PENERAPAN ALGORITMA RC4 UNTUK PENGAMANAN DOKUMEN PADA PT. LINARD POWER KONTRAKTOR

Penulis

  • Mohamad Shabri Syukur Universitas Budi Luhur
  • Mardi Hardjianto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Enkripsi, Dekripsi, RC4, Kriptografi

Abstrak

Kriptografi RC4 merupakan salah satu algoritma enkripsi simetris yang telah banyak digunakan dalam berbagai aplikasi komunikasi dan keamanan data pada suatu perusahaan. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi, PT. LINARD POWER KONTRAKTOR mempunyai masalah lokal mengenai dokumen keuangan rencana anggaran biaya. Dalam konteks perusahaan, penggunaan kriptografi RC4 pada PT. LINARD POWER KONTRAKTOR dapat memiliki berbagai implikasi dan manfaat dalam melindungi informasi sensitif seperti dokumen keuangan perusahaan dari akses yang tidak sah. RC4 (Rivest Cipher 4) menggunakan kunci yang sama untuk enkripsi dan dekripsi, yang dikenal sebagai enkripsi simetris. Fungsi utama RC4 dalam perusahaan adalah untuk mengamankan komunikasi dan transmisi data. Algoritma RC4 memungkinkan penggunaan kunci rahasia yang dapat digunakan untuk enkripsi dan dekripsi data yang dikirimkan melalui jaringan komputer. Dengan menerapkan RC4, perusahaan PT. LINARD POWER KONTRAKTOR dapat memastikan bahwa data yang dikirimkan antara perangkat mereka terlindungi dan tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Penelitian ini akan diwujudkan dalam bentuk aplikasi berbasis web yang dapat dengan mudah melindungi data pada PT. LINARD POWER KONTRAKTOR. Berdasarkan penelitian dan pengujian program, aplikasi ini berhasil mengatasi kebocoran, pencurian dan perubahan dokumen penting pada perusahaan dengan memanfaatkan enkripsi dan dekripsi metode RC 4.

Referensi

D. Irwansyah, “Pengamanan Data Teks Dengan Algoritma Modifikasi RC4,” Jurnal Pelita Informatika, vol. VI, no. 3, pp. 309-312, 2018.

Y. “Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper Dan RSA Berbasis Android,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 3, no. 2, Juli 2019.

N. Taliasih and I. Afrianto, “Sistem Keamanan Basis Data Klien P.T. Infokes Menggunakan Kriptografi Kombinasi RC4 Dan Base64,” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 06, no. 01, pp. 009-018, 2020.

M. D. Irawan, “Implementasi Kriptografi Vigenere Cipher Dengan PHP,” JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI (JurTI), vol. I, no. 1, 2017.

D. R. Saragi, J. M. Gultom, J. A. Tampubolon and I. Gunawan, “Pengamanan Data File Teks (Word) Menggunakan Algoritma RC4,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. I, no. 2, pp. 114-119, 2020.

V. Siahaan and R. H. Sianipar, Database Dan Kriptografi Menggunakan JAVA/MYSQL, Sparta Publishing, 2019.

M. Diana and T. Zebua, “Optimalisasi Beaufort Cipher Menggunakan Pembangkit Kunci RC4 Dalam Penyandian SMS,” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), pp. 12-22, 2018.

E. L. Hakim, K. and F. H. Utami, “Aplikasi Enkripsi Dan Dekripsi Data Menggunakan Algoritma RC4 Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP,” Jurnal Media Infotama, vol. X, no. 1, 2014.

A. Algoritma Rivest Code 6 Rekayasa Perangkat Lunak SMS ( Short Message Service ), 1st ed., Medan: CV. Sentosa Deli Mandiri, 2020.

R. S. Siregar, M. S. Asih and N. Wulan, “Penerapan Algoritma RC4 Dan RAIL FENCE Untuk Enkripsi,” JITEKH, vol. 7, no. 2, pp. 51-56, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Syukur, M. S., & Hardjianto, M. (2023). PENERAPAN ALGORITMA RC4 UNTUK PENGAMANAN DOKUMEN PADA PT. LINARD POWER KONTRAKTOR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 233–241. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/884

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>