A.- Arini, L. K. Wardhani, and D.- Octaviano, “Perbandingan Seleksi Fitur Term Frequency & Tri-Gram Character Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier (Nbc) Pada Tweet Hashtag #2019gantipresiden,” KILAT, vol. 9, no. 1, pp. 103–114, Apr. 2020, doi: 10.33322/kilat.v9i1.878.

M. F. Rifai, H. Jatnika, and B. Valentino, “Penerapan Algoritma Naïve Bayes Pada Sistem Prediksi Tingkat Kelulusan Peserta Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS),” PETIR, vol. 12, no. 2, pp. 131–144, Sep. 2019, doi: 10.33322/petir.v12i2.471.

W. Astuti, E. Firasari, F. Lia Dwi Cahyanti, F. Sarasati, B. Digital, and S. Informasi, “Maret 2022 | Techno Nusa Mandiri,” Journal of Computing and Information Technology As an Accredited Journal Rank, vol. 19, no. 1, pp. 15–21, 2022, doi: 10.33480/techno.v19i1.2980.

H. A. D. Rani, “Optimasi Particle Swarm Optimization Pada Naïve Bayes Untuk Prediksi Kondisi Kelahiran Bayi,” Jurnal Dialektika Informatika (Detika), vol. 2, no. 1, pp. 28–33, Dec. 2021, doi: 10.24176/detika.v2i1.6964.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Rahman, R. N., Yuliazmi, Y., widjaja, A., & Rusdah, R. (2023). PENERAPAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DALAM ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP APLIKASI M-TIX 21 CINEPLEX. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 277–286. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/683

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>