PENGEMBANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA BATIK PADA TOKO QUEEN JAYA
Kata Kunci:
Website, E-Commerce, Content Management System (CMS), Business Model Canvas (BMC), FishboneAbstrak
Toko Queen Jaya yang terletak di Lantai 1 BKS No. 122-123 Pasar Cipulir, Jakarta Selatan. Toko Queen Jaya masih menggunakan metode penjualan dengan cara memasarkan secara tradisional yaitu dengan cara melakukan pendistribusian produk kepada konsumen secara langsung. Toko Queen Jaya masih membuat laporan menggunakan cara manual sehingga sering terjadi perbedaan laporan harian dan bulanan. Transaksi pada Toko Queen Jaya hanya dapat dilakukan di toko mengakibatkan banyak pelanggan batal dalam melakukan transaksi, dan juga banyaknya pesaing di sekitar Toko Queen Jaya yang menjual produk serupa. Selain itu, Toko Queen Jaya hanya memiliki WhatsApp sebagai media promosi serta untuk update produk terbaru akibatnya pelanggan Toko Queen Jaya tidak mengetahui adanya produk terbaru. Berdasarkan permasalahan yang ada pada Toko Queen Jaya, Maka peneliti mencoba membuatkan E-commerce berbasis website. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa model pengembangan bisnis. Fishbone Diagram untuk menganalisa masalah pada sistem berjalan, Use Case Diagram untuk perancangan sistem informasi, dan Content Management System (CMS) Wordpres serta plugin Woocommerce untuk implementasi website E-Commerce. Hasil Dari Penelitian ini berupa website E-Commerce agar dapat memasarkan produk secara luas yang akan memberikan keuntungan seperti kemudahan informasi yang di dapat, kemudahan cara pembayaran, proses pemesanan yang cepat, guna meningkatkan penjualan sesuai target.
Referensi
] E. Wulandari and G. Gata, “Penerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 545–551, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1717.
N. M. Widani, A. P. Abiyasa, G. Sri Darma, and A. Fredy Maradona, “Menguji Ketajaman Implementasi E-Commerce Dalam Penjualan Kamar Hotel di Bali,” J. Manaj. Bisnis, vol. 16, no. 2, p. 79, 2019, doi: 10.38043/jmb.v16i2.2042.
A. Zein, E. S. Eriana, S. Farizy, and G. N. Persada, “Pembuatan Website CMS (Content Management System) Pada SMK Muhammadiyah Parung Bogor,” J. Ilmu Komput., vol. IV, no. 1, pp. 70–75, 2021.
N. Ahlina Febriyati and M. Y. Arnol, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web Pada Batik Widi Nugraha Ngawi,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 3, no. 3, pp. 153–158, 2020, doi: 10.33387/jiko.v3i3.2270.
A. Nurhansah and Y. Santoso, “Implementasi E-Commerce Berbasis Cms (Content Management System) Pada Batik Pekalongan Toko Berkah,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 431–435, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1997.
Normah, B. Rifai, S. Vambudi, and R. Maulana, “Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis SMOTE,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 8, no. 2, pp. 174–180, 2022, doi: 10.31294/jtk.v4i2.
M. N. Winnarto, I. Yulianti, and A. Rahmawati, “Penerapan Framework Codeigniter Pada Pengembangan Website E-Commerce Batik Tulis HR Ambar,” Swabumi, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.31294/swabumi.v9i1.9813.
A. Wibowo, A. S. Hidayat, and E. Rahmawati, “Pembangunan Aplikasi E-Commerce Pemasaran Batik pada Toko Batik Rifqi,” J. Comput. Syst. Informatics Vol., vol. 1, no. 2, pp. 46–53, 2020.
Faisal, A. Diana, and D. R. Utari, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman,” J. IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 5, no. 3, pp. 121–131, 2021.
A. R. Fadillah and L. Fajarita, “Perancangan Dan Pembangunan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Jaket Kulit Naufal,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 85–91, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1568.
F. M. A. Poluan, S. L. Mandey, and I. W. J. Ogi, “Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Minuman Kesehatan Instant Alvero),” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Akunt., vol. 7, no. 3, pp. 2969–2978, 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.