ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA MEGA PERKASA COMPUTER

Penulis

  • Muhammad Wildan Muttaqien Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Ady widjaja Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Grace Gata Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Muhammad Ainur Rony Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

E-Commerce, CMS, BMC, SEO, Strategi Mix Marketing 4P, Toko Mega Perkasa Computer, CMS WordPress, Business Model Canvas (BMC)

Abstrak

Toko Mega Perkasa Computer merupakan UMKM yang bergerak dibidang penjualan komputer dan aksesoris komputer, yang pada saat ini memiliki masalah yaitu, media pemasarannya hanya menggunakan banner yang ada  di toko saja, sehingga produk-produk yang terjual tidak menjangkau wilayah yang luas untuk proses transaksi masih terbilang manual. Pemesanan dan mengetahui detail informasi produk harus datang langsung ke toko. Pengolahan data transaksi penjualan belum terkomputerisasi, belum memiliki media pemasaran online. Berdasarkan masalah tersebut maka pada penelitian ini mengusulkan Analisis dan Perancangan E-Commerce. Tujuan penelitian ini adalah mendukung proses layanan penjualan pada toko Mega Perkasa Computer agar dapat melakukan proses transaksi secara online, kapan saja dan dimana saja, memperluas jangkauan pemasaran, serta untuk mengetahui detail informasi laporan-laporan yang diperlukan secara akurat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis bisnis dengan Business Model Canvas (BMC). Implementasi E-Commerce menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress, serta strategi Search Engine Optimization (SEO) dan pemasaran menggunakan strategi mix marketing 4P. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan model E-Commerce bebasis web dapat menyelesaikan masalah yang ada pada Toko Mega Perkasa Computer, serta pengujian SEO yang dilakukan tampil dihalaman kedua pencarian Google sehingga dengan munculnya hasil pencarian tersebut maka kesempatan untuk mendapatkan order atau pesanan pelanggan lebih tinggi.

Referensi

D. Pranitasari and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 18, no. 02, pp. 12–31, 2021, doi: https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.438.

E. Murni, D. Diniati, Mustakim, I. Kusumanto, and Anwardi, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Website E-Commerce Dalam Bisnis Bakery Upaya Meningkatkan Penjualan Dan Pemasaran Menggunakan Metode Waterfall Pada Pabrik Prima Sari Bakery,” J. Rekayasa Sist. dan Ind., vol. 7, no. 2, pp. 120–124, 2020, doi: https://doi.org/10.25124/jrsi.v7i2.406.

P. Hendriyati and A. Yusta, “Implementasi Aplikasi E-Commerce Berbasis Web,” JURSIMA (Jurnal Sist. Inf. dan Manajemen), vol. 9, no. 1, pp. 40–48, 2021, doi: https://doi.org/10.47024/js.v9i1.232.

E. Yanuarti, P. Romadiana, and Kiswanto, “Model Web E-Commerce Guna Memperluas Pemasaran Produk Furniture,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 166–172, 2021, doi: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6903.

A. Zubaidi, R. Mahardiko, and F. D. R. Sari, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Box Dan Tempat Seserahan Di ‘F’ Production Sruweng Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter,” JASATEC J. Students Automotive, Electron. Comput., vol. 1, no. 2, pp. 82–90, 2021, doi: https://doi.org/10.37339/jasatec.v1i2.759.

D. A. Afriansyah, D. Setiawati, and A. R. Bahtiar, “Rancang Bangun Website E-commerce di Toko Sean Shoes Menggunakan Metode Rapid Application Development,” JITU J. Inform. Technol. Commun., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: https://doi.org/10.36596/jitu.v6i1.634.

Y. K. Sakti, I. A. S. W, and D. Zuhroh, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Tehambatnya Perkembangan Umkm Sentra Ikan Bulak ( SIB ) Kenjeran Dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, pp. 92–99, 2020.

F. Ristia, A. Diana, and A. Ariesta, “Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Distro Betawi Boys,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2867.

D. Riandika and A. U. Hamdani, “Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 3, p. 785, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2242.

Sunarsasi and N. R. Hartono, “Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Blitar (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi),” J. TRANSLITERA, vol. 9, no. 1, pp. 22–31, 2020, doi: https://doi.org/10.35457/translitera.v9i1.928.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Muttaqien, M. W., widjaja, A., Gata, G., & Rony, M. A. (2023). ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA MEGA PERKASA COMPUTER. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 962–970. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/689

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>