PENERAPAN METODE ALGORITME FREQUENT-PATTERN GROWTH UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS PADA KANTIN PERGURUAN TINGGI

Penulis

  • Wahyu Budi Prakoso Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Data Mining, FP-Growth, Frequent Pattern-Growth, Association Rule

Abstrak

Perkembangan Teknologi pada era industry 4.0 saat ini sangat lah signifikan, ditambah dengan banyaknya franchise-franchise baru yang muncul belakangan ini membuat Beberapa Kantin/Tempat makan yang belum melakukan trobosan seperti pemanfaatan sistem penjualan berbasis komputer menjadi menurun sedikit penjualannya. Dalam beberapa bulan terakhir, penjualan/transaksi pada Kantin Universitas Budi Luhur mengalami penurunan yang cukup signifikan, karena pada data penjualan/transaksi ditemukan bahwa beberapa bulan terakhir ini terlihat penjualan lebih menurun. Beberapa strategi sudah dilakukan oleh Kantin Universita Budi Luhur, seperti observasi pada beberapa pelanggan yang telah membeli produk dan kemudian melihat produk apa saja yang konsumen butuhkan. Maka dari itu, dibuatlah sistem aplikasi dengan teknik data mining untuk melihat pola pembelian konsumen dalam menentukan strategi penjualan selanjutnya. Pada kasus ini, metode yang akan digunakan adalah analisis keranjang pasar (market basket analysis) dengan menggunakan algoritme frequent-pattern growth. Karena proses yang digunakan dalam algoritme fp-growth lebih cepat dan efisian dibandingkan dengan algoritme apriori. Pada proses pengujian 1131 data dengan 415 total transaksi didapatkan 2 rule dengan nilai minimum support 1% dan nilai minimum confidence 75% dengan nilai lift ratio diatas 1, dan dengan rule yang ada didapatkan probabilitas item yang masing-masing dikali 1.

Referensi

S. Joseph Kalayathankal, S. Mathew, S. Mary, I. T. John Abraham Assistant Professor, S. Joseph Kalayathankal HOD, and A. Professor, “Data mining techniques and methodologies Coastal vulnerability assesment using Fuzzy logic View project A study on the curling number of graph classes View project DATA MINING TECHNIQUES AND METHODOLOGIES,” Article in International Journal of Civil Engineering and Technology, vol. 17, no. 7, pp. 246–252, 2018, [Online]. Available: http://www.iaeme.com/IJCIET/index.asp246http://www.iaeme.com/ijciet/issues.asp?JType=IJCIET&VType=9&IType=7http://www.iaeme.com/ijciet/issues.asp?JType=IJCIET&VType=9&IType=7

A. Anggrawan, M. Mayadi, and C. Satria, “Menentukan Akurasi Tata Letak Barang dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Algoritma FP-Growth,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 21, no. 1, pp. 125–138, Nov. 2021, doi: 10.30812/matrik.v21i1.1260.

I. P. A. P. Wibawa, I. K. A. Purnawan, D. P. S. Putri, and N. K. D. Rusjayanthi, “Prediksi Partisipasi Pemilih dalam Pemilu Presiden 2014 dengan Metode Support Vector Machine,” Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), p. 182, Dec. 2019, doi: 10.24843/JIM.2019.v07.i03.p02.

P. Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, D. Akademi Perekam dan Informasi Kesehatan Iris Padang Jl Gajah Mada No, and S. Barat, “Jurnal Edik Informatika Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi”.

M. P. Tana, F. Marisa, and I. D. Wijaya, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori,” J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 3, no. 2, Aug. 2018, doi: 10.37438/jimp.v3i2.167.

M. J. Hakim and Y. Akbar, “MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI BERBASIS BAHASA R (Studi Kasus Transretail Indonesia) Selection and peer-review under responsibility of The 11th STIKOM CKI on SPOT,” CKI On SPOT, vol. 11, no. 2, 2018.

D. Winarti et al., “Penerapan Data Mining untuk Analisa Tingkat Kriminalitas Dengan Algoritma Association Rule Metode FP-Growth,” Jurnal SIMTIKA, vol. 4, no. 3, 2021.

M. Fauzy, K. R. Saleh W, and I. Asror, “PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA SIMULASI PREDIKSI HUJAN WILAYAH KOTA BANDUNG,” Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, vol. 2, no. 3, Aug. 2016, doi: 10.33197/jitter.vol2.iss3.2016.111.

M. Li, X. Lv, Y. Liu, L. Wang, and J. Song, “TCM Constitution Analysis Method Based on Parallel FP-Growth Algorithm in Hadoop Framework,” J Healthc Eng, vol. 2022, pp. 1–14, Aug. 2022, doi: 10.1155/2022/9006096.

W. P. Nurmayanti et al., “Market Basket Analysis with Apriori Algorithm and Frequent Pattern Growth (Fp-Growth) on Outdoor Product Sales Data,” International Journal of Educational Research & Social Sciences, vol. 2, no. 1, pp. 132–139, Apr. 2021, doi: 10.51601/ijersc.v2i1.45.

D. A. Silitonga and A. P. Windarto, “Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Assocation Rule Menerapkan Algoritma FP-Growth,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 3, no. 2, pp. 101–109, Feb. 2022, doi: 10.47065/josh.v3i2.1239.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Prakoso, W. B. (2023). PENERAPAN METODE ALGORITME FREQUENT-PATTERN GROWTH UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS PADA KANTIN PERGURUAN TINGGI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 696–705. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/842

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence