METODE FORWARD CHAINING PADA APLIKASI MOBILE PENDETEKSI KERUSAKAN HANDPHONE

Penulis

  • Divania Alfiza Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Sistem Pengambilan Keputusan, Diagnosa, Forward Chaining

Abstrak

Kemajuan teknologi, terutama dalam bidang handphone Android, telah merubah cara hidup kita dengan cepat dan mendalam. Meskipun begitu, kerusakan yang kerap menimpa handphone dapat menjadi hambatan yang mengganggu, dengan para pengguna sering kali mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah tersebut. Dalam rangka mengatasi permasalahan ini, hadirlah solusi inovatif berupa "Sistem Pengambilan Keputusan untuk Mendiagnosa Kerusakan pada Handphone", sebuah platform berbasis mobile yang menggunakan metode forward chaining yang canggih.Penelitian ini bertujuan memberikan panduan komprehensif bagi pengguna Android dalam mendiagnosa serta memperbaiki gangguan yang terjadi pada perangkat handphone. Dengan pendekatan forward chaining, sistem pakar dibangun untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi gejala dan fakta yang diberikan oleh pengguna. Data mengenai beragam gejala dan jenis kerusakan diperoleh melalui wawancara dengan teknisi handphone yang berpengalaman.Hasilnya adalah struktur pohon keputusan yang menjadi panduan berharga bagi pengguna dalam memilih gejala yang relevan, sehingga mereka dapat mendiagnosa permasalahan yang mungkin terjadi pada handphone mereka. Sistem ini diimplementasikan sebagai aplikasi Android yang menggunakan database Firebase. Melalui serangkaian pengujian blackbox, sistem terbukti mampu memberikan diagnosa yang akurat dan memberikan panduan berharga bagi pengguna dalam mengatasi masalah kerusakan pada perangkat Android mereka.Keberhasilan sistem ini diharapkan mampu menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang kerap kali terbuang sia-sia saat menghadapi permasalahan handphone. Dengan adopsi solusi ini, diharapkan para pengguna handphone Android di seluruh dunia dapat merasakan manfaat positif yang signifikan dalam mengatasi masalah kerusakan perangkat mereka.

Referensi

A. Santika, F. M. Hamundu, and H. Budiman, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN HANDPHONE DENGAN METODE FORWARD CHAINING,” 2023.

S. Kusumadewi, Artificial intelligence: teknik dan aplikasinya, 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Mustofa and R. A. N. Pamudji, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Smarthphone Android Menggunakan Metode Forward Chaining,” IKRAM: Jurnal Ilmu Komputer Al Muslim, vol. 1, 2022.

A. NurJumala, N. A. Prasetyo, and H. W. Utomo, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Rhinitis Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 1, 2022, doi: 10.30865/jurikomv9i1.3815.

A. Amriana, A. Y. E. Dodu, and P. R. Mas, “Pendeteksian Kerusakan Printer menggunakan Metode Forward Chaining,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 12, no. 1, 2020, doi: 10.33096/ilkom.v12i1.523.47-57.

N. Nurhidayati and A. M. Nur, “Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Persebaran Indekos di Wilayah Pancor Kabupaten Lombok Timur,” Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 4, no. 1, pp. 51–62, Jan. 2021, doi: 10.29408/jitv4i1.2989.

I. Carolina and A. Rusman, “Penerapan Extreme Programming Pada Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web (Studi Kasus Toko ST Jaya),” JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, vol. 4, no. 2, 2019.

I. Carolina, A. Supriyatna, J. Kamal Raya No, and R. Barat Cengkareng Jakarta Barat, “PENERAPAN METODE EXTREME PROGRAMMING DALAM PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN KUOTA SKS MENGAJAR DOSEN,” 2019.

Vikasari, “Pengujian Sistem Informasi Magang Industri dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis,” 2018.

M. Nurudin, W. Jayanti, R. D. Saputro, M. P. Saputra, and D. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 4, no. 4, pp. 143-148, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika/article/view/3841.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Alfiza, D. (2023). METODE FORWARD CHAINING PADA APLIKASI MOBILE PENDETEKSI KERUSAKAN HANDPHONE. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 558–566. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/801

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence