PROTOTIPE SISTEM PARKIR KARYAWAN OTOMATIS MENGGUNAKAN NODEMCU DAN RFID BERABASIS WEB

Penulis

  • alviano praditya_lisdiawan Universitas Budi Luhur
  • joko christian

Kata Kunci:

Parkir, NodeMCU, RFID, Web, Prototipe

Abstrak

Parkir merupakan Salah satu dari beberapa permasalahan yang sering muncul akibat peningkatan jumlah kendaraan, karena dapat terjadinya penumpukan kendaraan. Seiring peningkatan jumlah kendaraan yang sanagat pesat ini maka dibutuhkan juga sarana dan prasarana yang turut harus ditunjang dalam pertumbuhan tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat prototipe sistem parkir otomatis sehingga penggunaan lahan parkir dapat lebih tertata dengan baik, dan pengelola dapat mengontrol sistem parkir secara otomatis. Dalam penerapan prototipe ini menggunakan NodeMCU ESP 8266 sebagai mikrokontroler dan RFID sebagai akses nya serta motor servo sebagai gerbang dan IR sensor sebagai sensor untuk menutup gerbang secara otomatis jika kendaraan terdeteksi sudah melewati sensor Infrared. Dengan menggunakan jaringan internet maka penglola dapat melihat aktifitas kendaraan yang masuk maupun keluar lalu dapat merekap datanya dan memanipulasi data akses dari kartu RFID. Dengan menggunakan jaringan internet untuk mengirim data ke web server untuk memproses data parkir. Pengujian dilakukan secara simulasi pada miniatur maket perparkiran. Hasil pengujian model sistem perparkiran dapat menyimpan data log pengguna masuk atau keluar dan dapat mengatur akses dari kartu RFID pada sebuah halaman web. Penelitian ini menggunakan metode waterfall, metode ini di gunakan untuk pengumpulan data dalam pembuatan aplikasi. Hasil dari pembuatan dan pengujian prototipe sistem parkir otomatis menggunakan NodeMCU dan RFID untuk mengelola parkir menggunakan web dapat berjalan dengan baik dilihat dari Node MCU dan RFID dapat terhubung ke wibesite dan kartu akses dapat membaca kartu akses dan membuka gerbang servo lalu sensor infrared membaca sensor dari kendaraan yang lewat dan menutup gerbang dan alat dapat di Hubungkan ke dalam web monitoring untuk memonitoring pengguna parkir. Serta prototipe ini telah berhasil dibuat sebagai sistem parkir otomatis.

Referensi

D. Susandi, W. Nugraha, And S. F. Rodiyansyah, “Perancangan smart parking system pada prototype smart office berbasis internet of things,” 2017.

H. Erol, H. Sezer, And S. Ayasun, “Computation of all stabilizing pi controller parameters of hybrid load frequency control system with communication time delay,” in 2017 5th International Istanbul Smart Grid and Cities Congress and Fair (ICSG). IEEE, 2017, pp. 130– 134.

Salamah, K. S., & Putra, D. L. “Rancang Bangun Kontrol Smart Parking Otomatis Berbasis Arduino”. Jurnal Data Science & Informatika (JDSI), 2019.

R. Fahyurisandi And I. Neforawati, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Pintu Gudang Pt Xyz Berbasis Android Menggunakan Perangkat Sim800l Dan Mikrokontroler At Mega 328p,” Multinetics, Vol. 5, No. 1, 2020, Doi: 10.32722/Multinetics.V5i1.2793.

M. S. Novelan, Z. Syahputra, And P. H. Putra, “Sistem Kendali Lampu Menggunakan Nodemcu Dan Mysql Berbasis Iot (Internet Of Things),” Infotekjar : Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, Vol. 5, No. 1, 2020.

A. Mubarok, I. Sofyan, A. A. Rismayadi, And I. Najiyah, “Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Rfid, Sensor Pir Dan Modul Gsm Berbasis Mikrokontroler,” Jurnal Informatika, Vol. 5, No. 1, 2018, Doi: 10.31311/Ji.V5i1.2734.

M. Syefudin, “Cara Mengakses Sensor Ir Obstacle Avoidance Pada Arduino,” Indomaker.Com, 2019.

Amrinsyah, “Jenis Motor Servo,” Blog Dosen Fakultas Teknik, Jul. 05, 2021.

J. C. Setiawan, R. Lim, and J. Andjarwirawan, “Implementasi internet of things untuk parkir mobil dengan pembayaran menggunakan qr code,” Jurnal Infra, vol. 8, no. 1, pp. 127–133, 2020.

Salamah, K. S., & Putra, D. L. “Rancang Bangun Kontrol Smart Parking Otomatis Berbasis Arduino”. Jurnal Data Science & Informatika (JDSI), 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

praditya_lisdiawan, alviano, & christian, joko. (2023). PROTOTIPE SISTEM PARKIR KARYAWAN OTOMATIS MENGGUNAKAN NODEMCU DAN RFID BERABASIS WEB . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2). Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/800