PENERAPAN WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA TOKO PIXEL HAVEN DIGITAL PRINTING

Penulis

  • Oktavianto Mustaqiim Universitas Budi Luhur
  • Bima Cahya Putra Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Website, E-commerce, Digital Printing, Business Model Canvas

Abstrak

Toko Percetakan desain Pixel Haven merupakan sebuah bisnis yang menjual berbagai produk cetak seperti spanduk, kartu nama, stiker, undangan, dan lain sebagainya. Dalam rangka meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan pasar, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh toko Pixel Haven melalui pembuatan aplikasi berbasis website e-commerce yang dilengkapi dengan fitur pemesanan, pengiriman, laporan penjualan, serta laporan rekapitulasi. Penelitian ini mengidentifikasi masalah yang dihadapi toko Pixel Haven, antara lain terbatasnya jangkauan pasar dan kurangnya efektivitas dalam proses pemesanan dan pengiriman produk. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Analisis masalah dilakukan dengan Fishbone Diagram dan perancangan sistem menggunakan use case diagram, deskripsi use case, user interface, dan user experience design. Selain itu, digunakan juga metode Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisis model pengembangan bisnis. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website e-commerce untuk toko Pixel Haven yang dilengkapi dengan fitur-fitur pemesanan, pengiriman, laporan penjualan, dan laporan rekapitulasi. Dengan adanya aplikasi ini, pemilik toko dapat memperluas jangkauan pasar secara online, meningkatkan efisiensi dalam proses pemesanan dan pengiriman, serta mengoptimalkan pencatatan dan analisis data penjualan. Selain itu, pemilik toko juga dapat melihat performa bisnis secara keseluruhan melalui laporan penjualan dan rekapitulasi, sehingga dapat melakukan evaluasi dan perencanaan bisnis yang lebih baik. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, diharapkan toko Pixel Haven dapat meningkatkan daya saingnya di pasar, memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan, dan memperoleh keuntungan yang lebih optimal dalam menjalankan bisnisnya.

Referensi

F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 8, no. 1, p. 22, Jun. 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.

H. W. Oetomo and P. B. Mahargiono, E-Commerce Aplikasi PHP dan MySQL pada Bidang Manajemen. Yogyakarta: ANDI, 2020.

D. Purwaningtias, M. Nasihin, and N. D. Arizona, E-BUSINESS; Konsep Dasar E-Business Era Digital. Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2020.

N. B. A. S. Ridho, S. N. Purnama, F. Arisqi, and dkk, Peluang Desain Grafis Clothing Dan Printing Dalam Industri Kreatif. Klaten: Lakeisha, 2022.

M. Coccia, Fishbone Diagram for Technological Analysis and Foresight. Moncalieri: SSRN, 2020.

D. Rizki Pratama and S. Rahayu, “Pengembangan Aplikasi Marketplace jasa percetakan Dokumen berbasis Web Dengan Arsitektur MVC,” Sistem Informasi dan E-Bisnis, vol. 1, no. 4, pp. 142–148, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jusibi/142

A. Rohmadi and V. Yasin, “Desain Dan Penerapan Website Tata Kelola Percetakan Pada CV Apicdesign Kreasindo Jakarta Dengan Metode Prototyping,” Journal of Information System, Informatics and Computing, vol. 4, no. 1, pp. 70–85, 2020, [Online]. Available: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicomTelp.+62-21-3905050,

D. Astuti and G. Triyono, “Rancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Percetakan Gemilang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek,” Idealis, vol. 2, no. 3, pp. 7–11, 2019.

R. Afandi and D. Anubhakti, “Analisa Dan Perancangan E-Commerce Pada Digital Printing,” Idealis, vol. 2, no. 3, p. 62, 2019.

R. A. Putra, Membuat Aplikasi E-News Dengan CodeIgniter. Dharmasraya: GUEPEDIA, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Mustaqiim, O., & Putra, B. C. (2023). PENERAPAN WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA TOKO PIXEL HAVEN DIGITAL PRINTING. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1200–1209. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/741

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>