PENERAPAN E-COMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG PANJUALAN DAN PEMASARAN PADA TOKO TEMBAKAU SEBATERS

Penulis

  • Shofwan Hadi Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani

Kata Kunci:

tembakau, E-commerce, fishbone diagram, Business Model Canvas, Content Management System, search engine optimization, Marketing Mix 4P

Abstrak

Era perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, khususnya di Indonesia, hampir semua orang menggunakan internet dalam melakukan aktivitasnya. Baik itu dalam sektor pendidikan, perkantoran, bahkan dalam transaksi jual beli yangdilakukan secara online melalui berbagai platform marketplace atau E-commerce yang tersedia di internet. Toko Sebaters merupakan sebuah toko yang bergerak dibidang penjualan tembakau dan peralatan rokok linting yang beralamatkan di Jl. H. Najih No.38a, RT.001/RW.006, Kreo Selatan, Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten 15156. Pada saat ini Toko Sebaters hanya memiliki toko fisik dan tidak memiliki sarana untuk mempromosikan hasil produksinya melalui internet. Strategi pemasaran Sebaters hanya mengandalkan toko fisik dan metode promosi mulut ke mulut, sehingga cakupan pemasaran menjadi sangat terbatas dan tidak memberikan dampak yang signifikan. Selain itu kendala yang dihadapi toko Sebaters yaitu banyak memiliki saingan yang bergerak dibidang yang sama disekitar toko tersebut, itu menjadikan persaingan yang sangat ketat dalam menjalankan bisnis yang dilakukan oleh toko Sebaters. Dengan penerapan metodologi BusinessModelCanvas (BMC) untuk menganalisis model bisnis, FishboneDiagram untuk menganalisis masalah, penggunaan ContentManagementSystem (CMS) dalam pembuatan website, serta strategi Search Engine Optimization (SEO) dan Marketing Mix 4P. Penelitian ini akan membuat prototype website E-commerce yang dapat membantu meningkatkan penjualan dan memudahkan transaksi bagi toko Sebaters

Referensi

A. R. Banjarnahor et al., Perilaku Belanja Konsumen di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pemasaran. Yayasan Kita Menulis, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=khiyEAAAQBAJ

R. Romindo et al., E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis, 2019. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=PirGDwAAQBAJ

S. P. M. M. Vera Selvina Adoe, S. P. M. P. Marnida Yusfiana, S. P. M. P. Ayu Diana, S. T. M. M. Renny Lubis, and S. T. M. T. Muchsin Harahap, BUKU AJAR E-COMMERCE. Feniks Muda Sejahtera, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=x0hrEAAAQBAJ

F. Alfiah, R. Tarmizi, and A. A. Junidar, “Perancangan Sistem E–Commerce Untuk Penjualan Pakaian Pada Toko a&S,” ICIT J., vol. 6, no. 1, pp. 70–81, 2020, doi: 10.33050/icit.v6i1.862.

F. Fenando, “Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype,” JUSIFO (Jurnal Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 66–77, 2020, doi: 10.19109/jusifo.v6i2.6532.

Ahmad Zaini Muchtar and Sirojul Munir, “Perancangan Web E-Commerce Umkm Restoran Bakso Arema Menggunakan Framework Laravel,” J. Teknol. Terpadu, vol. 5, no. 1, pp. 26–33, 2019.

N. Saharna and K. Rukun, “Perancangan Sistem E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Indah Surya Furniture,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 1, p. 38, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i1.103641.

P. Hendriyati and A. Yusta, “Implementasi Aplikasi E-Commerce Berbasis Web,” JURSIMA (Jurnal Sist. Inf. dan Manajemen), vol. 9, no. 1, pp. 40–48, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stmikgici.ac.id/index.php/jursima/article/view/232

A. Nugroho, U. Suprihadi, A. Jaenul, and M. S. Indonesia, Rancang Bangun Aplikasi Toko Online Berbasis Web Codeigniter 3 Untuk Usaha Mikro Dan UMKM. Media Sains Indonesia, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=7c5JEAAAQBAJ

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

S. Rahman, Buku Sakti SEO WordPress dan Joomla. Elex Media Komputindo, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=3iVtDwAAQBAJ

C. Praestuti, “Marketing Mix terhadap Kepuasan Konsumen pada Mama-Mama Penjual Noken di Oyehe Kabupaten Nabire,” J. Adm. Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 1–4, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/28825

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Hadi, S., & Umar Hamdani, A. (2023). PENERAPAN E-COMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG PANJUALAN DAN PEMASARAN PADA TOKO TEMBAKAU SEBATERS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1380–1389. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/887