PENERAPAN FP-GROWTH DALAM MARKET BASKET ANALYSIS BELANJA KONSUMEN PT. MITRA TIGA UTAMA

Penulis

  • Muhammad Daffa Narendro wicaksono Universitas Budi Luhur
  • painem Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Market Basket Analysis, algoritma fp-growth

Abstrak

Dalam dunia retail harus mempunyai sebuah strategi dalam menentukan tata letak barang yang terstruktur pada toko, sehingga memudahkan konsumen untuk mencari sebuah barang yang ingin dibeli. PT. Mitra Tiga Utama menjual perlengkapan kebutuhan sehari-hari dengan banyak produk yang djual. Saat ini PT. Mitra Tiga Utama belum ada strategi atau metode untuk mempermudah konsumen dalam melakukan mencari barang yang akan dibeli. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan diatas maka perlu ada metode untuk menyelesaikan permasalahan pada PT. Mitra Tiga Utama. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pemilik perusahaan dalam menentukan tata letak barang yang strategis pada PT. Mitra Tiga Utama, Salah satu metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah diatas adalah analisis keranjang pasar (market basket analysis) dengan menggunakan algoritme Frequent Pattern Growth atau Algoritme FP– Growth. Dari 519 dataset transaksi penjualan produk kategori (disinfectant & freshener) dan kategori (detergent & cleaner) maka jika membeli molto pewangi pakaian floral bliss blue 820/780ml maka gentle gen detergen cair morning breeze 750/700ml dengan hasil nilai support dan confidence nya sebesar 1.16% dan 31.58% dengan lift ratio nya 2.64. Jika Kispray pelicin pakaian fine perfumes glamourous gol makan gentle gen detergen cair morning breeze 750/700ml, dengan hasil nilai minimal support dan confidence nya sebesar 1.35% dan 33,33% dengan lift ratio nya 2,78.

Referensi

L. Setiyani, M. Wahidin, D. Awaludin, and S. Purwani, “Analisis Prediksi Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Menggunakan Metode Data Mining Naïve Bayes : Systematic Review,” Fakt. Exacta, vol. 13, no. 1, p. 35, 2020, doi: 10.30998/faktorexacta.v13i1.5548.

Nurasiah, “Implementasi Algoritma FP-Growth Pada Pengenalan Pola Penjualan,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 1, no. 9, pp. 438–444, 2021.

H. E. Simanjuntak and W. Windarto, “Analisa Data Mining Menggunakan Frequent Pattern Growth pada Data Transaksi Penjualan PT Mora Telematika Indonesia untuk Rekomendasi Strategi Pemasaran Produk Internet,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 4, pp. 914–923, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i4.2300.

D. A. Silitonga and A. P. Windarto, “Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Assocation Rule Menerapkan Algoritma FP-Growth,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 2, pp. 101–109, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i2.1239.

A. Setiawan and R. Mulyanti, “Market Basket Analysis dengan Algoritma Apriori pada Ecommerce Toko Busana Muslim Trendy,” JUITA J. Inform., vol. 8, no. 1, p. 11, 2020, doi: 10.30595/juita.v8i1.4550.

N. Musyaffa, A. Prasetyo, and R. Sastra, “Market Basket Analisys Data Mining Terhadap Data Penjualan Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth (Fp Growth),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 9, no. 2, pp. 115–120, 2021, doi: 10.31294/jki.v9i2.11133.

L. I. Prahartiwi, “Implementasi Algoritma Fp-Growth Untuk Menemukan Pola Pembelian Konsumen Pada Analisis Keranjang Pasar,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 7, no. 1, pp. 71–78, 2022, doi: 10.36549/ijis.v7i1.208.

N. Wulandari et al., “Market Basket Analysis Dalam Penentuan Paket Produk Menggunakan Algoritma Fp-Growth,” Jika, vol. ISSN, no. april, pp. 57–63, 2022.

R. Rusnandi, S. Suparni, and A. B. Pohan, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Market Basket Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Pd Pasar Tohaga,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, p. 119, 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i1.19349.

S. Z. dan N. A. Harahap, “Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako,” vol. 7, no. 3, pp. 111–119, 2019.

K. M. R. A. Utama, R. Umar, and A. Yudhana, “Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Penentuan Pola Pembelian Transaksi Penjualan Pada Toko Kgs Rizky Motor,” Dinamik, vol. 25, no. 1, pp. 20–28, 2020, doi: 10.35315/dinamik.v25i1.7870.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Narendro wicaksono, M. D., & painem. (2023). PENERAPAN FP-GROWTH DALAM MARKET BASKET ANALYSIS BELANJA KONSUMEN PT. MITRA TIGA UTAMA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 503–512. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/785

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>