SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT SISTEM PERNAPASAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA

Penulis

  • Alvito Muhammad Rafif Prihcayad Universitas Budi Luhur
  • Rizky Pradana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Sistem pakar, Forward Chaining, Penyakit sistem pernapasan

Abstrak

Rumah sakit merupakan tempat pelayanan kesehatan yang menyediakan pengobatan dan lain sebagainya, pelayanan yang baik merupakan hal yang wajib dipenuhi oleh pihak rumah sakit. Rumah sakit setiap harinya selalu menerima pasien yang datang untuk berobat ataupun berkonsultasi dengan dokter. Namun dalam hal berkonsultasi, sering terjadinya antrian yang cukup panjang pada rumah sakit Bhayangkara Lemdiklat Polri. Salah satu penyebab dari terjadinya antrian yang cukup panjang tersebut adalah waktu konsultasi awal yang memakan waktu lama, sehingga menyebabkan antrian yang cukup panjang terjadi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian in bertujuan untuk membuat sebuah solusi berupa pembuatan sistem pakar dengan berbasis web yang dapat mendiagnosis penyakit berdasarkan gejala pada sistem pernapasan dengan menggunakan metode Forward Chaining. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada setiap penyakit, menunjukan bahwa sistem ini dapat mendiagnosis penyakit berdasarkan gejalanya masing-masing dengan tepat. Oleh sebab itu, dapat disimpukan bahwa sistem ini dapat mendiagnosis penyakit pada sistem pernapasan dengan tingkat keakurasian sebesar 100%. Dari dibuatnya aplikasi tersebut, diharapkan dapat membantu pihak rumah sakit dalam mengatasi permasalahan antrian dengan cara pasien atau user dapat melakukan konsultasi awal tanpa perlu bertemu dengan dokter, sehingga saat pasien melakukan konsultasi selanjutnya dengan dokter tidak memakan waktu yang lama dan antrian yang cukup panjang dapat dihindari.

Referensi

Viviliani and R. Tanone, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit pada Bayi dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 5, pp. 1–13, Apr. 2019, doi: http://dx.doi.org/10.28932/jutisi.v5i1.877.

N. Rubiati, R. Kurniawan, and A. M. I. Putra, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT MATA MENGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING,” JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI, vol. 12, no. 2, pp. 57–69, May 2021.

Mardeni, D. Retina, and A. Muhaimin, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN PINANG MENGGUNKAN METODE FORWARD CHAINING,” Jurnal Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 38–42, Apr. 2021, doi: 10.33060/jik/2021/vol10.iss1.201.

A. NurJumala, N. A. Prasetyo, and H. W. Utomo, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Rhinitis Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 1, pp. 69–78, Feb. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i1.3815.

N. Ahmad and Iskandar, “Metode Forward Chaining untuk Deteksi Penyakit Pada Tanaman Kentang,” JINTECH: Jurnal of Information Technology, vol. 1, no. 2, pp. 7–19, Aug. 2020.

Darmansah, I. Chairuddin, and T. N. Putra, “Perancangan Sistem Pakar Jenis Kepribadian Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 1200–1213, Sep. 2021.

Juwanto and A. Syaripudin, “SISTEM PAKAR DENGAN METODE FORWARD CHAINING UNTUK DIAGNOSA GEJALA COVID-19,” OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, vol. 1, no. 05, pp. 531–540, May 2022.

Fitriany, “IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR FORWARD CHAINING UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT PARU-PARU DI RSU MAYJEN H.A THALIB KABUPATEN KERINCI,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 55–61, Feb. 2022.

R. Destaria and Y. Yulmaini, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dispepsia Menggunakan Metode Depth First Search,” pp. 170–183, Aug. 2022.

H. P. Putro and G. V. Zaid, “PERANCANGAN SISTEM PAKAR PERBAIKAN HANDPHONE DENGAN METODE DFS (DEPTH FIRST SEARCH),” 2019.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Rafif Prihcayad, A. M., & Pradana, R. (2023). SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT SISTEM PERNAPASAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 463–472. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/756

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>