PENERAPAN METODE MULTINOMIAL NAÏVE BAYES UNTUK MENGANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI WAHYOO

Penulis

  • Ilham Alamsyah Universitas Budi Luhur
  • Rizky Tahara Shita Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Ulasan, Kalsifikasi, Multinomial Naïve Bayes, Ekstraksi Fitur

Abstrak

AAplikasi Wahyoo adalah penyedia jaringan distribusi dan penjualan yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan potensi UMKM di bidang kuliner yang saat ini dalam jangkauan wilayah Jabodetabek. Wahyoo menyediakan lebih dari 2.000 jenis bahan baku, termasuk beras, minyak goreng, tepung, dan produk segar seperti sayuran, buah, dan daging. Selain itu, Wahyoo juga menyediakan produk siap jual seperti FMCG (Fast Moving Consumer Goods) dan produk siap masak seperti Frozen Food. Dalam pelaksanaannya, aplikasi wahyoo membantu pengguna dan memiliki keuntungan lain yang membuat pengguna merasa puas terhadap layanan yang diberikan. Namun, aplikasi ini juga memiliki masalah atau fitur yang kurang disukai oleh penggunanya. Terkait tinjauan pengguna mengenai kepuasan atau ketidakpuasan penggunaan aplikasi wahyoo, salah satunya adalah dengan memberikan tinjauan di Google Play Store. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen pengguna terhadap layanan aplikasi dengan pendekatan machine learning dan ekstraksi fitur CountVectorizer dan Algortime Multinomial Naive Bayes. Dataset yang digunakan bersumber dari ulasan pengguna aplikasi pada Google Play Store, hasil analisis berdasarkan 413 ulasan yang diterima menunjukan nilai positif ulasan memiliki angka yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai negatif ulasan dengan persentase 71,7%. Hasil pengujian dari dataset tersebut didapatkan nilai akurasi sebesar 88%, presisi sebesar 90%, dan recall sebesar 92%.

Referensi

F. V. Sari dan A. Wibowo, “Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd.Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi,” J. SIMETRIS, vol. 10, no. 2, hal. 681–686, 2019.

S. N. J. Fitriyyah, N. Safriadi, dan E. E. Pratama, “Analisis Sentimen Calon Presiden Indonesia 2019 dari Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 3, hal. 279, 2019, doi: 10.26418/jp.v5i3.34368.

T. A. Mutiara, Y. Alkhalifi, N. A. Mayangky, dan W. Gata, “Analisis Sentimen Opini Publik Mengenai Larangan Mudik pada Twitter Menggunakan Naïve Bayes,” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, hal. 85, 2020, doi: 10.24014/coreit.v6i2.9727.

V. Rizya et al., “PADA GOOGLE PLAY STORE DENGAN MULTINOMIAL NAÏVE SENTIMENT ANALYSIS OF IPUSNAS APPLICATION USER REVIEWS ON GOOGLE PLAY STORE WITH MULTINOMIAL NAÏVE,” vol. 2, no. April, hal. 182–190, 2023.

S. Khairunnisa, A. Adiwijaya, dan S. Al Faraby, “Pengaruh Text Preprocessing terhadap Analisis Sentimen Komentar Masyarakat pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus Pandemi COVID-19),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 2, hal. 406–414, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i2.2835.

A. R. Alita Debby, “Pendeteksian Sarkasme pada Proses Analisis Sentimen Menggunakan Random Forest Classifier,” J. Komputasi, vol. 8, no. 2, hal. 50–58, 2020, doi: 10.23960/komputasi.v8i2.2615.

O. I. Gifari, M. Adha, F. Freddy, dan F. F. S. Durrand, “Analisis Sentimen Review Film Menggunakan TF-IDF dan Support Vector Machine,” J. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, hal. 36–40, 2022, doi: 10.46229/jifotech.v2i1.330.

D. Darwis, N. Siskawati, dan Z. Abidin, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter Bmkg Nasional,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, hal. 131–145, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.744.

D. Normawati dan S. A. Prayogi, “Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter,” J. Sains Komput. Inform., vol. 5, no. 2, hal. 697–711, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://ejurnal.tunasbangsa.ac.id/index.php/jsakti/article/view/369

J. Kalyzta, M. A. Willdan, S. Halfiani, dan I. Indra, “Penerapan Analisis Sentimen Ujaran Kebencian Terhadap Vaksinasi Covid-19 Pada Tweet Berbahasa Indonesia Menggunakan Algoritme K-Nearest Neighbor,” IDEALIS Indinesia J. Inf. Syst., vol. 5, no. 2, hal. 87–97, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i2.2959.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Alamsyah, I., & Tahara Shita, R. (2023). PENERAPAN METODE MULTINOMIAL NAÏVE BAYES UNTUK MENGANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI WAHYOO. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 436–444. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/750

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence