IMPLEMENTASI CONTENT MANAGEMNET SYSTEM(CMS) WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PANGSA PASAR PADA TOKO GATOTKACA KOMPUTER

Penulis

  • DEVI LIANA SARI Universitas Budi Luhur
  • Bruri Trya Sartana
  • Ririt Roeswidiah

Kata Kunci:

Content Management System, Wordpress, Woocommerce, Bussines Model Canvas, SEO

Abstrak

Gatotkaca komputer merupakan salah satu toko yang menjual produk elektronik. Toko gatotkaca komputer masih belum memiliki laporan penjualan yang akurat serta daftar produk yang paling banyak dijual hingga saat ini. Selama proses penjualan, manajemen terus menghadapi tantangan dalam mengontrol branding dan konten. Selain itu, halaman toko masih belum masuk ke dalam indeks oleh Google Search. Untuk membantu menyelesaikan masalah yang terjadi, penulis akan membantu membuat website e-commerce berbasis Content Management System (CMS) WordPress dengan memanfaatkan plugin Woocommerce untuk membantu menyelesaikan beberapa masalah yang terjadi pada toko komputer gatotkaca. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data  dengan melakukan wawancara,observasi,analisis dokumen, dan studi literatur, sedangkan analisis bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC). Serta penerapan teknik Search Engine Optimization (SEO) agar halaman toko dapat tampil pada mesin pencarian. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah website yang dapat diakses secara online, sehingga pelanggan dapat melakukan pemesanan secara langsung setelah mengunjungi website. Hasil luaran penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan toko dan memperluas jangkauan pasar.

Referensi

, katadata.co.id.[Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/03/96-pengguna-internet-di-indonesia-pernah-gunakan-e-commerce

E. Revsie Akbar and H. Irawan, “Analisis Dan Implementasi E-Commerce Menggunakan Cms Wordpress Pada Queenita Classic,”Idealis., vol.4, pp.107-116,January 2021

B. Algifari and A. Ariesta, “Penerapan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Sepatu Pada Toko Garasi Spokat.”, Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK),2 020, p.99-105

H. Hasugian and F. Firmanto, “Analisis Dan Perancangan E-Commerce Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Karya Nu Hijab,” Idealis . J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 40–48, 2022.

A. T. Martadinata and I. Zaliman, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi E-Commerce Dengan Menggunakan Cms, Woocommerce Dan Xendit”, Stigmata,. vol. 9, no. 1, 2020.

S. Sentosa and H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung”, Bisnis dan Pemasaran., vol. 11, no. 1, 2021.

A. Nugroho and H. Irawan, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Memperluas Pemasaran Pada Indah Jaya Sport.”,Idealis., vol.4, pp.134-146, Juli 2021

R. R. Rerung, E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish, 2018

A. Veglis and D. Giomelakis, Search Engine Optimization. MDPI AG, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=3twfEAAAQBAJ

B. R. Sukarno and M. Ahsan, “Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas,” J. Manaj. dan Inov., vol. 4, no. 2, pp. 51–61, 2021.

Ririn Rosyidi Moh,"Buku Ajar Pengendalian Dan Penjaminan Mutu","luluk lailatul mabruroh",Ahli media Press,2021

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

LIANA SARI, D., Trya Sartana, B., & Roeswidiah, R. (2023). IMPLEMENTASI CONTENT MANAGEMNET SYSTEM(CMS) WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PANGSA PASAR PADA TOKO GATOTKACA KOMPUTER . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1260–1269. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/774