Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System Pada Toko Peralatan Komputer Neotech

Penulis

  • Arif Gunawan Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, neotech, content management system, wordpress, mysql, komputer

Abstrak

Dalam penelitian ini bertujuan merancang sebuah sistem informasi berbasis E-Commerce pada toko peralatan komputer Neotech untuk meningkatkan dan mengembangkan intensitas penjualan. Dengan implementasi dan perancangan sebuah website E-Commerce pada toko komputer Neotech, diharapkan akan meningkatkan jangkauan dan relasi penjualan toko, memberi kemudahan calon pembeli untuk bisa mengakses produk yang ingin dibeli, dan toko peralatan komputer Neotech mampu menaikan kurva penjualan serta dapat bersaing diera modern seperti sekarang ini. Dalam proses implementasi E-Commerce menggunakan CMS (Content Management System) WordPress yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL untuk database. Pada proses pembuatan analisa dan perancangan ini diawali  dengan mengumpulkan data yang mana akan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan proses bisnis berjalan yang diperoleh dalam pengumpulan data , kemudian diubah menjadi proses bisnis usulan yang menghasilkan rancangan E-Commerce  berbasis web. Pada proses pengembangan E-Commerce ini menggunakan metode Business Modeling Canvas (BMC) untuk proses mengidentifikasi dan proses mengevaluasi model bisnis, menggunakan Unified Modeling Language (UML) dengan menyertakan activity diagram untuk penjelasan proses bisnis berjalan dan usulan, dan menggunakan use case diagram untuk menganalisa kebutuhan sistem yang akan dibutuhkan.

Referensi

M. E. Kala and S. Samsinar, “Implementasi E-Commerce Pada Website Berbasis Cms Di Escape Coffee,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 443–448, 2020.

Ratih and A. Diana Sukma, “Implementasi E-Commerce Menggunakan CMS WordPress Pada UMK Organik Hebat,” J. Teknol. dan Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 98–109, 2021.

R. P. Adi and G. Triyono, “Pemodelan E-Commerce Berbasis Web Menggunakan,” vol. 4, pp. 187–196, 2021.

G. A. P. Noor and Samsinar, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Untuk Pemasaran Produk Pada Lumi,” J. IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 552–559, 2020.

Faisal, A. Diana, and D. R. Utari, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman,” J. IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 5, no. 3, pp. 121–131, 2021.

M. Aseprudin and G. Gata, “Penggunaan Content Management System Wordpress Pada Toko Redsoul Untuk Penerapan Aplikasi E-Commerce,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 322–327, 2020.

R. Rachman Andi, Beny, and E. Fernando, “Perancangan E-Commerce Berbasis Website Pada Toko Dunia Palembang,” J. Ilm. Process., vol. 12, no. 2, pp. 1102–1117, 2017.

B. Algifari and A. Ariesta, “Penerapan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Sepatu Pada Toko Garasi Spokat,” IDEALIS Indonesia. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 167–173, 2019.

S. Samsinar and R. H. Santoso, “Desain dan Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System dengan Business Model Canvas pada Maen Vape Store,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 2, p. 75, 2021.

J. Bit, A. Nala Wiatma, G. Gata, and A. Ratnasari, “Penerapan E-Commerce Content Management System Menggunakan Metode Business Model Canvas Studi Kasus Qorina Garden,” vol. 18, no. 2, pp. 55–62, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Gunawan, A., & Gata, G. (2022). Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System Pada Toko Peralatan Komputer Neotech. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1316–1323. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/69

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>