PENERAPAN ALGORITMA SIMETRI RC 5 UNTUK MENGENKRIPSI FILE TRANSAKSI PENJUALAN BERBASIS WEB

Penulis

  • Choiril Akhiar Universitas Budi Luhur
  • Subandi

Kata Kunci:

Kriptografi, Simetri RC5, file, PHP, mysql

Abstrak

Kriptografi adalah sektor pengetahuan untuk menjaga keamanan pesan (message). Kriptografi sering kali diimplementasikan di banyak hal. Mobile Phone, pay TV, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) , Komputer dan Smart Card adalah beberapa contoh berupa barang teknologi yang menggunakan teknik kriptografi untuk keamanan datanya. Cara kerjanya adalah merubah pesan asli yang mudah dipahami atau dibaca manusia (plainteks) ke bentuk lain yang tidak dapat dipahami atau dibaca oleh manusia (cipherteks). Langah pengubahan plainteks menjadi cipherteks disebut enkripsi. Sedangkan langkah pengubahan pesan chiperteks menjadi plainteks disebut dekripsi. UB Link yang berdiri sejak tahun 2019 bergerak di bidang network provider (penyedia jaringan) dengan focus utamanya yaitu jaringan internet. Toko ini harus melindungi dan mengamankan dokumen perusahaan yang dimiliki untuk mencegah bocornya file transaksi penjualan ke perusahaan lain. Dengan menggunakan metode kriptografi simetri RC 5 adalah salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk melakukan kriptografi pada suatu file. Algortima simetri RC 5 merupakan salah satu algoritma kriptografi yang berfungsi untuk mengamankan sebuah file. Adapun beberapa tahapan enkripsi sebuah file yaitu plainteks, langkah enkripsi data, enkripsi plainteks, public key untuk mengenkripsi, plainteks terenkripsi. Sedikit berbeda dengan tahapan enkripsi, tahapan dekripsi dimulai dengan file enkripsi, private key untuk mendekripsi, plainteks. Aplikasi ini diciptakan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan mysql untuk databasenya. Dengan hasil penelitian yaitu enkripsi dan dekripsi file telah berhasil dilakukan, mengubah ukuran file dan nama file serta file tidak bisa dibuka. Menghasilkan kesimpulan yaitu, algoritma kriptografi RC5 menghasilkan kunci dengan cara melakukan pembangkitan kunci yang panjang kuncinya diatur sesuai pada jumlah putaran blok enkripsi maupun dekripsi.

Referensi

Widodo, A.P., Annisa F., & Ridha, I. (2018). Penyandian File Word Berdasarkan Algoritma Rivest Code 5 (RC5). Jurnal Sains & Informatika (J-SAKTI).

Indra, N.A., Dewi, K., & Mohammad, A. (2018). Aplikasi Enkripsi File Dokumen Menggunakan Algoritma AES (Advance Encryption Standard) Dan OTP (One Time Pad) Berbasis Web Pada PT. MNC SKY VISION. Jurnal Telematika MKOM.

Yohanes, S.J., & Dian, N. (2019). Penerapan RC5 Untuk Pengamanan Nilai Mata Kuliah Mahasiswa Pada Kampus Atma Luhur. Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi.

Sastya, H.W., & Diana. (Maret 2023). Analisis Dan Implementasi Algoritma Rivest Code-5 Pada Keamanan Data. Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Sains (JPTIS). Vol 1. No 1. e-ISSN: 2 2985-7635. Hal 09-21.

Karina, A., & Herawan, B. (2022). Pengamanan Data Penjualan Dengan Kriptografi Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) Pada Toko Baju Family. Journal of Science and Social Research. V (3). 664 – 670.

Saputra, D.N. (2022). Perancangan Aplikasi Enkripsi Dan Dekripsi Dengan Algoritma Kriptografi Berbasis Web. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi. Vol 5. No 4. E-ISSN 2621 – 3052.

Yusna, W.H., Isnarto, Rahayu, B. (2022). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Kriptografi Algoritma Hill Cipher dalam Dekripsi Enkripsi Data Keuangan Nasabah Bank Sampoerna Menggunakan Kode ASCII. UNNES Journal of Mathematics.

Aditya, U., & Fanry R.S. (2021). Penerapan Kriptografi untuk Pengamanan Data Transaksi Deposito pada Easy Tronik Metode RC-4. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI).

Harni, K., Satya, D., & Raka, Y. (2018). Penerapan Algoritma Rivest Code 4 (RC4) Pada Aplikasi Kriptografi Dokumen .Jurnal Petir Vol 11. No 1.

Ilham, M.G., & Utomo, B. (2022). Algoritma FP-Growth Untuk Mengkaji Pola Belanja Konsumen pada Baby Shop By Netti. Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI).

Surya, A.G. (2020). Kriptografi Pengamanan Data File Berupa Gambar Menggunakan Metode RSA dan Digital Signature. Jurnal Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Gresik.

I Nyoman, P. (2019). Implementasi Algoritma Enkripsi RC5 Untuk Mengamankan Gambar Pada Perangkat Android. Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika (JIRE) Vol 2. No 2.

Jonas, S., Muhammad, I., Sri, N. (2018). Penyandian Pesan Berdasarkan Algortima RC5 dan El-Gamal. Jurnal Penelitian Teknik Informatika. Vol 2. No 2. E-ISSN: 2541-2019.

Rozali, T., & Ardi, W. (2018). Analisis Perbandingan Algoritma Simetris Rivest Code 5 dengan Algoritma Rivest Code 6. Jurnal Informatika UPGRIS Vol 4. No 2. E-ISSN: 2460-4801.

Galih, Y., Asep, I., Puspita, N. (2022). Kriptografi Untuk Enkripsi Ganda Pada Gambar Menggunakan Algoritma AES (Advance Encryption Standard) Dan RC5 (Rivest Code 5). Journal of Informatic and Digital Expert. Vol 4. No 1.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Akhiar, C., & Subandi. (2023). PENERAPAN ALGORITMA SIMETRI RC 5 UNTUK MENGENKRIPSI FILE TRANSAKSI PENJUALAN BERBASIS WEB. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 158–166. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/851

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>